Widget HTML #1

3 Cara Mengetahui IP Address WiFi Indihome di Windows

Ydhartono.com - Suatu PC yang dihubungkan dengan suatu jaringan, baik itu berupa kabel maupun WiFi, pastinya akan mendapatkan alamat IP.

Sesuatu yang disebut IP tersebut memiliki peranan penting dalam konektivitas jaringan, salah satu contoh nyata nya adalah penggunaan IP untuk memperbaiki suatu jaringan yang mengalami masalah. 

Nah berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengetahui IP Address WiFi Indihome dengan mudah:

Cara Mengetahui IP Address WiFi Indihome di Windows

Cara Mengetahui IP Address WiFi Indihome Melalui Command Prompt

Cara pertama yang akan dibahas disini adalah mengetahui IP Address Indihome lewat Command Prompt pada komputer. Namun ada kemungkinan cara ini agak rumit dilakukan jika yang kurang mengerti cara menggunakan cmd. Untuk selengkapnya bisa ikuti cara-cara dibawah ini:

1. Buka Command Prompt

Command Prompt bisa dibuka melalui beberapa cara, yang pertama melalui Windows + R kemudian akan muncul sebuah window yang bertuliskan RUN. Ini berfungsi untuk menjalankan suatu perintah untuk membuka program atau folder tertentu. Karena disini akan membuka Command Prompt maka tuliskan saja “cmd” dan klik ok, maka otomatis Command Prompt akan terbuka dengan sendirinya.

Cara kedua adalah melalui pencarian software, pada Windows 10 Command Prompt ini mudah ditemukan dengan fitur pencarian aplikasi. Namun untuk Windows yang di bawahnya, Command Prompt ini bisa ditemukan pada folder bernama “Windows System”. Folder tersebut akan ditemukan jika menekan tombol Windows pada keyboard.

2. Jalankan Command 

Untuk membuat komputer dapat mengerjakan sesuatu yang diminta, komputer memerlukan bantuan perintah. Jika perintah sudah dimasukkan, barulah komputer akan bekerja sesuai dengan perintah yang diinputkan. Untuk mengerjakan berbagai pekerjaan, komputer memerlukan beberapa perintah khusus yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Untuk membantu menemukan alamat IP jaringan, perintah yang digunakan adalah “ipconfig”. Melalui perintah tersebut, PC akan menampilkan sejumlah informasi penting terkait dengan koneksi jaringan yang terhubung. Pada tampilan tersebut juga koneksi jaringan akan ditampilkan seluruhnya.

3. IP Address Terlihat

Setelah menggunakan perintah ipconfig, akan muncul beberapa informasi penting tentang jaringan yang digunakan. Sambungan internet aktif bisa memiliki nama seperti Wireless Network Connection, Ethernet Adapter, ataupun Local Area Connection.

Untuk menemukan nomor IP, perhatikan saja tulisan yang bernama default gateway. Pada bagian itu akan ada serangkaian nomor, dan itulah IP Indihome-nya.

Cara Mengetahui IP Address WiFi Indihome Melalui Network Connections

Selain menggunakan Command Prompt, cara mengetahui IP Address WiFi Indihome lainnya adalah menggunakan pengaturan. Pengaturan yang dimaksud disini adalah pada menu network connections. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Akses Control Panel

Banyak jalan untuk mengakses control panel, bisa melalui setting atau menggunakan Windows run. Agar lebih efisien disini akan dibahas menggunakan Windows run saja. Caranya mudah, pertama tekan tombol Windows dan huruf R secara bersamaan. Setelah itu ketikkan tulisan control panel, karena yang akan dijalankan disini adalah control panel.

Control panel ini seperti settings yang dimana didalamnya terdapat banyak sekali pilihan untuk mengatur PC. Di sana akan ditemukan beberapa pengaturan seperti baterai, layar, jaringan, hingga pengaturan akun.

2. Buka Menu Network Connections

Ketika control panel berhasil dibuka, langkah selanjutnya adalah dengan menuju bagian network settings. Pada bagian ini akan terbuka berbagai pilihan untuk pengaturan terkait dengan koneksi dan jaringan. Untuk mencari IP, cari menu network dan internet, kemudian pilih network sharing center.

Jika sudah pada bagian tadi, akan ada list menu kemudian pilih change adapter settings. Setelah diklik, menu otomatis akan menampilkan berbagai informasi terkait network apa yang sedang dipakai.

3. Cari Details

Jika menu yang dicari tadi sudah ditemukan, langsung saja menuju ke bagian memilih adapter yang digunakan. Di sini akan terlihat koneksi apa yang digunakan untuk PC, jika menggunakan ethernet maka akan ditampilkan ethernet. Begitu juga jika menggunakan jenis sambungan lain seperti halnya WiFi.

Klik pada bagian adapter yang digunakan sebagai sambungan, kemudian pilih tombol details. Pada bagian details akan tampil beberapa informasi terkait dengan koneksi jaringan. Nama untuk IP yang digunakan adalah IPv$ Default Gateway. Nomor yang muncul harusnya sama dengan apa yang muncul ketika menggunakan cara di Command Prompt tadi.

Cara Mengetahui IP Address WiFi Indihome Menggunakan WhatisMyIP

Mungkin kedua cara tadi cukup rumit bagi sebagian orang dalam menemukan IP. Untuk itu, ada cara lain yang lebih praktis dalam menemukan nomor IP. caranya adalah dengan menggunakan web WhatisMyIP pada browser Cara ini dinilai lebih praktis karena hanya membutuhkan koneksi internet dari WiFi yang sedang dipakai. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka browser apa saja yang ada.
  • Lakukan pencarian WhatisMyIP di Google, atau juga bisa menggunakan nama websitenya langsung.
  • Jika sudah selesai dengan loading akan muncul tulisan Your IP Address.
  • Tunggu beberapa saat saja hingga IP Indihome muncul dengan sendirinya.

Itu saja pembahasan yang bisa disampaikan saat ini mengenai cara mengetahui IP Address WiFi Indihome di Windows. Sesuai judulnya, cara-cara yang disebutkan diatas berlaku hanya untuk perangkat Windows saja. Untuk sistem operasi lain cara yang digunakan mungkin akan sedikit berbeda dengan yang ada di Windows.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengetahui IP Address WiFi Indihome di Windows"