Sunday, August 6, 2017

Bukan Suka atau Tidak Suka, Lakukan Dengan Baik

Aku Suka Yang Dunia Tak Suka

Kadang harus menyukai sesuatu yang tak aku sukai, sebenarnya masalah utama bukan suka atau tidak suka. Tetapi lebih pada apakah yang aku lakukan adalah pilihan yang terbaik. Dan yang paling menyakitkan adalah melakukan sesuatu yang tidak kita suka dan itu bukanlah pilihan terbaik.

Tidak ada salahnya melakukan apa yang kita suka, itu lebih baik dari pada melakukan yang tidak kita sukai, apalagi itu adalah pilihan yang terbaik. Saat kita dipusingkan antara pilihan-pilihan yang sulit, yang dapat menjadi pedoman adalah pertanyaan "Apakah yang saya sesali dikemudian hari jika saya tidak melakukan ini?"

Paling mudah untuk berdamai dengan pilihan-pilihan yang tidak kita sukai adalah dengan menerimanya sepenuh hati dan melakukannya yang terbaik. Kesalahan terbesar yang pernah saya lakukan adalah mengikuti apa yang mereka suka dan tidak melakukannya dengan baik. Mungkin masalah terbesar yang aku rasakan adalah mengapa aku melakukan yang mereka suka padahal itu tidak aku suka. Namun masalah sebenarnya adalah karena aku tidak melakukannya dengan baik.

Karena hidup ini panjang, mengapa panjang? karena kita tidak hanya hidup untuk hari ini, kita hidup untuk selamanya. Bahkan sesudah mati kita dihidupkan lagi. Hidup ini panjang, maka antara suka dan tidak suka, tidak lebih penting dari pada melakukan dengan baik. Yang terpenting adalah melakukan yang kita sukai dengan baik dan jika kita tidak menyakinya tetap lakukanlah dengan baik.

Aku suka pedas
Dunia suka tidak pedas
Dan dia memaksaku makan yang tidak pedas
Sedangkan cabe dimana-mana

Aku suka ikan
Dunia suka selain ikan
Dan dia memaksaku memakan selain ikan
Sedangkan ikan ada dimana-mana

Dunia, mengapa engkau memaksaku
Aku tidak suka yang kau suka
Apa aku harus menyukai yang kau sukai
Sedangkan yang aku sukai ada dimana-mana

Berikanlah bukan tentang yang kau sukai
Berikanlah yang baik, yang dibutuhkan
Walaupun tidak ada dimana-mana
Aku akan mencarinya

Kesukaan ada ribuan bahkan jutaan
Tapi kebaikan hanya ada satu
Lakukanlah bukan suka atau tak suka
Lakukanlah bahwa itu baik

Yudi Hartono

Kadang yang kita sukai atau yang tidak kita sukai tidak lebih penting dari apa yang kita lakukan dengan baik. Suka tidak suka lakukanlah dengan baik. 

Jangan sia-siakan waktu hanya untuk menunggu melakukan yang kita sukai. Lakukan apa saja langkah maju. Menerima segalanya yang telah terjadi sebagai anugerah bterbaik dari tuhan dan mulai hidup dengan semangat dan sikap positif di setiap pagi. Setiap hari yang berganti adalah awal baru untuk melakukan yang terbaik.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon