Jumat, 20 Maret 2020

6 Tips Sukses Berbisnis dari Earl Nightingale


ydhartono.com - Berbagai informasi motivasi dan pengembangan diri pada dasarnya seperti omongan kosong. Tidak penting sesuatu itu baik atau buruk, tetapi apapun keadaannya kita dapat mengambil pelajaran darinya.

Dalam salah satu program yang ada di buku "Our Changing World", Earl Nightingale memberikan tips untuk berbisnis. Tips ini seperti bualan saja, tetapi tetap ada pelajaran yang bisa diambil. Berikut ini tips dari Earl Nightingale.

  1. Masuklah dalam suatu bisnis atau pekerjaan yang benar-benar-benar membuat Anda tertarik, sesuatu yang benar-benar mengasikan bagi Anda sehingga Anda merasa nyaman untuk menghabiskan 12-15 jam sehari untuk mengerjakannya, dan untuk memikirkannya pada waktu yang tersisa. 
  2. Pelajarilah sebanyak mungkin pekerjaan itu, dan apa yang dikerjakan orang lain di bidang yang sama, terutama mereka yang berhasil.
  3. Curahkanlah diri Anda sepenuhnya. Yakni, dengan sepenuhnya memberikan diri Anda pada bidang ini dan berketetapan hati untuk berhasil di dalamnya.
  4. Bersabarlah. Ketahuilah bahwa salah satu unsur keberhasilan adalah mengetahui bahwa untuk berhasil memerlukan waktu yang tidak sedikit. Anda harus menekuni pekerjaan itu sekurang-kurangnya selama lima tahun, dan harus tegar dalam kegetiran selama masa itu, sampai dapat dikatakan berhasil. Kebanyakan sukses yang sejati bersumber pada lima tahun pertama itu. 
  5. Belajarlah untuk mengabaikan hal-hal yang tidak penting dan mengganggu. Waktu Anda terbatas jadi pastikanlah bahwa Anda menggunakan waktu yang ada sebaik-baiknya untuk hal-hal yang menguntungkan. 
  6. Ciptakanlah, jangan bersaing. Berpikirlah maju dan bergeraklah dengan keberanian yang cerdik untuk memasuki wilayah perkembangan yang baru dan mungkin belum pernah dijajaki. Jadilah pemimpin, jangan hanya mengekor. 

Suatu nasihat yang hebat dari seorang ahli keberhasilan. Karena itu, inilah rumus Anda untuk mencapai sukses. Anda dapat berhasil. Semuanya terserah kepada Anda, Andalah yang menentukan hidup Anda. 

Tidak ada jalan pintas untuk keberhasilan. Banyak orang berpikir bahwa satu-satunya jalan maju adalah dengan memanfaatkan pengaruh dan kedudukan orang lain, misal pengaruh orang tuanya sebagai pejabat atau menipu, atau dengan rekomendasi dari seseorang yang berkedudukan tinggi.

Meskipun akhirnya Anda bisa mendapatkan posisi itu, pasti Anda tidak akan bertahan lama kecuali bila Anda menguasai prinsip-prinsip keberhasilan atau Anda mengenal bidang Anda dengan baik atau Anda mampu bersaing dengan semua orang yang menduduki posisi yang sama bukan saja dalam perusahaan sendiri tetapi juga di antara perusahaan saingan.


EmoticonEmoticon