Widget HTML #1

Cara Membuka Konten Batasan Usia di YouTube Android

Ydhartono.comSebagian besar media sosial kini memang menerapkan batas usia sebagai salah satu bentuk perlindungan bagi anak dibawah umur. Youtube ialah satu dari sekian media sosial yang menerapkan hal ini.

Tapi, sebenarnya batasan ini tetap bisa dikecualikan yang salah satunya adalah dengan cara membuka konten batasan usia di YouTube android.

Tentunya untuk membuka konten batasan usia ini tetaplah harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak ada jangkauan dari anak di bawah umur supaya tidak terpengaruh hal buruk dari YouTube.

Namun, apa sih sebenarnya konten batasan usia ini dan bagaimana cara membuka pembatasan usia YouTube? Simak ulasan berikut ini:

Cara Membuka Konten Batasan Usia di YouTube Android

Mengenal Konten Batasan Usia

Konten batasan usia merupakan suatu konten yang bisa diputar berdasarkan batas usia yang sudah dianggap legal oleh pihak YouTube. Biasanya konten ini dapat ditonton oleh pengguna yang sudah berusia 18 tahun.

Adanya pembatasan di YouTube ini merupakan satu batasan yang dibuat oleh YouTube untuk ikut serta membantu orang tua dalam mengawasi anak-anak. Biasanya video dengan muatan konten dewasa dan kekerasan adalah bentuk video yang difilter pada konten batas usia ini.

Tujuan dari fitur ini sudah pasti digunakan untuk membantu para orangtua dalam mengawasi anak-anak saat menonton YouTube. Menghindarkan penayangan video yang berbau dewasa dan kekerasan adalah satu diantara langkah yang dilakukan pihak YouTube.

Namun, tentu saja sebenarnya YouTube tidak dapat melakukan filter secara penuh terhadap seluruh konten yang ditayangkan. Hal ini karena ada beberapa konten yang ternyata berhasil lolos dari konten batasan usia dengan beberapa cara.

Bahkan kini beberapa penyedia jasa internet juga menggunakan metode ini untuk membatasi video penayangan YouTube. Hal ini tentu memang sangat berguna bagi orangtua yang ingin menjaga mental anak. Namun, tentu akan menjadi satu hal yang juga menyulitkan bila ingin membuka video lain yang termasuk dalam kategori yang dibatasi di handphone Android  yang sudah tersetting batasan usia.

Cara membuka konten batasan usia di YouTube Android  juga tidak akan menimbulkan efek buruk pada ponsel. Hal ini karena menu untuk mengaktifkan atau menonaktifkan batasan usia merupakan menu legal yang memang sudah disetting oleh pihak YouTube yang telah bekerjasama dengan Gmail.

Cara Membuka Restride Batasan Usia

Bagi sebagian pengguna Android  restricted mode menjadi satu hal yang cukup merepotkan karena membuat seseorang tidak dapat dengan bebas melakukan eksplorasi terhadap video-video di YouTube. Nah, lalu bagaimana cara membuka konten batasan usia di YouTube Android? Berikut ini ulasannya:

1. Pastikan Android Tidak Digunakan Anak di Bawah Umur

Poin penting yang harus dipastikan terlebih dahulu sebelum kemudian menonaktifkan mode terbatas pada Android adalah memastikan bahwa ponsel tidak akan digunakan anak-anak. Hal ini tentu sangat perlu dilakukan supaya konten yang ditonton oleh anak-anak juga tidak melewati batas usia.

2. Login

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan login akun YouTube yang akan dirubah batasan usianya. Silakan masukkan password dan ID dengan tepat pada kolom login yang ada di YouTube.

Catatan yang perlu diingat oleh pengguna adalah langkah untuk menonaktifkan batasan usia ini tidak akan bisa dilakukan apabila pengguna tidak terlebih dahulu login. Hal ini karena menu untuk melakukan penonaktifan termasuk dalam menu di profil akun.

3. Masuk ke Pengaturan Akun

cara membuka konten batasan usia di YouTube Android selanjutnya adalah masuk ke pengaturan akun yang ada di kanan atas layar. Silakan klik pada bagian profil akun YouTube untuk kemudian menuju menu setting.

4. Pilih General

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menuju menu General atau umum. Nantinya pada menu ini akan menampilkan banyak opsi mulai dari batasan menonton bahkan hingga lokasi negara.

5. Pilih Mode Terbatas

Langkah berikutnya adalah melakukan scroll ke bawah pada menu General yang sebelumnya. Lakukan scroll hingga menemukan menu Mode Terbatas. Menu ini ada pada baris kedua dari bawah sebelum menu Aktifkan Informasi Statistik.

Silahkan nonaktifkan menu Mode Terbatas tersebut dengan cara menekan tombol biru pada bagian samping kanan hingga berubah arah. Nantinya setelah hal ini selesai dilakukan maka, video YouTube tidak akan lagi melakukan pembatasan konten yang ditampilkan.

6. Cek Video

Tahap terakhir yang perlu dilakukan tentu saja adalah melakukan kroscek pada video YouTube. Silakan search video yang sebelumnya ingin ditonton namun tidak bisa karena terkendala batasan usia. Putar video tersebut, apabila video dapat diputar maka konten batasan usia telah berhasil dinonaktifkan.  

Itulah tadi cara membuka konten batasan usia di YouTube Android dengan mudah tanpa harus melakukan peretasan konten URL.

Tentunya langkah ini juga akan lebih aman dilakukan karena memang sudah merupakan setting dari YouTube.

Satu hal yang perlu diingat bahwa Android tetap akan secara otomatis mengaktifkan mode terbatas bila pengguna berada pada jangkauan lokasi lembaga umum, misalnya di kampus.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Konten Batasan Usia di YouTube Android"