Friday, December 8, 2017

Bertanggung Jawab Atas Apa Yang Terjadi Dalam Hidup

Bertanggung Jawab Atas Apa Yang Terjadi Dalam Hidup

Pernahkah kamu merasakan tertekan oleh tindakan orang tuamu, kadang orang tua melakukan hal-hal yang tidak sewajarnya mereka lakukan. Sebenarnya niat mereka baik, untuk memberikan yang terbaik buat anak-anaknya. Yang jadi persoalan adalah apakah orang tua memahami apa yang dibutuhkan anak, bukan apa yang diinginkan orang tua atau yang diinginkan anak.

Contoh nyata sering kita jumpai di masyarakat, banyak anak yang mendapatkan sesuatu yang seharusnya tidak mereka dapatkan. Mereka terlalu dimanja, mereka dilarang bermain, mereka tidak boleh membantu  orang tuanya, mereka tidak boleh melakukan apa-apa hingga mereka menjadi anak yang lemah. Kita sadar tujuan mereka baik, tidak ingin anaknya terjerumus pada pergaulan yang salah, tidak ingin anaknya lelah, tetapi tanpa disadari inilah mulai dari mala petaka dalam hidup. Yaitu ketika orang tua memberikan kenyamanan pada anaknya, padahal yang seharusnya mereka berikan adalah kemampuan hidup, semua jenis kemampuan hidup.

Anak membutuhkan pijakan bagaimana menjalani hidup, bukan hanya kenyamanan. Karena pada akhirnya setiap anak harus hidup mandiri, menyelesaikan masalahnya sendiri dan pada akhirnya menyelesaikan masalah orang tua ketika mereka sudah tidak muda lagi. Namun yang terjadi tidak demikian, anak harus menghadapi kerasnya kehidupan karena ia tidak tau bagaimana menghadapi itu, dan dia juga tidak tau harus minta tolong kepada siapa.

Tetapi apa pun yang terjadi, kita tidak boleh menyalahkanorang lain, apa lagi menyalahkan orang tua, kita harus bangkit dan membahagiakannya. Menyalahkan orang lain atas sesuatu yang terjadi pada kita tidak akan pernah memberikan solusi, intinya bukan menyalahkan atau apapun, intinya dari setiap masalah yang kita hadapai kita harus fokus ke jalan keluar.

Kita harus menerima bahwa semua yang terjadi pada hidup kita adalah pilihan sendiri, dan kitalah yang harus bertanggung jawab.

Kita harus menyadari bahwa apa pun yang dilakukan orang tua kepada kita adalah bentuk kasih sayang yang harus kita hargai dan kita hormati, serta membalasnya dengan kebaikan yang lebih banyak lagi. Apabila ada yang tak berjalan dengan baik, mungkin itu ketidak tauan mereka.
Pada akhirnya kita kelak akan menjadi orang tua yang membesarkan anak-anaknya, oleh karena itu kita harus belajar dan belajar untuk menjadi pribadi dan orang tua yang lebih baik.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon