Widget HTML #1

6 Cara Memperbaiki Router Wifi Yang Tidak Bisa Connect

Ydhartono.com - Dari berubahnya sejumlah hal menjadi serba online seperti kegiatan sekolah sampai dengan bekerja. Tak hanya membuat kebutuhan akses Internet pun menjadi lebih meningkat, satu dari beberapa alat yang banyak dipakai untuk hal ini adalah wifi. 

Pasalnya alat ini dinilai lebih praktis serta bisa dicapai secara bersama-sama. Mengingat perkara ini maka cara memperbaiki router wifi yang tidak bisa connect butuh dipahami. 

Dikarenakan perkara ini dapat menjadi salah satu solusi jika wifi yang dipakai di rumah mengalami kendala berupa tidak dapat tersambung dengan perangkat baik laptop maupun smartphone. 

Dengan keadaan demikian perangkat menjadi tidak ada internet yang otomatis mengganggu jalannya kegiatan virtual yang dilakukan. Namun tak perlu khawatir ada beberapa cara dapat dicoba untuk mengatasi wifi yang tidak bisa terhubung ke peringkat seperti berikut:

Cara Memperbaiki Router Wifi Yang Tidak Bisa Connect Yang Mudah dan Aman

Cara Memperbaiki Router Wifi Yang Tidak Bisa Connect

1. Mengaktifkan Safe Mode 

Langkah cukup sederhana yang dapat dicoba oleh pengguna sebagai cara memperbaiki router wifi yang tidak bisa connect adalah dengan membuka menu Settings. Setelah itu pilihlah menu dengan tulisan "Wifi". Berikutnya pengguna bisa mematikan sambungan internet yang ada kemudian nyalakan kembali selang beberapa saat. 

Adapun cara lain yang bisa menjadi pilihan pengguna ketika dihadapkan dengan masalah wifi yang tidak bisa tersambung ke perangkat adalah memakai "Safe Mode". Langkahnya adalah dengan melakukan restart pada perangkat lalu masuk ke bagian "Safe Mode". Selanjutnya pengguna bisa mencoba apakah wifi sudah terhubung, jika sudah lakukan restart kembali supaya berada pada mode awal. 

2. Mengaktifkan Keep Wifi 

Satu dari beberapa penyebab mengapa wifi tidak bisa terhubung dengan smartphone adalah lantaran akses Keep Wifi yang masih dalam keadaan non aktif. Perlu diketahui mode ini memang memiliki kegunaan supaya perangkat dapat melakukan penghematan baterai. Dengan keadaan ini akan dengan cara otomatis perangkat terputus dari wifi saat baterai dalam keadaan low, beberapa cara mengatasinya adalah seperti berikut:

  • Pengguna bisa masuk pada menu dengan tulisan "Pengaturan" dan pilih bagian "Wifi". 
  • Klik bagian ikon yang bergambar titik di sisi atas sebelah kanan. Kemudian lanjutkan dengan memilih menu "Advanced". 
  • Lakukan pengaktifan wifi dengan mengklik tulisan "Keep Wifi On During Sleep". 

3. Mengakses Jaringan Tersembunyi 

Pengguna bisa mencoba untuk menggunakan cara memperbaiki router wifi yang tidak bisa connect dengan mengakses jaringan tersembunyi. Pasalnya secara umum masalah pengguna tidak bisa terhubung dengan jaringan disebabkan oleh 2 hal. Pertama karena memang jaringan tersebut memiliki jenis tertentu dan yang kedua adalah karena jaringan yang dimaksud memang disembunyikan untuk keamanan. 

Bagi permasalahan yang pertama tergolong sulit untuk diatasi karena android sendiri tidak mampu mendeteksi jaringan berjenis Ad-Hoc. Akan tetapi apabila yang dihadapi oleh pengguna adalah permasalahan yang kedua, maka cara mengatasinya tergolong lebih gampang. Yakni dengan melakukan penambahan jaringan dengan cara manual saja. 

4. Menginstal Aplikasi Wifi Fixer 

Pengguna bila menggunakan manfaat yang ada pada aplikasi bernama Wifi Fixer supaya smartphone yang dipakai mampu terhubung dengan jaringan wifi berjenis Indihome. Meskipun wifi tersebut dalam keadaan tidak ada internet. 

Hal ini lantaran Wifi Fixer ini mampu memberikan bantuan guna melakukan perbaikan jaringan dari wifi yang tadinya lemah bisa menjadi lebih kuat. Pengguna bisa memperoleh aplikasi ini secara cuma-cuma alias gratis lewat proses pengunduhan di Play Store. 

5. Mengecek Kecepatan Jaringan 

Satu dari beberapa penyebab yang membuat wifi tidak mampu terhubung dengan perangkat adalah perihal lemahnya kecepatan jaringan yang ada. Dimana keadaan lambatnya laju kecepatan wifi dapat dipengaruhi oleh jumlah pengguna yang terlampau banyak. 

Umumnya pengguna akan merasakan keadaan semacam ini ketika memakai wifi di tempat publik seperti rumah makan dan lainnya. Dengan begitu pengguna bisa mengecek kecepatan jaringan dengan cara berikut:

  • Pertama pengguna harus melakukan restart pada smartphone yang dimiliki. 
  • Lakukan penghapusan terhadap cache yang ada di perangkat. 
  • Minimalisir untuk melakukan pembukaan banyak jendela maupun aplikasi. 
  • Gunakan situs pengecek kecepatan internet. 

6. Melakukan Percobaan Dengan Perangkat Lain 

Pilihan lain untuk cara memperbaiki router wifi yang tidak bisa connect yakni melalui proses pengecekan menggiurkan perangkat lainnya. Jika dijumpai oleh pengguna adalah tetap tidak bisa terhubung ke jaringan wifi meskipun sudah menggunakan perangkat lain. Maka kemungkinan yang terjadi adalah router tersebut yang terjadi masalah. 

Namun apabila yang terjadi yaitu perangkat lain yang dimaksud menjadi terhubung ke jaringan wifi. Maka kemungkinan besar masalah yang datang berasal dari perangkat awal yang dipakai. Pengguna dapat melakukan pengecekan perangkat wifi yang ada dengan memakai aplikasi bernama Phone Tester. 

Itulah ulasan terkait 6 cara memperbaiki router wifi yang tidak bisa connect dengan perangkat. 

Perlu diperhatikan bahwa jika sejumlah cara yang telah dijabarkan di atas sudah dilakukan namun keadaan wifi tetap tidak bisa terhubung. 

Maka beberapa kemungkinan bisa saja terjadi, satu diantaranya adalah seperti perangkat yang mengalami kerusakan pada bagian hardwarenya. Dengan begitu pengguna bisa melakukan servis ke tempat terdekat.

Posting Komentar untuk "6 Cara Memperbaiki Router Wifi Yang Tidak Bisa Connect"