Saturday, December 23, 2017

Makanan Untuk Penyakit TBC Paru Agar Cepat Sembuh

Makanan Untuk Penyakit TBC Paru Agar Cepat Sembuh

Salam sehat,
Semoga kita selalu diberikan kesehatan, amien. Apakah sobat sudah tau tentang penyakit TBC? TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh mycrobacterium tuberculosa. Penyakit ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan merupakan penyakit menular yang berbahaya. Oleh karena itu pemerintah memiliki agenda tersendiri dalam menangani kasus TBC.

Orang yang menderita TBC bisa mendapatkan obat gratis dari pemerintah, penderita yang berobat ke puskesmas atau rumah sakit milik pemerintah tidak perlu membayar lagi, mereka akan mendapatkan obat TBC sampai 6 bulan sampai sembuh. Ini program yang bagus untuk menangani kasus TBC di Indonesia.

Penyakit TBC banyak macamnya, penyakit ini dikelompokkan berdasarkan organ yang terkena infeksi mycrobacterium tuberculosa. Jenis TBC antara lain TBC Paru, TBC Tulang dan TBC Kelenjar. Namun kali ini saya hanya akan membahas TBC Paru yang merupakan jenis TBC yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia.

Pada TBC Paru organ yang diserang adalah paru-paru. Penyakit ini mudah menular, melalui kontak dengan penderita. Penderita TBC tidak boleh membuang dahak dan batuk sembarangan, jika berpergian ketempat umum harus menggunakan masker. Hal tersebut dilakukan agar penderita TBC tidak menularkan penyakitnya ke orang lain.

Gejala utama TBC adalah batuk berdahak lebih dari dua minggu, biasanya disertai penurunan berat badan. Apabila ada yang mengalami gejala tersebut sebaiknya langsung periksa ke dokter. Jangan takut untuk memeriksakan diri, tidak semua gejala seperti itu positif menderita TBC.

Pengobatan TBC Paru memerlukan waktu yang lama, yaitu 6 bulan. Pada kasus yang lebih berat pengobatan bisa sampai 9 bulanan. Selama pengobatan, kesembuhan penderita sangat tergantung kepada dirinya sendiri. Salah satu faktor penting adalah taat meminum obat yang diberikan dokter.

Selain diatas ada hal lain yang cukup penting dalam proses penyembuhan yaitu makanan. Penting sekali untuk mengetahui makanan apa saja yang baik untuk kesehatan penderita TBC paru. Tidak ada makanan spesifik yang harus dikonsumsi, tidak ada juga pantangan makanan yang harus dihindari. Namun kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini membuat  banyak orang yang takut makan ini itu, bisa jadi makanan yang dihindari tersebut sangat diperlukan untuk kesembuhan dari penyakit TBC.

Penderita TBC boleh mengkonsumsi makanan apa saja, terutama yang banyak mengandung protein serta kaya akan zat gizi. Mengkonsumsi telur, tahu, tempe, daging, dan ikan sangat baik untuk kesembuhan TBC. Makanan yang sehat adalah makanan yang beragam, rendah gula, rendah garam, juga rendah lemak.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita TBC adalah makanan yang tidak sehat, sebenarnya ini bukan pantangan bagi penderita TBC tetapi pantangan bagi kita semua. Banyak sekali contoh makanan yang tidak sehat, sperti makanan cepat saji, dan makanan yang banyak mengandung bahan pengawet. 

Tubuh yang prima tentu saja akan mengaktifkan zat antibodi dalam tubuh, oleh karena itu penderita jangan memilih-milih makanan, tetapi harus mengkonsumsi makanan yang beragam serta kaya akan zat gizi. Makanan kaya gizi tidak harus mahal, bisa mengkonsumsi telur, tempe atau ikan. Makanan tersebut masih sangat terjangkau bagi masyarakat di Indonesia. Konsumsi juga buah-buahan yang beragam untuk asupan vitamin dan mineral.

Pemilihan makanan juga bisa dikonsultasikan ke dokter, apalagi jika memiliki penyakit lain seperti asma, darah tinggi, kolesterol, jantung, atau penyakit lainnya. Tentu saja ada beberapa makanan yang harus dihindari, sesuai dengan penyakit lain yang diderita.

Apabila ada yang masih belum dipahami silahkan komentar di bawah. 

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon