Monday, June 11, 2018

Mitos dan Fakta Tentang Menstruasi, Anda Tau ?

Mitos dan Fakta Tentang Menstruasi

Apa itu menstruasi ?


Haid atau menstruasi atau datang bulan adalah luruhnya lapisan dinding bagian dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah, sehingga haid pada remaja putri ditandai dengan keluarnya darah dari lubang vagina.

Haid terjadi bila sel telur yang dalam perjalanannya menuju rahim, tidak bertemu dengan sperma, maka tidak terjadi pembuahan, dan sel telur bersama-sama dengan dinding rahim bagian dalam akan luruh/gugur dan keluar melalui vagina.

Haid yang pertama kali disebut dengan menarche, terjadi pada umur 11-13 tahun, beberapa anak ada yang terjadi lebih cepat. Sedangkan berhentinya haid disebut menopause, yang terjadi pada umur 49-50 tahun.

Remaja yang sudah mengalami menstruasi menandakan bahwa alat reproduksinya sudah matang. Setelah mendapat menstruasi, remaja putri sudah dapat hamil jika melakukan hubungan seksual.

Walaupun alat reproduksi sudah matang bukan berarti remaja putri sudah siap dalam melakukan hubungan seksual, karena hubungan seksual yang terbaik, aman, sehat, dan halal adalah hubungan seksual yang dilakukan dalam ikatan pernikahan yang sah.

Haid normal terjadi selama 3-7 hari, darah yang keluar antara 25-60 cc per hari, dan siklus haid antara 21-35 hari sekali.

Tanda-tanda jika akan mengalami haid atau menstruasi
  • Pada haid pertama, biasanya timbul rasa nyeri di bawah perut, panggul dan pinggang. Keluhan ini biasanya hilang dengan sendirinya pada saat haid telah berjalan dengan teratur.
  • Satu atau dua hari menjelang atau sesudah haid, atau pada waktu haid, muncul keluhan sebagai berikut: gugup, mudah tersinggung, dan lekas marah.
  • Timbulnya jerawat

Mitos dan Fakta Tentang Menstruasi


Kurangnya informasi yang tepat mengenai menstruasi, banyak tersebar berbagai mitos seputar menstruasi. Apakah Anda mengetahui mana saja yang merupakan mitos dan mana yang fakta ? Berikut ini penjelasannya.

Mitos
  • Tidak boleh keramas saat menstruasi
Fakta
  • Saat menstruasi, perempuan justru dianjurkan untuk ekstra menjaga kebersihan badannya, termasuk rambut. Rambut yang bersih justru akan meningkatkan percaya diri karena merasa bersih dan wangi.

Mitos
  • Minum soda mempercepat menstruasi 
Fakta
  • Belum ada penelitian yang membuktikan minuman bersoda dapat mempercepat menstruasi. Minuman bersoda hanya dapat membuat seseorang merasa lebih segar. Tapi tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman bersoda secara rutin dalam jangka panjang karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi. 

Mitos
  • Tidak boleh menggunting kuku atau memotong rambut saat menstruasi 
Fakta
  • Memotong kuku dan memotong rambut adalah bagian dari kebersihan diri dan dapat dilakukan kapan saja, termasuk pada saat menstruasi. 

Mitos
  • Dilarang makan daging dan ikan ketika menstruasi 
Fakta
  • Mitos ini justru berakibat buruk bagi kesehatan perempuan yang memerlukan nutrisi, khususnya zat besi ketika menstruasi. Perbanyak asupan makanan dengan kandungan gizi dan protein yang tinggi pada saat menstruasi, seperti sayuran, ikan, telur dan daging.

Mitos
  • Tidak boleh banyak beraktivitas saat menstruasi 
Fakta
  • Perempuan yang sedang menstruasi dapat beraktivitas seperti pada kondisi normal. Namun disarankan untuk selalu membawa pakaian dalam, pembalut cadangan serta kertas atau pembungkus untuk pembalut bekas agar aktivitas dapat berjalan nyaman dan menyenangkan. 

Ternyata ada mitos yang sangat merugikan bagi kesehatan, yaitu dilarang makan daging dan ikan ketika menstruasi. Fakta yang sebenarnya justru harus banyak mengkonsumsi daging dan ikan. Jika ada masyarakat yang meyakini mitos tersebut hingga dia menopause, tentu saja hal itu akan sangat merugikan bagi kesehatannya. Untuk itu saya berharap tulisan ini dibaca oleh banyak orang sehingga masyarakat tidak dirugikan oleh mitos-mitos mengenai menstruasi.

Sumber: Kementerian Kesehatan RI

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon