Widget HTML #1

3 Cara Mengaktifkan Kamera Di Windows 10 Dengan Benar

Ydhartono.com - Kadang kala platform perangkat seperti laptop mengalami beberapa kendala yang harus diselesaikan. Satu diantara beberapa kendala tersebut adalah perihal kamera. Hingga cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 cukup diperlukan. Mengingat keberadaan dari kamera tergolong hal penting digunakan terutama ketika menjalani meeting secara virtual, baik sekolah maupun kerja. 

Perlu diketahui ternyata fitur kamera dalam sebuah PC telah dilengkapi dengan sebuah menu bernama Setting. Tidak lain gunanya adalah untuk melakukan pengaturan termasuk mengaktifkan maupun menonaktifkan kamera dengan cara yang lebih mudah. Berikut informasi mengenai tata cara melakukan pengaktifan terhadap kamera dari PC bertipe Windows 10:

Cara Mengaktifkan Kamera Di Windows 10

Cara Mengaktifkan Kamera Di Windows 10 Dengan Benar

Pada dasarnya setiap perangkat PC yang ada mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, tidak terkecuali pada fitur kameranya. Misalnya saja dari segi ukuran resolusi yang cukup berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihadirkan. Berikut tata cara melakukan pengaktifan kamera yang ada di Windows 10:

1. Menggunakan Menu Settings

Pilihan cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 yang pertama ini adalah dengan memanfaatkan keberadaan dari menu Settings itu sendiri. Adapun langkah-langkahnya adalah seperti berikut:

  • Lakukan klik pada menu start yang terdapat pada PC. 
  • Berikutnya pengguna bisa memilih menu bertuliskan "Camera" yang ada di pilihan aplikasi. 
  • Apabila tidak ada, pengguna bisa mengklik ikon dengan gambar roda bergerigi guna melakukan pembukaan menu Settings. 
  • Jika sudah pengguna dapat memilih tulisan "Privacy". 
  • Lanjutkan dengan mengklik menu tulisan "Camera" yang umumnya terletak di sisi kiri bagian bawah. 
  • Supaya bisa melakukan pengaktifan fitur kamera, pengguna bisa menggeser saklarnya saja. Di sini pengguna juga dapat melakukan pengaturan kamera untuk software lainnya. 

2. Menggunakan Pengecekan Kamera 

Apabila cara mengaktifkan fitur kamera pada perangkat PC belum berhasil. Maka pengguna bisa mencoba untuk mengaktifkannya dengan melakukan pengecekan keaktifan dari fitur kamera tersebut. Adapun beberapa langkahnya seperti berikut:

  • Pertama pengguna bisa mengklik menu start atau bisa juga menekan ikon dengan gambar Windows yang terdapat pada desktop. 
  • Lanjutkan dengan mengetik tulisan "Device Manager" pada kolom pencarian yang ada dan klik tombol enter. 
  • Jika menu tersebut sudah terbuka, maka pengguna bisa melakukan pemilihan perangkat kamera yang akan dipakai. 
  • Selanjutnya klik kanan dan pilih menu bertuliskan "Update Driver". 
  • Kemudian Windows akan melakukan pembaharuan menu webcam supaya mampu berfungsi dengan baik. 

3. Dengan Menonaktifkan Webcam Asal Laptop 

Cara ini diperuntukan bagi pengguna yang sering memakai webcam eksternal namun merasa takut akan akses hacker yang berbahaya. Maka dari itu pengguna dapat melakukan penonaktifan kamera tersebut dengan beberapa langkah berikut:

  • Lakukan klik start atau bisa juga dengan mengklik ikon Windows. 
  • Lanjutkan dengan mengetikkan tulisan "Device Manager" lalu tekan enter. 
  • Pengguna bisa memilih untuk melakukan pencarian "Camera" dalam daftar yang ada di perangkat. 
  • Pilih bagian menu "webcam terinstal". 
  • Berikutnya adalah melakukan klik kanan pada bagian kamera webcam dan lakukan pemilihan terhadap menu "Disable Device". 

Aplikasi Untuk Menunjang Kamera PC 

Pada umumnya setiap produk perangkat laptop telah dilengkapi dengan fitur kamera bawaan yang berasal dari perusahaan produksi. Akan tetapi beberapa kamera yang hasil bawaan tersebut mempunyai sejumlah kendala atau kekurangan. 

Hingga cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 bisa dicoba sebagai bentuk solusi. Gunanya untuk menambah berbagai fitur menarik pada kamera serta meningkatkan kualitas baik gambar maupun video. Dengan begitu pengguna bisa mencoba untuk memanfaatkan kamera pihak ketiga untuk menunjang kebutuhan kamera seperti berikut:

1. YouCam 

Pengguna bisa memanfaatkan keberadaan dari aplikasi kamera pihak ketiga ini apabila merasa kurang puas dengan fasilitas kamera bawaan dari PC. Nantinya dalam aplikasi ini pengguna mampu untuk menjajal efek yang cukup tergolong unik dengan kisaran jumlah lebih kurang mencapai 200 efek. Di samping itu YouCam juga dilengkapi dengan berbagai fitur guna semakin mempermudah pengguna dalam memakai aplikasi ini. 

2. ManyCam 

Aplikasi kamera satu ini banyak dikenal sebagai aplikasi yang mempunyai berbagai macam stiker maupun efek menarik. Selain itu ManyCam juga menawarkan sejumlah tools yang berguna untuk menunjang kegiatan pengeditan. Di samping mampu dipakai untuk mengambil gambar, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk melakukan perekam video dengan beberapa pilihan resolusi.

3. SplitCam 

Jenis aplikasi webcam yang satu ini bisa dikatakan serba bisa. Hal ini karena SplitCam mampu dipakai untuk berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh pengguna. Diantaranya seperti untuk melakukan streaming ke sejumlah aplikasi, misalnya seperti Skype, kemudian Youtube dan lainnya. 

Demikian sekilas ulasan terkait tata cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 dengan pilihan 3 cara. Secara umum melakukan pengaturan kamera yang terdapat pada Windows tergolong mudah dilakukan. Akan tetapi jika terdapat masalah di dalamnya, maka pengguna harus mampu melakukan sejumlah pembaharuan. Bahkan jika dibutuhkan, pembaharuan tersebut dapat bersifat menyeluruh.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengaktifkan Kamera Di Windows 10 Dengan Benar"