Widget HTML #1

2 Cara Merubah Alamat di Google Map Agar Lebih Akurat

Ydhartono.com - Google Maps merupakan aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk mencari tempat. Aplikasi ini digunakan oleh berbagai restoran, kantor, dan bidang lainnya sehingga orang dapat mencari lokasinya. 

Meski begitu, ada kalanya informasi yang dimuat keliru. Cara merubah alamat di Google Map dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Pengguna bisa mengedit informasinya secara mandiri. 

Ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu dari komputer dan smartphone.

Cara Merubah Alamat di Google Map

Melalui Komputer

Pada umumnya, pengguna bisa mengedit lokasi tempat yang terdapat dalam Google Maps. Proses ini bentuknya berupa laporan dan akan di-review terlebih dahulu sebelum diganti. Hal ini fleksibel karena bisa dikerjakan dari berbagai perangkat. Cara yang pertama ini dilakukan melalui komputer, tentu lebih leluasa karena layarnya lebar. Langkahnya seperti berikut:

1. Mengakses Halaman Google Maps

Buka browser, lalu ketikkan Google Maps di kolom pencarian. Cara merubah alamat di Google Map yang pertama adalah mengetikkan nama tempat yang ingin dirubah informasinya. Pada umumnya, Google Maps langsung menunjukkan peta yang sesuai dengan lokasi pengguna berada. Apabila tempat yang ingin diedit ada di luar area tinggal, ganti terlebih dahulu nama kotanya.

2. Melakukan Perubahan Informasi

Klik pada nama tempat yang ingin diedit. Di sini akan ada beberapa sub menu yang tersedia, pilihlah pada tulisan “Sarankan Edit” untuk merubah informasi. Di halaman ini beberapa pilihan seperti nama, alamat, jam operasional, website, dan lain sebagainya. Ganti pada bagian yang belum benar.

Agar bisa menemukan titik yang tepat, beri tanda centang pada kotak kosong di sebelah tulisan “Penanda salah ditempatkan” pada sub menu. Cara merubah alamat di Google Map  selanjutnya yaitu menggeser penanda lokasi yang masih salah. Arahkan pada posisi yang pas sehingga lebih akurat saat alamatnya dicari orang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui mode satelit yang tersedia dalam Google Maps.

3. Menyimpan Pengaturan

Tekan tombol biru bertuliskan “Kirim” yang ada di kanan bawah setelah memastikan informasinya sudah benar semua. Setelah itu tinggal menunggu email dari Google berisikan detail dari informasi yang sudah diedit. Ada juga status tindakan yang menunjukkan apakah informasinya masih ditinjau atau telah dipublikasikan. Setelah sudah dipublikasikan, pengguna bisa langsung melihatnya dari Google Maps.

Melalui Ponsel Pintar

Pengguna juga dapat mengganti alamat yang ada di Google Map melalui ponsel pintar. Baik Android maupun iOS memiliki cara yang sama, namun sebelumnya pastikan bahwa jaringan internet cukup baik sehingga bisa menempatkan titik alamat yang tepat. Inilah langkah mudah untuk melakukannya.

1. Mengunduh Aplikasi Google Maps

UnDUh aplikasi buatan Google ini dari Play Store. Ukuran aplikasinya hanya 32 MB sehingga tidak begitu membebani memori ponsel. Setelah proses unduh selesai, langsung jalankan aplikasinya. Ketikkan nama tempat yang akan diganti informasinya, lalu tekan untuk membuka detil lebih lanjut.

2. Merubah Informasi yang Diperlukan

Geser layar ponsel ke atas untuk menemukan opsi “Sarankan Edit”, kemudian klik. Cara merubah alamat di Google Map selanjutnya adalah mengedit bagian yang informasinya masih tidak tepat. Ada berbagai pilihan mulai dari nama, kategori, telepon, dan sebagainya. Di sini pengguna juga dapat menambahkan foto untuk mempermudah orang lain menemukan tempatnya.

Pengguna dapat merubah alamat dengan menekan tulisan “Update Location on Map” yang terdapat dalam pilihan “Address” (alamat). Di sini pengguna dapat mengarahkan titik penandanya agar lebih akurat pada lokasi yang sebenarnya. Apabila sulit menemukan lokasi yang akurat, gunakan bantuan mode satelit.

3. Menyimpan Perubahan Informasi

Akhiri cara merubah alamat di Google Map dengan menekan tulisan “Send” (kirim) di kanan bawah. Berikutnya pengguna tinggal menanti keterangan dari Google. Tanpa perlu membuka email, di apps Google Maps pengguna sudah dapat memantau laporannya

Laporan ini akan diproses oleh Google untuk direview kebenaran informasinya, misalnya apakah lokasi yang dipilih benar-benar ada. Apabila sudah dipastikan kebenarannya, Google akan memberi persetujuan dan langsung mengganti nama tempat sesuai yang sudah diganti. Periksa perubahannya dengan membuka lagi nama tempat yang sudah dirubah.

4. Rutin Memperbarui Google Maps

Lakukan pembaruan (update) secara berkala. Hal ini penting karena seringkali hambatan GPS (misalnya tidak menemukan titik lokasi yang dicari) terjadi karena versi aplikasinya belum diperbarui. Dengan rutin update, aplikasi dapat memperbarui daftar rute sesuai perubahan yang ada di kondisi nyata. 

Contohnya memunculkan lokasi baru yang lebih detail dan tidak ada sebelumnya. Cara memperbaruinya mudah, yaitu membuka aplikasi Google Maps di Play Store kemudian tekan “Update” jika ada.

Demikian pembahasan mengenai cara merubah alamat di Google Map yang dapat dilakukan dari berbagai perangkat, baik komputer maupun ponsel pintar. Sekarang pengguna tidak perlu bingung jika terdapat kesalahan pada alamat yang tersedia dalam aplikasi besutan Google ini. Baik dari komputer maupun ponsel pintar sudah bisa mengganti informasi yang tersedia sehingga lebih akurat.

Posting Komentar untuk "2 Cara Merubah Alamat di Google Map Agar Lebih Akurat"