Friday, September 8, 2017

Hidup Jangan Mengalir Apa Adanya, Tentukan Arahnya

Hidup Jangan Mengalir Apa Adanya, Tentukan Arahnya

Bener banget broo.. Jalani hidup jangan hanya asal lewat, atau asal jalan. Walaupun sudah mendapatkan posisi yang nyaman, tetep saja harus ada target. Jangan nanti sajalah.. Contoh paling gampang adalah ketika masih SMA, jangan hanya belajar dan belajar saja, tetapi harus tau kemana nanti kalau sudah lulus. Apakah bekerja, apakah kuliah, kuliah jurusan apa, kuliah dimana? Penting untuk merencanakan itu semua.

Jangan sampai setelah lulus bingung mau ambil jurusan apa, akhirnya malah salah ambil jurusan. Sudah pindah jurusan, malah gak cocok lagi. Sebenernya bukannya gak cocok, tetapi dia gak tau mau kemana.

Ini pengalaman saya sendiri, bukannya kita tidak mampu atau kita tidak bisa. Tetapi ketika kita tidak pernah merencanakan atau tidak memiliki target yang akan dicapai semuanya akan lewat begitu saja. Bahkan cenderung untuk mengambil keputusan yang salah.

Jangan hanya diam diatas perahu, gunakanlah dayung untuk menguasainya, menuju kemana akan pergi.

Kalau hanya duduk diam mengikuti arus, lama-lama akan ketemu jurang, atau kita tidak bisa berhenti mengambil sesuatu yang berharga. Bukan hanya satu atau dua kali, namun banyak peristiwa yang aku alami berlalu begitu saja, padahal dari peristiwa itu terdapat kesempatan besar mendapatkan yang saya inginkan. Bukannya tidak bisa melihat kesempatan tetapi melewatkan kesempatan itu karena tidak adanya tujuan yang akan dicapai.

Masalah yang paling besar adalah waktu, kita tidak bisa kembali kemasa lalu dan mengambil kesempatan itu. Kesempatan bisa saja datang kembali tetapi waktu tidak akan pernah bisa. Aku merasa orang paling beruntung, mengapa? Sering aku menyadari orang lain bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu, tetapi aku mendapatkan sesuatu itu dengan mudah, bahkan ketika aku tidak menginginkannya sesuatu itu datang kepadaku.

Tetep saja, tanpa mempunyai tujuan dan target yang akan kita capai, saya tidak bisa melihat pentingnya sesuatu, hingga saya melewatkannya.

Itu pengalaman saya bro..

Mulai dari sekarang harus menentukan arah, sangat penting banget bro. Arah yang di ambil harus besar bro, bukan cuma tujuan-tujuan kecil. Jangan terlalu memikirkan saya tidak suka ini, saya tidak suka itu, saya tidak cocok jadi ini, saya tidak cocok jadi itu, pikiran seperti itu buang aja bro. Lebih baik memikirkan apa yang bis asaya lakukan sekarang, yang terbaik untuk mencapai tujuan itu. Entah itu suka atau tidak suka, jangan dipedulikan. Entah itu cocok atau tidak cocok jangan dipedulikan. Pikiran-pikiran itu hanya persepsi kita sendiri, untuk itu harus melihat tujuan yang lebih besar.

Cara yang paling sederhana adalah, syukuri apa yang ada saat ini dan lakukan yang terbaik hal-hal yang membuat kita bisa menuju tempat yang akan di tuju.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon