Wednesday, March 21, 2018

Pantangan Setelah Makan Durian

Durian adalah salah satu buah dengan kulit berduri keras yang sangat tajam, tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Jika sedang musim buah ini banyak dijual di pinggir-pinggir jalan, durian memiliki aroma yang sangat khas, ini yang menjadi daya tarik bagi seseorang, namun kadang beberapa orang tidak suka dengan aroma tersebut.

Pantangan Setelah Makan Durian

Buah durian juga populer sebagai "Raja Buah", aroma dan rasanya yang khas membuat karakter buah durian sangat menonjol di bandingkan dengan buah lainnya. Di Indonesia buah durian memiliki banyak sebutan seperti duren di daerah Jawa, doriang di Ambon, kadu di Jawa Barat, rulen di Pulau Seram.

Mengenali buah durian sangat mudah sekali,  walaupun memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dengan varietasnya, semua buah durian memiliki aroma yang sama dengan kulit berduri. Aroma dan kulit berduri menjadi ciri khas buah durian.


Kandungan Gizi Buah Durian


Durian memiliki kandungan gizi yang cukup beragam, lihat tabel berikut ini.

kandungan gizi durian

Dari tabel di atas diketahui bahwa durian mengandung vitamin A yang cukup banyak, dan tidak mengandung kolesterol.

Jadi pendapat yang mengatakan bahwa makan buah durian menyebabkan koletrol tinggi kurang tepat, faktanya kandungan kolesterol durian adalah 0 mg.

Tapi perlu diingat, walaupun durian mengandung banyak vitamin dan mineral, mengkonsumsi secara berlebihan dapat menganggu kesehatan, khususnya bagi penderita maag.

Pantangan Setelah Makan Durian


Berbagai mitos muncul di masyarakat, mengenai makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan durian. Mitos yang cukup menakutkan adalah bahwa makan-makanan tertentu setelah makan durian menyebabkan kematian, seperti minum susu dan kopi.

Apakah boleh minum kopi setelah makan durian?

Jawabannya boleh, beberapa orang ada yang lebih suka menikmati durian dicampur dengan kopi. Jadi mitos yang mengatakan minum kopi setelah makan durian menyebabkan kematian tidak benar.

Bolehkah minum susu setelah makan durian?

Jawabannya boleh, buktinya saya sendiri minum susu setelah makan durian, tidak terjadi apa-apa. Penjual es durian biasanya mencampurkan susu dengan durian, rasanya malah lebih nikmat.

Adakah pantangan setelah makan durian?

Tidak ada pantangan setelah makan durian, selama mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak berlebihan, memakan apa saja setelah makan durian boleh-boleh saja.

Masalah utama yang sebenarnya bukanlah "Pantangan Setelah Makan Durian", tetapi ada orang yang memiliki penyakit tertentu yang dilarang memakan durian.

Penderita maag dilarang mengkonsumsi durian. Jika penderita maag mengkonsumsi durian, gas di dalam lambung akan meningkat, apalagi jika setelah makan durian di tambah minum kopi. Tentu saja penyakit maag akan bertambah parah.

Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi durian, karena dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin.

Bagaimana jika minum alkohol setelah makan durian?

Alkohol memang tidak baik bagi kesehatan, banyak penyakit yang disebabkan oleh konsumsi alkohol seperti sakit liver dan ginjal. Jadi alkohol memang berbahaya apakah diminum setelah makan durian atau pun tidak makan durian.

Kesimpulan

Tidak ada pantangan setelah makan durian, boleh makan makanan yang sehat selama dalam batas wajar.

Orang dengan penyakit tertentu dilarang mengkonsumsi durian, terutama penyakit pada organ pencernaan, misal sakit maag. Selain itu ibu hamil juga dilarang makan durian.

Untuk menjaga kesehatan terapkan pola gizi seimbang dengan mengkonsumsi makanan yang beragam dan melakukan aktivitas fisik.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon