Selasa, 24 Maret 2020

5 Pertanyaan Pemecah Masalah, Solusi Berbagai Persoalan


ydhartono.com - Setiap orang pasti memiliki masalah, ada orang yang mudah menyelesaikan masalahnya, ada juga yang tak kunjung mendapatkan solusinya. Keadaan ini sangatlah wajar, karena memang setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda, ada yang mudah ada juga yang sulit. Begitu pun dengan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah, sangat bervariasi tingkatannya.

Jika Anda menghadapi masalah yang tak kunjung selesai, Anda bisa menggunakan teknik berikut ini untuk mengatasinya. Apakah Anda tertarik, berikut ini ulasan selengkapnya.

Berikut ini beberapa pertanyaan pemecah masalah. Pertanyaan ini menyiapkan kita untuk mencari dan menemukan solusi masalah apa pun yang datang.

  1. Apa yang besar tentang masalah ini?
  2. Apa yang belum sempurna?
  3. Apa saya bersedia untuk membuatnya seperti yang saya inginkan?
  4. Apa saya bersedia untuk tidak lama lagi membuatnya seperti yang saya inginkan?
  5. Bagaimana saya menikmati prosesnya sementara saya melakukan apa yang penting untuk membuatnya seperti yang saya inginkan?

Jika Anda mendapat kesulitan menjawab setiap pertanyaan ini, gunakan kata bisa. Contoh, "Apa saya bisa menjadi yang paling bahagia dalam hidup saya sekarang?"

Pertanyaan-pertanyaan di atas mau tidak mau, kita dipaksa untuk melihat sisi positif dari persoalan yang dihadapi. Alih-alih mengeluh dan memperberat masalah, pertanyaan pemecah masalah membawa kita berada pada sudut pandang yang baru, sehingga kita dapat menilai persoalan lebih objektif.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon