Senin, 09 Oktober 2017

Makna dan Arti Lagu Peterpan Tertinggalkan Waktu


ydhartono.com - Siapa yang tak kenal dengan lagu-lagu Peterpan yang begitu penuh makna dan arti tersembunyi. Liriknya dalam dan butuh penghayatan tersendiri untuk memaknai liriknya. Liriknya seperti puisi dengan bahasa yang indah, salah satu lagu yang sering saya dengarkan yaitu Tertinggalkan Waktu. Berikut ini liriknya.

Peterpan, Tertinggalkan Waktu


Kau terbangun dari tidur panjang yang lelahkanmu
Sesali wajahmu merenta kisahmu terlupa
Kau sadari semua yang berjalan tlah tinggalkanmu
Dan tak dapat merangkai semua dekat di khayalmu

Kau harapkan keajaiban datang
Hadir dipundakmu
Kau harapkan keajaiban melengkapi khayalmu

Kau biarkan mimpi tetap mimpi
Yang melengkapi khayalmu
Kau terhenyak dan terbangunkan
Dan harapkan keajaiban datang hadir dipundakmu

Kau mencari letak masa lalu yang lepaskanmu
Sesali wajahmu merenta kisahmu terlupa
Kau sadari semua yang berjalan tlah tinggalkanmu
Dan tak dapat merangkai semua dekat di khayalmu

Makna lagu ini buat saya pribadi


Lirik "Kau terbangun dari tidur panjang yang lelahkanmu"
  • Aku tersadar bahwa selama ini aku tidak melakukan apa-apa, walaupun aku melakukan banyak hal hingga raga dan jiwa ini lelah, tetapi aku sadar yang aku lakukan tidak menghasilkan apa-apa. Semua yang aku lakukan sia-sia, dan aku baru sadar.

Lirik "Sesali wajahmu merenta kisahmu terlupa"
  • Aku pun menyesal atas apa yang terjadi sekarang, aku sudah tua dan aku melupakan tujuan hidupku. Aku tidak memiliki apa-apa, sedangkan aku sudah tua, aku melewatkan waktu begitu saja. Tidak pernah berpikir untuk melakukan apa yang harus aku lakukan.

Lirik "Kau sadari semua yang berjalan tlah tinggalkanmu"
  • Aku sadar, aku tertinggal oleh waktu yang terus berjalan, aku tertinggal oleh teman-temanku, aku telah tertinggal karena aku hanya diam, aku tidak bergerak mimpiku. Sementara waktu terus berjalan tanpa henti, semua teman-temanku bergerak menggapai mimpi mereka. Aku masih diam dan tertinggal oleh semua yang berjalan. Aku tak punya rumah, aku sudah tua, aku belum punya istri, aku belum punya anak. Sedangkan teman yang seusia denganku sudah punya rumah, anak, pekerjaan, bahkan anaknya sudah sekolah dasar. Aku telah tertinggalkan.

Lirik "Dan tak dapat merangkai semua dekat di khayalmu"
  • Tidak ada yang aku lakukan lagi, aku tidak memiliki apa-apa. Aku mau nikah tetapi aku tidak punya calon istri dan aku pun tidak kerja dan tidak punya uang. Aku tidak bekerja, dan aku pun tidak mempunyai skill untuk bekerja. Aku tak dapat melakukan sesuatu yang aku inginkan, yang aku impikan, yang aku khayalkan. 

Lirik "Kau harapkan keajaiban datang hadir dipundakmu, Kau harapkan keajaiban melengkapi khayalmu"
  • Yang bisa aku lakukan saat ini hanya berharap bahwa keajaiban akan datang dalam hidupku, dan keajaiban itu akan menjawab semua keinginan dan mimpiku. Tak ada lagi yang bisa aku lakukan, tuhan berikanlah keajaiban dalam hidupku.

Lirik "Kau biarkan mimpi tetap mimpi yang melengkapi khayalmu. Kau terhenyak dan terbangunkan. Dan harapkan keajaiban datang hadir dipundakmu"
  •  Aku pasrah atas semua mimpiku dan semua yang aku inginkan, apakah menjadi nyata atau tidak aku tidak peduli. Namun aku sadar yang bisa aku harapkan hanyalah keajaiban, aku berharap bahwa keajaiban datang kepadaku, dan merubah hidupku.

Itulah makna lagu "Tertinggal Waktu" bagi saya pribadi. Lagu ini menceritakan kehidupan seseorang yang telah melakukan hal yang sia-sia, dan itu berlangsung lama, hingga ia tua. Kemudian ia sadar bahwa yang dilakukan selama ini adalah sia-sia, dia sudah tua dan tak punya apa-apa.

Baca juga:

Adakah sobat yang mengalami seperti lagu ini, boleh berbagi di kolom komentar.


EmoticonEmoticon