Widget HTML #1

5 Cara Membuat Tombol Go Up dan Go Down di Blog Pasti 100% Work

Ydhartono.com - 5 Cara Membuat Tombol Go Up dan Go Down di Blog Pasti 100% Work. Tombol Go Up dan Go Down merupakan fasilitas yang memberikan kemudahan bagi pembaca dalam menggulirkan halaman ke atas dan ke bawah. Fungsi utama tombol ini adalah meminimalkan usaha yang dibutuhkan oleh pengguna untuk melakukan aksi gulir. 

5-cara-membuat-tombol-go-up-dan-go-down-di-blog-pasti-100-work

Baik, itu dilakukan pada perangkat desktop atau mobile. Dengan menekan tombol Go Up maka, pengguna dapat dengan cepat dan efisien memindahkan tampilan layar ke bagian atas halaman. Pastinya, tanpa perlu menggunakan mouse pada komputer atau menggeser layar pada perangkat mobile.

Demikian pula, tombol Go Down memungkinkan pembaca untuk dengan mudah beralih ke bagian bawah halaman hanya dengan menekan tombol yang disediakan. Keunggulan utama dari tombol ini terletak pada kenyamanan pengguna.

Dengan adanya tombol ini dapat menghilangkan kebutuhan untuk menggerakkan mouse atau mengusap layar pada perangkat mobile untuk melakukan operasi gulir. Fitur ini juga membuat pengguna dapat fokus sepenuhnya pada konten tanpa terganggu oleh tindakan teknis pengguliran halaman.

Dengan kata lain, tombol Go Up dan Go Down menjadi solusi praktis dan efektif untuk mempermudah navigasi pengguna dalam menjelajahi halaman web atau aplikasi. Maka dari itu, para blogger perlu tahu bagaimana cara membuat tombol go up dan go down di blog.

Alasan Perlu Tombol Go Up dan Go Down Pada Blog

Selain berperan sebagai alat bantu yang memudahkan navigasi pengguna dalam menggulir halaman  tombol Go Up dan Go Down juga memiliki fungsi untuk menambah estetika dan kesan profesional pada blog atau situs web Anda. Fungsi dasar dari tombol-tombol ini tidak hanya sekedar masalah kepraktisan saja.

Melainkan, kedua tombol ini dapat memberikan sentuhan visual yang menyegarkan dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Maka dari itu, para blogger perlu mengetahui cara membuat tombol go up dan go down.

Dengan adanya tombol Go Up dan Go Down, pengguna dapat dengan mudah melompat ke bagian atas atau bawah halaman, meminimalkan kebutuhan untuk terus menggulir manual. Namun, manfaatnya tidak hanya terbatas pada aspek fungsional.

Estetika dari tombol-tombol ini menciptakan tampilan yang lebih menarik dan elegan, meningkatkan daya tarik visual situs web Anda. Ketika desain diperhatikan, kesan profesionalitas yang dihasilkan oleh penambahan elemen-elemen kecil seperti tombol navigasi ini dapat mencerminkan perhatian Anda terhadap detail.

Hal ini memberikan kesan bahwa situs web atau blog Anda dirancang dengan tekun dan dipelihara dengan baik, faktor yang dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas online. Dengan demikian, tombol Go Up dan Go Down bukan hanya alat praktis. Melainkan, termasuk elemen desain yang berkontribusi pada citra keseluruhan dari platform online Anda.

Tips Atau Cara Membuat Tombol Go Up dan Go Down Pada Blog

Apabila, Anda merupakan blogger pemula pastinya belum familiar akan cara membuat tombol go up dan go down. Maka dari itu, berikut ini merupakan tahapan dari pembuatan tombol go up dan go down, yaitu sebagai berikut :

1. Tahap 1

Masuklah ke dalam dashboard blogger, navigasikan ke menu tema, dan kemudian pilih opsi untuk mengedit HTML. Setelah berhasil masuk ke halaman skrip tema, carilah kode </head>. Setelah menemukannya, tempelkan kode skrip berikut tepat di atas </head>.

2. Tahap 2

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, langkah berikutnya adalah menempelkan kode skrip di bawah ini secara langsung di atas tag </head> pada lokasi yang sama.

3. Tahap 3

Setelah menyelesaikan tahap-tahap di atas, langkah selanjutnya melibatkan penempelan kode script di bawah ini secara langsung di atas kode </body> pada halaman web. Proses ini penting karena memungkinkan integrasi dan eksekusi script dengan tepat pada akhir halaman.

Tahan ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua elemen sebelumnya telah dimuat dan tampil dengan benar sebelum script dijalankan. Dengan menyusunnya di bagian akhir </body>, kode script dapat mengakses dan memanipulasi elemen-elemen HTML dengan lebih efektif.

4. Tahap 4

Setelah menyelesaikan serangkaian langkah di atas, langkah paling akhir melibatkan penempelan kode skrip di lokasi yang sama, yaitu di bagian atas kode </body>. Proses ini melibatkan penutupan proses implementasi sebelumnya dan menandai penyelesaian konfigurasi.

Setelah memastikan bahwa semua instruksi sebelumnya telah dijalankan dengan sukses. Maka, untuk langkah terakhir ini memastikan bahwa kode skrip yang relevan ditempatkan dengan benar dan sesuai dengan aturan tata letak halaman web.

5. Tahap 5

Setelah menyelesaikan tahapan di atas, silakan klik opsi "Simpan Tema" untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

Penutup

Itulah dia beberapa tahapan yang termasuk dalam cara membuat tombol go up dan go down di blog Anda. Kedua tombol tersebut dapat berfungsi sebagai navigasi dan juga estetika untuk platform online Anda.

Posting Komentar untuk "5 Cara Membuat Tombol Go Up dan Go Down di Blog Pasti 100% Work"