Sunday, December 17, 2017

Pentingnya Mengatur Pola Makan Bagi Penderita PTM

Pentingnya Mengatur Pola Makan Bagi Penderita PTM

Hallo.. Sahabat, semoga tetep sehat selalu.

Mengatur pola makan sudah menjadi kewajiban di jaman now, makin hari banyak orang yang menderita PTM (Penyakit Tidak Menular). Salah satu faktor paling utama penyebab penyakit tidak menular adalah gaya hidup tidak sehat, salah satunya pola makan yang tidak memenuhi gizi seimbang. Dan yang menjadi masalah paling utama adalah banyak orang yang tidak menyadari bahwa yang pertama harus diperbaiki pada penderita penyakit tidak menular adalah gaya hidupnya, yaitu pola makan dengan gizi seimbang.

Penyakit tidak menular ada banyak sekali, biasanya yang sering terkena penyakit ini adalah orang dengan usia 40 tahun ke atas. Namun di jaman now sudah banyak anak muda yang menderita penyakit tidak menular seperti kolesterol, darah tinggi, kencing manis, jantung, dan kanker. Kesadaran masyarakan akan pentingnya mengatur pola makan dengan gizi seimbangsangat kurang sekali, hal ini bisa dimaklumi, karena memang banyak masyarakat di Indonesia yang kurang mendapatkan informasi mengenai gizi.

Salah satu contoh yang sering saya temukan adalah pengaturan pola makan pada penderita hipertensi, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa pantangan utama penderita hipertensi adalah garam. Banyak penderita hipertensi yang membatasi makannya, seperti tidak mengkonsumsi jeroan, lemak, dan santan tetapi tetap mengkonsumsi garam dalam jumlah banyak. Tentu saja ini seperti hal yang percuma.

Di lain kasus, banyak juga masyarakat tidak mengetahui bahwa banyak penyakit yang dideritanya berasal darimakanan yang dikonsumsi. Sebagai contoh ada penderita asam urat, karena ingin sembuh dia berobat kemana-mana, dia pun mengkonsumsi obat yang diberikan dokter. Namun dia tak kunjung sembuh, setelah digali lebih lanjut, ternyata penderita tersebut banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, seperti jeroan dan melinjo. Dari kasus ini kita dapat melihat bahwa banyak masyarakat hanya fokus pada pengobatan, tanpa memperhatikan pencegahannya.

Apalagi semakin hari, banyak makanan yang tidak bermutu, yaitu makanan sampah atau junkfood. Makanan yang mengandung gula dan lemak berlebihan, dan seikit mengandung zat gizi lainnya seperti vitamin dan mineral. Selain itu penggunaan bahan pengawet serta bahan kima lainnya pada makanan juga memicu timbulnya penyakit tidak menular, seperti penggunaan bahan pengawet memiliki risiko untung terserang kanker.

Ayo,, hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Kita adalah apa yang kita makan.

Salam sehat

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon