Friday, August 3, 2018

Bahaya Makan Mie dengan Nasi, Fakta Sebenarnya

Bahaya Makan Mie dengan Nasi, Fakta Sebenarnya

Apakah benar makan mie bersama nasi akan membahayakan kesehatan? Banyak beredar informasi mengenai pertanyaan ini, ada yang mengatakan bahwa makan mie dengan nasi sangat berbahaya, ada juga yang mengatakan tidak berbahaya. Saya mempunyai jawaban sendiri atas jawan tersebut, yaitu makan mie dengan nasi bisa berbahaya juga bisa tidak berbahaya. Jawaban tergantung pada konteks pembahasan.

Saat ini memang harus cerdas menyerap informasi yang sangat banyak bertebaran di dunia maya. Mengapa? Karena saat ini orang bebas untuk menyebarkan informasi tanpa mempertimbangkan kebenaran. Informasi tersebut dapat disebarkan melalui media sosial, seperti blogger, facebook, instagram, twitter dan media sosial lainnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh informasi yang kurang tepat mengenai "Bahaya makan Mie dengan Nasi".
  • Makan mie dengan nasi meninggikan hormon insulin
  • Makan mie dengan nasi merusak pankreas
  • Makan mie dengan nasi meningkatkan kerusakan organ hati
  • Makan mie dengan nasi mengganggu sistem pencernaan.

Informasi di atas bisa dikatakan salah, juga bisa dikatakan benar. Salah, karena saya pernah makan mie dengan nasi tetapi pankreas saya tidak rusak. Benar, pernah ada orang yang setiap hari mengkonsumsi nasi dan mie dalam jangka waktu yang lama kemudian pankreasnya rusak. Untuk lebih jelasnya, saya akan menguraikan menjadi dua poin sebagai berikut.

Makan mie dengan nasi tidak berbahaya


Saya telah membuktikan sendiri, saya memasak mie instan kemudian saya makan bersama dengan nasi, saya merasa baik-baik saja. Bisa dikatakan bahwa mengkonsumsi mie dengan nasi tidak menimbulkan bahaya. Banyak teman dan saudara yang pernah makan mie instan bersama dengan nasi, setelah makan mereka tidak merasakan adanya bahaya, yang dirasakan adalah kekenyangan. heeee

Biasanya saya makan mie bersama dengan nasi ketika darurat, alias tidak ada lauk/sayur. Biar kenyang saya terpaksa menambahkan mie instan ke nasi supaya kenyang. Dari pada kelaparan lebih baik makan mie dengan nasi.

Memang jika dilihat dari kandungan gizinya, makan mie dengan nasi tidaklah sehat karena banyak sekali mengandung karbohidrat. Ini akan memicu obesitas dan berbagai penyakit tidak menular. Untuk itu, walaupun secara langsung tidak berbahaya, makan mie dengan nasi sebaiknya dihindari.

Makan mie dengan nasi berbahaya


Ini terjadi jika kita mengkonsumsi mie dengan nasi dalam jumlah yang banyak, sebenarnya mengkonsumsi makanan apa pun dalam jumlah yang berlebihan sangat berbahaya. Pada intinya jika kita mengkonsumsi mie dengan nasi secara berlebihan bisa menimbulkan obesitas dan terganggunya organ pencernaan.

Kesimpulan


Jangan takut makan mie dengan nasi karena secara langsung tidak membahayakan kesehatan, apalagi jika ditambah dengan makanan lain seperti sayur, buah dan sumber protein sehingga kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. Intinya jangan sampai makan mie dengan nasi secara berlebihan.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon