Widget HTML #1

2 Cara Merubah Bahasa di Google Meet Tanpa Ribet!

Ydhartono.com - Berbagai jenis platform secara online seperti Google Meet memang semakin populer pada masa pandemi Covid-19 ini demi menunjang berbagai aktivitas. 

Hanya saja, terkadang pengaturan bahasa yang dipakai sebagai default Google Meet baik di HP ataupun laptop itu bukan bahasa Indonesia. Walaupun begitu, sebenarnya ada cara merubah bahasa di Google Meet.

Untuk beberapa pemakai Google Meet, memang tidak dapat dielakkan bahwa bahasa Indonesia dianggap jauh lebih nyaman ketimbang dengan bahasa Inggris. 

Apalagi tidak semua orang yang menjadi pengguna Google Meet sudah menghabiskan waktunya untuk bergelut dengan berbagai informasi dalam bahasa Inggris. Menggunakan bahasa Indonesia tentu saja dapat dikatakan sebagai pilihan terbaik.

Panduan Cara Merubah Bahasa di Google Meet Yang Mudah

Cara Merubah Bahasa di Google Meet

Secara garis besar, terdapat dua jenis cara yang dipakai untuk mengubah peraturan bahasa di Google Meet. Ada yang menggunakan bantuan perangkat HP dan ada yang memerlukan bantuan browser pada laptop masing-masing. Untuk lebih jelas, prosedur pengubahan bahasa Google Meet dapat dilakukan melalui cara seperti uraian berikut ini:

1. Mengubah Bahasa di Google Meet Melalui HP

Aplikasi yang dikenal dengan nama Google Meet secara garis besar memang semakin dijadikan sebagai pilihan yang terbaik untuk dimanfaatkan masyarakat. Apalagi aplikasi ini dapat digunakan tidak hanya melalui laptop namun juga melalui perangkat HP baik itu Android maupun iOS masing-masing. Berbagai jenis HP juga disediakan untuk cocok dengan aplikasi ini.

Pertama, terdapat cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan bisa dikatakan lebih fleksibel. Apalagi berbeda dengan laptop, setiap pengguna dapat menikmati Google Meet melalui sebuah aplikasi di layanan Play Store. Apalagi jenis aplikasi ini dapat dinikmati tanpa harus membayar biaya administrasi.

Lebih lanjut, cara merubah bahasa di Google Meet yang pertama ini dapat dilakukan dalam waktu lebih singkat. Setiap pengguna hanya perlu menyiapkan aplikasi Google Meet yang dimiliki sejak awal untuk mempraktikkan cara yang pertama ini. Selain itu, cara ini sederhana melibatkan bantuan dari menu pengaturan.

Walaupun begitu, dikarenakan dipakai melalui perangkat HP, proses pengubahan bahasa untuk Google Meet didasarkan pada pengubahan bahasa default dari HP. Oleh karena itu, prosedur yang pertama ini hanya dapat dilakukan melalui bantuan dari menu pengaturan yang sudah tersedia di HP. Secara lebih lengkap, berikut cara merubah bahasa di Google Meet:

  1. Buka menu pengaturan yang sudah ada di HP masing-masing, baik Android ataupun iOS.
  2. Silakan mencari menu khusus untuk pengaturan bahasa. Jika tidak langsung ditampilkan, maka coba cari di bagian setelan tambahan.
  3. Pilih menu lanjutan yang dikhususkan untuk pengaturan Bahasa saja.
  4. Pada menu Bahasa tersebut, akan ditampilkan informasi mengenai bahasa apa yang sedang dipakai oleh perangkat. Jika ternyata bukan bahasa Indonesia, maka segera ganti bahasa tersebut dengan bahasa Indonesia.
  5. Pastikan telah memilih bahasa yang tepat dan jangan sampai salah menekan pilihan bahasa.
  6. Lanjutkan dengan membuka aplikasi Google Meet dan lihat apakah sudah ada perubahan bahasa default. Jika belum ada perubahan, maka coba restart.

2. Mengubah Bahasa Google Meet Melalui Laptop

Ada pula cara pengubahan pengaturan bahasa di Google Meet yang lainnya yang tidak memerlukan bantuan dari HP melainkan laptop. Pada cara merubah bahasa di Google Meet yang kedua ini, setiap pengguna Google Meet dapat memanfaatkan laptop sebagai media bantuan.

Waktu yang dibutuhkan untuk memulai cara yang kedua ini dikatakan lebih lama karena melibatkan tidak langsung melalui aplikasi Google Meet. Apalagi sampai saat ini memang tidak disediakan Google Meet secara khusus laptop dan hanya untuk perangkat seperti HP. Oleh karena itu, cara merubah bahasa di Google Meet ini memerlukan perantara.

Secara garis besar, beberapa orang terutama dosen dan mahasiswa yang secara rutin memakai Google Meet memang lebih memilih bantuan laptop. Apalagi melalui media laptop, setiap pengguna Google Meet dapat lebih mudah memakai setiap fitur yang tersedia terutama seperti Share Screen. Untuk perubahan bahasa di Google Meet, coba prosedur berikut ini:

  1. Buka browser yang biasanya digunakan untuk memakai platform Google Meet. Namun sebaiknya mulai gunakan browser yang lebih aman dan cocok seperti Google Chrome.
  2. Silakan mengunjungi situs untuk Google Meet dan lanjutkan dengan memilih menu yang dikhususkan untuk mengelola akun masing-masing.
  3. Pilih menu Kelola Akun Anda dan lanjutkan dengan memilih menu Data dan Personalisasi yang ada di bagian atas.
  4. Kemudian pilih menu Bahasa yang tersedia di bagian Preferensi untuk web. Jika ternyata belum ada pilihan Bahasa Indonesia, maka masukkan melalui bahasa tambahan.
  5. Tekan tombol untuk mengubah bahasa Indonesia menjadi default dan tunggu selama beberapa waktu. Buka Google Meet kembali dan cek hasilnya.

Uraian secara detail mengenai dua cara merubah bahasa di Google Meet di atas dapat diketahui kemudian dipraktikkan dengan tidak kalah mudah. Silakan memilih cara yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing terutama jenis media yang dipakai. Selain itu, perhatikan setiap nama menu yang harus dipilih.

Posting Komentar untuk "2 Cara Merubah Bahasa di Google Meet Tanpa Ribet!"