Thursday, December 7, 2017

Besarnya Manfaat Mengkonsumsi Ikan Setiap Hari

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Setiap Hari

Ikan adalah makanan yang banyak mengandung protein, termasuk dalam protein hewani. Protein adalah zat gizi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan mempertahankan sel atau jaringan yang sudah terbentuk. Oleh karena itu protein sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Protein juga dapat bermanfaat sebagai sumber energi.

Mengkonsumsi sumber protein yang baik adalah yang  yang dapat memenuhi kebutuhan asam amino esensial yaitu asam amino yang tidak dapat disintesa didalam tubuh dan harus diperoleh dari makanan.

Protein hewani memiliki kualitas yang lebih baik dibanding protein nabati karena komposisi asam amino lebih komplit dan asam amino esensial juga lebih banyak. Berbagai sumber protein hewani dan nabati mempunyai kandungan protein yang berbeda jumlahnya dan komposisi asam amino yang berbeda pula. Oleh karena itu mengonsumsi protein juga dilakukan bervariasi.

Dianjurkan konsumsi protein hewani sekitar 30% dan nabati 70%.Ikan selain sebagai sumber protein juga sumber asam lemak tidak jenuh dan sumber mikronutrien. Konsumsi ikan dianjurkan lebih banyak daripada konsumsi daging.

Dari pengalaman pribadi saya sendiri, saya dapat merasakan bahwa mengkonsumsi ikan sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan. Waktu saya berusia 12 tahun saya tinggal di Sampang Madura, letaknya tidak jauh dari pantai sehingga sangat mudah sekali untuk mendapatkan ikan. Saya pun hampir setiap hari mengkonsumsi ikan, waktu itu saya belum tau jika mengkonsumsi ikan sangat bermanfaat untuk kesahatan saya dikemudian hari.

Saya merasakan pertumbuhan yang lebih dari teman-teman saya, dan saya juga jarang sakit. Sebelum pindah ke Sampang saya tinggal di Lampung, letaknya di pegunungan. Waktu itu saya jarang mengkonsumsi ikan karena untuk mendapatkan ikan tidak semudah dan semurah ketika saya tinggal di Sampang Madura. Setelah usia saya 18 tahun saya kembali ke Lampung, dan saya menyadari bahwa saya lebih tinggi dari teman-teman saya waktu kecil dulu. Ini membuktikan bahwa mengkonsumsi ikan sangat diperlukan untuk kesehatan.

Namun sangat disayangkan, kesadaran masyarakat akan kandungan gizi pada ikan sangat kurang. Apalagi jaman sekarang, banyak anak-anak yang jajan sembarangan. Dimana niali gizi jajanan tersebut sangat sedikit, banyak makanan yang mengandung tinggi gula dan bahan pengawet, pewarna, serta perasa buatan. Tentu saja ini akan menganggu kesehatan anak-anak tersebut ketika dewasa. Wajar saja jika di jaman sekarang banyak remaja yang mengidap hipertensi, jantung, kolesterol, diabetes.

Ayo biasakan mengkonsumsi ikan setiap hari

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon