Widget HTML #1

Pantangan Setelah Makan Durian

Apakah Buah Durian Itu?

Durian adalah salah satu buah dengan kulit berduri keras yang sangat tajam, tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Jika sedang musim buah ini banyak dijual di pinggir-pinggir jalan, durian memiliki aroma yang sangat khas, ini yang menjadi daya tarik bagi seseorang, namun kadang beberapa orang tidak suka dengan aroma tersebut.

Pantangan Setelah Makan Durian

Buah durian juga populer sebagai "Raja Buah", aroma dan rasanya yang khas membuat karakter buah durian sangat menonjol dibandingkan dengan buah lainnya. Di Indonesia buah durian memiliki banyak sebutan seperti duren di daerah Jawa, doriang di Ambon, kadu di Jawa Barat, rulen di Pulau Seram.

Mengenali buah durian sangat mudah sekali,  walaupun memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dengan varietasnya, semua buah durian memiliki aroma yang sama dengan kulit berduri. Aroma dan kulit berduri menjadi ciri khas buah durian.


Kandungan Gizi Buah Durian

Durian memiliki kandungan gizi yang cukup beragam, lihat tabel berikut ini.

kandungan gizi durian

Dari tabel di atas diketahui bahwa durian mengandung vitamin A yang cukup banyak, dan tidak mengandung kolesterol.

Jadi pendapat yang mengatakan bahwa makan buah durian menyebabkan kolestrol tinggi kurang tepat, faktanya kandungan kolesterol durian adalah 0 mg.

Tapi perlu diingat, walaupun durian mengandung banyak vitamin dan mineral, mengkonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan, khususnya bagi penderita maag.

Pantangan Setelah Makan Durian

Berbagai mitos muncul di masyarakat, mengenai makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan durian. Mitos yang cukup menakutkan adalah bahwa makan-makanan tertentu setelah makan durian menyebabkan kematian, seperti minum susu dan kopi.

Apakah boleh minum kopi setelah makan durian?

Jawabannya boleh, beberapa orang ada yang lebih suka menikmati durian dicampur dengan kopi. Jadi mitos yang mengatakan minum kopi setelah makan durian menyebabkan kematian tidak benar.

Tidak boleh, jika orang tersebut memiliki sakit pencernaan, terutama penyakit lambung dan juga penyakit lainnya yang tidak boleh makan buah durian. Selain itu tidak semua orang bisa mengkonsumsi kopi dan durian walaupun tidak memiliki sakit pencernaan.

Bolehkah minum susu setelah makan durian?

Jawabannya boleh, buktinya saya sendiri minum susu setelah makan durian, tidak terjadi apa-apa. Penjual es durian biasanya mencampurkan susu dengan durian, rasanya malah lebih nikmat.

Adakah pantangan setelah makan durian?

Tidak ada pantangan setelah makan durian, selama mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak berlebihan, memakan apa saja setelah makan durian boleh-boleh saja.

Masalah utama yang sebenarnya bukanlah "Pantangan Setelah Makan Durian", tetapi ada orang yang memiliki penyakit tertentu yang dilarang memakan durian.

Penderita maag dilarang mengkonsumsi durian. Jika penderita maag mengkonsumsi durian, gas di dalam lambung akan meningkat, apalagi jika setelah makan durian ditambah minum kopi. Tentu saja penyakit maag akan bertambah parah.

Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi durian, karena dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin.

Bagaimana jika minum alkohol setelah makan durian?

Alkohol memang tidak baik bagi kesehatan, banyak penyakit yang disebabkan oleh konsumsi alkohol seperti sakit liver dan ginjal. Jadi alkohol memang berbahaya apakah diminum setelah makan durian atau pun tidak makan durian.

Kesimpulan

Tidak ada pantangan setelah makan durian, boleh makan makanan yang sehat selama dalam batas wajar. Ini hanya berlaku bagi orang sehat dan tidak alergi terhadap buah durian.

Orang dengan penyakit tertentu, seperti penyakit pada organ pencernaan, misal sakit maag. Dilarang minum kopi setelah makan durian, dilarang minum susu setelah makan durian, dilarang juga minum alkohol setelah makan durian. Selain itu ibu hamil juga dilarang makan durian.

Untuk menjaga kesehatan terapkan pola gizi seimbang dengan mengkonsumsi makanan yang beragam dan melakukan aktivitas fisik.

21 komentar untuk "Pantangan Setelah Makan Durian"

Comment Author Avatar
Tidak ada mitos bila kopi makan dengan durian?? Baru keluar berita hari itu, ada yg mabuk kerana kopi durian
Comment Author Avatar
Seperti dijelaskan diatas, tidak semua orang bisa mengkonsumsi durian, bisa jadi orang tersebut memiliki penyakit tertentu atau alergi durian.
Comment Author Avatar
Mungkin Pak Yudi orang yg sehat dan prima, pengalaman saya setelah makan durian, saya minum Coca cola benar2 hampir lewat, syukur tertolong, muntah sampai 17x, sudah kapok.sekarang extra hati2 memilih makanan/ minuman setelah makan durian.
Comment Author Avatar
Pengalaman yang sangat menakutkan pak, alhamdulillah bapak masih diberikan kesehatan. Terimakasih sudah berbagi pengalaman, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Comment Author Avatar
Durian dengan kopi, sebaiknya dihindari terutama yg punya darah tinggi, ada teman yg ayahnya meninggal makan dua buah durian trus minum kopi, malam mulutnya berbusa dan tidak tertolong...
Comment Author Avatar
Bener banget.... Sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gas, seperti durian atau kopi jika memiliki masalah pencernaan.
Comment Author Avatar
Kalau habis makan durian terus makan mie boleh tidak ya pak
Comment Author Avatar
Apalagi makan durian,, terus tuh tak bayar. Bisa bahaya
Comment Author Avatar
Bener banget ini, 1000% setuju.
Comment Author Avatar
Kalau habis makan durian makan empek-empek boleh gak😂
Comment Author Avatar
Sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan sakit perut. Kalau perutnya kuat, boleh-boleh saja.
Comment Author Avatar
makan seafood habis makan durian boleh tidak ya?misal cumi atau udang
Comment Author Avatar
Justru minuman yg paling cocok sama makan duren adalah kopi pahit, sensasinya sangat ruarrr biasa 👍👍👍
Comment Author Avatar
Habis makan SEAFOOD terus makan durian, boleh2 saja, asalkan tidak punya sakit maag, atau gangguan pencernaan lainnya.
Comment Author Avatar
kopi pahit sama durian emang mantab, saya juga pernah coba
Comment Author Avatar
Kopi pahit sama durian emang mantab, tapi saya lebih suka kopi hitam biasa.
Comment Author Avatar
Kalo habis minum teh terus makan durian boleh gak???
Comment Author Avatar
Jika Anda tidak ada masalah pencernaan boleh-boleh saja, Jika ada sakit maag, kembung, nyeri ulu hati, sebaiknya jangan.
Comment Author Avatar
Kalau ank 1thn 3 bln mkn durian apakah bisa minum sufor
Comment Author Avatar
Kalau menurut saya, anak usia 1 tahun lebih jangan dulu diberikan durian, takut anaknya kembung, durian kan banyak mengandung gas.