Thursday, March 15, 2018

Flash Sale Membuat Smartphone Android Makin Murah

Akhir-akhir ini harga smartphone android  semakin murah saja. Lihat saja di salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Android Xiaomi Redmi 5A hanya di banderol Rp 999.000 saja. Padahal jika melihat spesifikasinya, android semacam ini dijual pada kisaran harga Rp 1.500.000 ke atas. Harga yang terpaut cukup jauh sekali.

Flash Sale Membuat Smartphone Android Makin Murah

Harga flash sale Redmi 5A yang hanya hampit 1 juta telah merusak pasaran smartphone android lainnya. Tak terkecuali produk dari Xiaomi sendiri, yaitu Redmi 4A.  Sebelum ada flash Redmi 5A, harga Redmi 4A adalah Rp 1.500.000 namun setelah ada flash sale harganya turun hingga di bawah Rp 1.200.000.

Bila dibandingkan dengan merk android di luar Xiaomi, penurunan harga lebih banyak lagi. Sebagai contoh flash sale Xiaomi Redmi 5 plus 4GB RAM hanya dijual Rp 2.600.000 pada saat yang sama merk android menurunkan harga untuk bersaing di pasaran, salah satunya Oppo yang memberikan potongan harga hingga 1 juta rupiah.

Mau gak mau memang harus terjadi perang harga, karena dari segi merk dan kualitas, android yang melakukan flash sale setara dengan android merk lainnya. Nokia dan Blackberry saja bisa tumbang karena tidak mengikuti pasar, apalagi merk yang masih berkembang.

Melihat fenomena flash sale di atas, sebagai pengguna smartphone android saya merasa sangat diuntungkan sekali. Sebagai konsumen saya bisa mendapatkan smartphone android dengan harga lebih murah, dengan spesifikasi yang lumayan tinggi.

Namun flash sale yang dilakukan berbagai merk android di marketplace Indonesia banyak memiliki kekurangan. Banyak orang yang tidak mendapatkan barang ketika flash sale karena terbatasnya barang. Karena flash sale banyak peminatnya membuat loading web lambat, ini sangat merugikan bagi yang memiliki android lelet dengan jaringan internet lambat. Tentu saja mereka tidak akan pernah mendapatkan barang karena kalah sama orang yang menggunakan akses internet cepat.

Saya harap flash sale yang dilakukan oleh Xiaomi maupun merk android lainnya berjalan lebih baik lagi, sehingga semua masyarakat Indonesia bisa memiliki android murah dengan spesifikasi tidak murahan.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon