Thursday, September 28, 2017

Cara Menggunakan Inhaler Suprasma Yang Benar

Inhaler adalah alat yang berfungsi menyalurkan obat untuk pengobatan penyakit paru-paru seperti asma. Penting untuk mengetahui tehnik yang benar dalam menggunakan inhaler. Penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan efikasi yang tidak optimal dari pengobatan.

Menurut British Lung Foundation, hampir 90% pengguna inhaler tidak memiliki tehnik yang baik dalam menggunakan obat tersebut. Angka yang sangat memprihatinkan, jika pasien tidak memperbaiki tehniknya maka efek obat menjadi tidak maksimal.

Penggunaan inhaler Suprasma memerlukan koordinasi antara tangan dan mulut, yaitu menarik nafas dan menekan inhaler secara bersamaan. Dari pengalaman saya ketika bekerja di klinik paru, banyak pasien yang salah melakukan koordinasi antara tangan dan mulut. Untuk itu sebaiknya pasien menanyakan kepada dokter atau apoteker apakah tehnik penggunaan inhalernya sudah benar.

Masalah lain penggunaan inhaler adalah pasien tidak menarik napas sedalam-dalamnya, tehnik yang benar adalah dengan menarik nafas secara perlahan dan dalam. Selain itu banyak juga pasien yang tidak menahan nafas ketika sudah menarik nafas. Seharusnya pasien menahan nafas 5-10 detik setelah menarik nafas yang dalam. Agar lebih jelas saya berikan langkah-langkah penggunaan inhaler Suprasma yang benar  beserta gambarnya.

Cara Menggunakan Inhaler Suprasma Yang Benar


Melepas penutup inhaler
1. Lepaskan penutup inhaler Anda. Pastikan lubang spray (semprot) dan mouthpiece (tempat mulut) dalam kondisi bersih.


Mengocok inhaler
2. Pegang inhaler dengan benar. Telunjuk diletakkan pada bagian atas tabung obat dan ibu jari diletakkan pada bagian bawah inhaler. Kocok inhaler selama 5 detik. Bila inhaler baru pertama kali digunakan atau tidak digunakan lebih dari 14 hari, lakukan priming dengan cara semprotkan 4 kali ke udara (selalu kocok inhaler setiap sebelum disemprotkan).


Mengeluarkan nafas
3. Keluarkan nafas maksimal sampai paru-paru terasa kosong.


Masukkan ujung inhaler ke mulut
4. Pegang inhaler dengan benar (lihat gambar di atas), masukkan ujung inhaler ke dalam mulut, jepit di antara gigi (jangan digigit) dan bibir melingkari dan menutupi seluruh bagian ujung inhaler.


Tekan inhaler dan tarik nafas
5. Tengadahkan atau dongakkan sedikit kepala Anda. Mulailah menarik nafas perlahan dengan mulut. Bersamaan dengan menarik nafas, tekan inhaler 1 kali ke bawah sambil menarik nafas perlahan sedalam-dalamnya.


Tahan nafas 5-10 detik
6. Tarik ujung inhaler dari mulut (mulut tetap tertutup rapat), tahan nafas selama 5-10 detik. Kemudian hembuskan perlahan dan bernafaslah seperti biasa.


Tutup inhaler
7. Tutup kembali inhaler setiap setelah digunakan.

Setelah menggunakan obat, jangan lupa berkumur-kumur.
Bila dokter atau apoteker menganjurkan lebih dari 1 puff (semprot) dalam 1 kali pemakaian, tunggu dahulu selama 1 menit, lalu ulangi langkah 2 sampai 6.

Cara Membersihkan Inhaler


Cara Membersihkan Inhaler
Cara Membersihkan Inhaler
Setiap seminggu sekali bersihkan inhaler dengan melepaskan penutup dan tabung obat dari alat, lalu bersihkan dengan mengaliri alat dengan air yang bersih. kemudian keringkan dan pasang kembali tabung obat dan penutup.

Untuk orang yang susah dalam menggunakan obat ini bisa memakai spacer, yaitu corong tambahan agar obat dapat masuk dengan optimal. Orang yang biasanya mengalami kendala dalam pemakaian obat ini adalah anak-anak dan lanjut usia.

Kesalahan dalam pemakaian obat ini biasanya terjadi karena pasien tidak menyedot obat secara maksimal, dan juga kebanyakan pasien tidak menahan napas setelah menyedot obat. Jadi apabila anda atau keluarga anda atau teman anda menggunakan obat tersebut, maka yang harus diperhatikan adalah apakah sudah menyedot secara maksimal atau belum.

Obat inhaler ini merupakan obat pelega, jadi fungsinya hanya untuk melegakan jalan napas. Obat ini hanya digunakan jika sesak, atau hendak berolah raga. Obat ini bukan obat rutin yang dipakai setiap hari. 

Jika anda merasa sesak setiap hari, berarti penyakit anda tidak terkontrol, dan anda harus segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan terapi lebih lanjut. Sesak setiap hari jika menggunakan obat ini akan menjadi lega, tetapi perlu diketahui bahwa obat ini mengobati penyebab sesaknya. 

Itulah cara pemakaian inhaler Suprasma yang benar. Silahkan komentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan, atau bisa hubungi melalui kontak saya.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon