Thursday, May 3, 2018

Mengapa Harus Mencuci Tangan Menggunakan Sabun ?

Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk mencuci tangan setelah dan sebelum makan, atau setelah memegang sesuatu yang kotor. Mencuci tangan adalah kebiasaan sehat yang harus terus dilakukan, dengan mencuci tangan kesehatan akan terus terjaga sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Mencuci tangan ada aturannya, ada standarnya. Jadi mencuci tangan tidak boleh sembarangan, misalnya tidak menggunakan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan menggunakan sabun sangat penting untuk membersihkan tangan dari berbagai kuman penyakit, penjelasan selengkapnya akan diulas dalam artikel di bawah ini.

Kenapa cuci tangan harus pakai sabun ?


Tangan melakukan banyak hal seperti memegang hewan peliharaan, membersihkan kotoran, menyiapkan makanan, memberi makan anak, menyusui bayi dan lain-lain. Jika tangan tidak dicuci dengan bersih maka dapat memindahkan kuman penyakit.

Kulit tangan kita selalu lembab karena secara alami mengandung lemak. Oleh karena itu kuman/kotoran mudah menempel di tangan kita dan akan berpindah ke benda/makanan yang kita pegang. Kuman-kuman penyakit senang berada di tempat yang kotor.

Cuci tangan harus pakai sabun dengan air mengalir, karena dengan memakai sabun dapat membersihkan tangan dari kotoran yang mengandung kuman penyakit.

Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dapat mencegah penyakit diare, infeksi saluran pernafasan atas hingga lebih dari 50%. Menurunkan 50% insiden Avian Influenza, hepatitis A, cacingan, kulit, mata.

5 langkah cuci tangan pakai sabun yang benar


5 langkah cuci tangan pakai sabun yang benar

Mencuci tangan yang benar harus menggunakan sabun dan air yang mengalir. Mencuci tang yang benar dapat dilakukan dengan 5 langkah berikut:
  1. Basahi tangan seluruhnya dengan air bersih mengalir.
  2. Gosok sabun ke telapak, punggung tangan dan sela jari.
  3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku dan gosok sela-sela jari tangan.
  4. Bilas tangan dengan air bersih mengalir.
  5. Keringkan tangan dengan handuk/tisu atau keringkan dengan udara/dianginkan.

Cukup mudah bukan! Ayo jadikan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir sebagai kebiasaan sehari-hari, terutama ketika akan makan. 

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi

2 komentar

Ngapalin cara cuci tangan yang bener ini buat diajarin ke anak, hehehe. soalnya saya sendiri suka 'yang penting wangi' aja, ga pake aturan yang bener begini, hehehe

dengan mencuci tangan yang benar semoga terhindar dari berbagai penyakit


EmoticonEmoticon