Widget HTML #1

Pengertian, Kegunaan, dan Cara Menggunakan NFC LENGKAP!

Ydhartono.com - Pesatnya perkembangan teknologi, membuat manusia bisa menikmati berbagai kemudahan dalam hidupnya. 

Salah satu contoh yang bisa diambil adalah kemudahan dalam bertransaksi melalui NFC. Singkatnya dengan menggunakan NFC ini pembayaran bisa lebih dipermudah. 

Lalu apa itu NFC? Bagaimana cara kerjanya? Berikut akan dibahas mengenai NFC, kegunaan, dan cara menggunakan NFC untuk pembayaran:

Pengertian, Kegunaan, dan Cara Menggunakan NFC

Apa Itu NFC?

NFC merupakan suatu singkatan dari kalimat Near Field Communication. NFC ini terdiri dari suatu perangkat yang berkomunikasi dengan perangkat lain dengan jarak kurang lebih 4 cm. Koneksi yang ditawarkan NFC ini memiliki kecepatan yang rendah namun penggunaannya sangat-sangat sederhana.

Sederhananya, NFC ini diibaratkan sebagai suatu dokumen identitas layaknya kartu kunci. NFC ini lebih diperuntukkan untuk sistem pembayaran yang cepat dengan cara non tunAI. Berkat adanya NFC ini sistem Tap and Go bisa diterapkan dengan mudah. Namun, NFC tersebut harus terhubung dengan e-wallet dari pemilik untuk mengambil saldo.

Perjuangan NFC di teknologi bisa dibilang tidak lama untuk bisa berkembang. Dahulu sistem NFC hanya bisa ditemukan pada Smartphone mahal berlabel flagship saja. Namun kini sistem NFC ini sudah bisa ditemukan di HP menengah ke bawah.

Apa Saja Kegunaan NFC

Banyak yang sudah memiliki smartphone NFC namun tidak mengetahui apa saja manfaat dari hp yang memiliki NFC. Untuk menambah pengetahuan tersebut, berikut adalah beberapa kegunaan NFC yang belum banyak diketahui orang:

1. Berbagi Kontak

Banyak yang belum mengetahui jika NFC ternyata bisa digunakan untuk berbagi kontak atau nomor ponsel dari satu smartphone ke smartphone lainnya. Cara melakukannya juga cukup mudah, yakni dengan mendekatkan smartphone dan sentuh ponsel masing-masing secara bersamaan. Kontak yang sudah dipilih otomatis akan masuk ke kontak yang dituju.

2. Berkirim Gambar dan Video

Hal lain yang bisa dikirim menggunakan NFC adalah video dan gambar. Gambar yang ada di satu HP, bisa dikirimkan tanpa perlu menggunakan alat bantu seperti kabel atau yang lainnya. Pilih saja gambar a[a yang ingin dikirim, kemudian dekatkan bagian belakang HP masing-masing dan tekan saja kirim jika muncul opsi mengirim.

Untuk membagikan dokumen juga caranya kurang lebih akan sama seperti cara yang untuk berkirim gambar. Yang membedakan hanya pada jenis file yang dikirim saja. 

3. Alat Pembayaran

Penggunaan NFC sebagai alat pembayaran sangatlah efisien. Pengguna hanya perlu menempelkan smartphone pada media untuk pembayarannya saja yang sama-sama dilengkapi NFC. Berkat adanya ini kontak antara manusia dengan yang lainnya bisa dihindari. Ini akan sangat efektif jika digunakan dalam keadaan di masa pandemi seperti sekarang.

Begini Cara menggunakan NFC untuk Pembayaran

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika NFC ternyata bisa digunakan sebagai cara pembayaran. Yang disayangkan, masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan fitur ini. Oleh karena itu inilah cara menggunakan NFC untuk pembayaran:

1. Aktifkan NFC

Untuk mengaktifkan NFC pada smartphone, pastikan HP memiliki sistem NFC yang terpasang. Tidak semua HP memiliki NFC, ini karena NFC di HP merupakan suatu hal yang masih jarang ditemukan. Hanya beberapa HP saja yang memiliki fitur ini, khususnya pada HP yang memiliki kelas tertinggi.

Aktifkan NFC pada bagian notification bar jika menggunakan Android. Menu NFC akan muncul jika HP benar-benar memiliki NFC di dalamnya. Menu NFC biasanya berbentuk Ikon huruf N. Jika tidak tampil pada status bar, cari juga ke pengaturan smartphone.

2. Tambahkan Jenis Pembayaran

Jika sudah menemukan menu NFC pada smartphone, silakan untuk menentukan sendiri jenis pembayaran apa yang digunakan. Di Indonesia sendiri belum banyak e-wallet yang mendukung NFC pada aplikasinya. Beberapa aplikasi yang sudah support NFC diantaranya seperti Flazz dari BCA, kemudian ada brizzi dari BRI dan TapCash dari BNI.

Untuk menggunakannya, pengguna harus mengunduh aplikasi dari masing-masing jenis pembayaran tersebut. Aplikasi dari beberapa kartu tadi pastinya sudah bisa ditemukan di Play Store untuk Android. Fungsi dari beberapa kartu tersebut diantaranya adalah untuk membayar tol, ataupun digunakan sebagai pembayaran tiket parkir.

3. Tap Kartu

Selanjutnya tap kartu yang dimiliki, setelah tu akan muncul pilihan mengenai bank apa yang digunakan. Jika sudah mendekatkan kartu dan muncul pilihan, jauhkan saja kembali dan saldo dari kartu yang dimiliki akan muncul jumlahnya. Ini akan memudahkan untuk mengetahui jumlah saldo tersisa dari kartu yang digunakan. Jika kartu diarsa memiliki sedikit saldo, langsung saja isi menggunakan berbagai media pembayaran.

4. Gunakan Kartu

Kartu-kartu yang dimiliki tadi digunakan sebagai media pembayaran dengan cara menempelkannya dengan media yang disediakan. Contohnya pada pembayaran tol, biasanya pada gerbang akhir tol akan disediakan semacam tempat untuk menempelkan kartu e-money untuk membayar biaya tol.

Nah itulah sedikit pembahasan terkait cara menggunakan NFC untuk pembayaran secara cepat. Fitur NFC ini akan lebih efektif lagi jika banyak yang sudah mengadopsi sistem pembayaran semacam ini. Hanya saja, di Indonesia sekarang belum banyak pembayaran yang bisa digunakan melalui NFC.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Kegunaan, dan Cara Menggunakan NFC LENGKAP!"