Widget HTML #1

3 Cara Memperbaiki Headset Yang Mati Sebelah Agar Normal

 Ydhartono.com - Penggunaan Headset untuk kegiatan seperti mendengarkan lagu atau menonton film adalah hal yang biasa dilakukan saat ini.

Namun bagaimanakah jika Headset tersebut rusak atau mati sebelah? Sekarang sudah ada cara memperbaiki Headset yang mati sebelah tanpa harus membeli yang baru.

Jadi mereka yang memiliki headset dengan kondisi mati sebelah bisa memperbaikinya sendiri dengan cepat dan mudah, begini penjelasannya.

Cara Memperbaiki Headset Yang Mati Sebelah

Penyebab Kerusakan Headset

Kerusakan Headset adalah masalah yang kerap kali muncul, hal tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung.

Bayangkan ketika pengguna sedang asik berbicara di telepon atau mendengarkan musik, tetapi suara tidak muncul sebelah. Kondisi tersebut tentu akan sangat mengganggu, karena suara yang dihasilkan menjadi lebih kecil.

Musik atau suara dari lawan bicara pun tidak akan terlalu terdengar karena hanya satu kabel Headset yang berfungsi.

Pasti di antara pengguna sering bertanya-tanya apakah hal yang mengakibatkannya bukan? Beberapa hal yang mengakibatkan Headset mati sebelah misalnya karena terdapat kerusakan kabel, seperti kabel yang putus misalnya.

Bisa juga kerusakan terjadi sebab adanya bagian speaker yang bermasalah atau bahkan karena pengaruh software yang ada pada PC.

Berbagai Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah sesuai Penyebabnya

Banyak alasan yang mengakibatkan Headset mati mendadak pada salah satu bagian kabelnya. Berikut cara memperbaikinya berdasarkan asal kerusakannya:

1. Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah Akibat Kabel

Namun kerusakan yang terjadi pada Headset di sebelah kanan, biasanya karena adanya permasalahan terhadap kabel. Pengguna dapat memeriksa dan memastikannya terlebih dahulu. Apakah bagian kiri atau kanan yang mengalami masalah?

Jika sudah, pengguna bisa memakai beberapa peralatan untuk memperbaikinya bagian yang rusak tersebut. Cara yang digunakan untuk menangani masalah terhadap kabel ini terbilang cukup simple dan sederhana, karena tidak perlu membutuhkan peralatan yang berlebih. Berikut cara memperbaikinya yaitu:

  • Periksa Posisi Kerusakan, hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memperbaiki bagian yang rusak yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada kabel. Hubungkan Headset dengan perangkat smartphone atau PC, lalu putar audio.
  • Berikutnya raba atau tekan kabel dari bagian ujung colokan hingga ujung Headset. Jika terdengar suara ketika pengguna menyentuhnya, maka pada bagian itulah kerusakan mungkin terjadi.
  • Jika sudah tahu bagian mana yang rusak, selanjutnya eksekusi dengan menggunting permukaan Headset. Gunting bagian kabel yang rusak tersebut sekitar 5 cm, hingga terlihat 3 atau 4 jaringan dengan berbagai warna dalamnya.
  • Selanjutnya sambungkan semua kabel bagian dalam yang berwarna tadi dengan selotip, pastikan untuk tidak mengenai kabel lainnya. Jika sudah, coba dengan memutar audio pada Headset untuk memastikan bisa berfungsi atau tidaknya kabel yang sudah diperbaiki tadi.

2. Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah Akibat Speaker Rusak

Berikutnya kerusakan yang sering terjadi pada Headset yang mati sebelah yaitu akibat adanya permasalahan di bagian speaker. Agar dapat mengatasi masalah pada kerusakan tersebut pengguna bisa memakai beberapa alat pembantu seperti solder dan timah, berikut cara memperbaikinya yaitu:

  • Melepas kepala kabel, langkah awal bisa dilakukan dengan melepas bagian kepala speaker dan membuka plastic penutupnya.
  • Berikutnya periksa bagian dalam speaker Headset, apakah ada bagian dalam yang terputus atau tidak.
  • Jika tidak ada, lanjutkan dengan menyolder bagian kepala kabel yang terputus tersebut dengan sedikit timah supaya bisa tersambung kembali.
  • Pastikan timah mongering dan kabel terhubung dengan baik. Jika sudah periksa kabel dengan memutarkan audio.

Setelah melakukan langkah-langkah yang sebagaimana telah dijelaskan, maka pastikan untuk langsung untuk cek Headset yang telah diperbaiki. Periksa apakah suara audio sudah dapat keluar dari kabel yang rusak tadi. Jika sudah berarti pengguna berhasil memperbaikinya

3. Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah karena PC (Khusus Windows 10)

Kerusakan Headset pun bisa terjadi karena software atau PC dan bukan berasal dari Headset tersebut. Terkadang hal tersebut membuat sebagian orang bingung karena saat audio diputar di perangkat lain bisa, tetapi di PC tidak bisa. Jangan langsung menyimpulkan jika Headset pengguna rusak.

Permasalahan tersebut bisa saja terjadi pada perangkat PC, jika perangkat yang digunakan adalah Windows 10, cara efektif untuk mengatur audio bisa dirubah ke pengaturan mono dan bukan stereo. Begini cara yang bisa dilakukan yaitu:

  • Buka setting, bagi pengguna Windows 10, bisa membuka setting dan kemudian pilih Ease of Access yang terdapat di bagian sebelah kanan.
  • Pilih audio, pada bagian sebelah kiri akan terdapat pengaturan untuk audio pada PC atau laptop.
  • Selanjutnya rubah bagian audio menjadi mono dengan menggeser tombol turn on, agar menjadi mono.

Cara tersebut telah dilakukan sesuai penjelasan di atas maka otomatis Windows akan mengubah output audio yang tadinya stereo jadi mono. Kini, coba untuk memeriksa Headset dengan menyambungkannya ke PC dan putar audio. Sekarang suara audio yang dihasilkan pun akan terdengar dari kedua kabel tersebut.

Itulah beberapa cara memperbaiki Headset yang mati sebelah dengan berbagai alasan kerusakan. Permasalahan akan Headset ini, amat sering terjadi.

Jadi jangan terlalu cepat untuk membuangnya ke tempat sampah. Ada baiknya pengguna melakukan pemeriksaan kabel dan coba untuk memperbaikinya terlebih dahulu.

Posting Komentar untuk "3 Cara Memperbaiki Headset Yang Mati Sebelah Agar Normal"