Thursday, April 12, 2018

Apa yang Dimaksud dengan Literasi Media ?

Apa yang Dimaksud dengan Literasi Media ?

Literasi media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media. (Livingstone,2004)

Di jaman sekarang ini, informasi sangat mudah sekali didapatkan, sampai-sampai orang bingung saat mengikuti pemberitaan media massa. Untuk itu dibutuhkan daya kritis saat membaca, mendengar, dan menyaksikan berita di media massa sehingga pengguna media bisa memanfaatkan isi media sesuai dengan kepentingannya.

Menurut Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), setidaknya ada tiga tujuan utama dari literasi media:

1. Memahami operasi media dengan benar

Dimana pengguna media perlu mengetahui bagaimana media beroperasi, mulai dari bahwa televisi memerlukan modal besar dalam setiap produksinya, orientasi profit yang tinggi, hingga soal kepemilikan media yang bisa menentukan arah dan kebijakan sebuah tayangan televisi. Media televisi yang dimiliki oleh ketua partai tertentu akan lebih banyak menyiarkan kebaikan partainya tersebut untuk menggiring opini agar pengguna media memiliki pemikiran yang positif akan partainya.

2. Menyikapi media secara benar

Dimana khalayak perlu menerapkan sikap dan perilaku yang benar dan tepat pada media massa yang mereka konsumsi. Faktanya, sikap yang salah akan berimplikasi buruk. Jika tidak menyukai konten pada suatu media tertentu, jangan baca, dengar, atau tonton lagi konten tersebut.

Sayangnya, justru masih banyak yang tetap mengkonsumsi konten media yang sama meskipun tidak disukainya. Hal ini tercermin jelas pada kasus dimana seseorang tidak suka dengan tayangan infotainment yang dianggap hanya menjelek-jelekkan orang lain, namun tayangannya tersebut tetap ditonton dengan selalu mengeluh atau berkomentar buruk saat menontonnya.

3. Memihak pada isi media yang benar

Dimana pada faktanya tidak semua isi media adalah benar dan merupakan kebenaran. Namun bukan pula semata semua isi media tidak benar. Sajian program faktual sekalipun belum tentu mengandung suatu informasi yang benar, meskipun tersaji dengan konsep jurnalistik yang benar.

Sumber:
Saatnya Kita Melek Media
KOMINFO

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon