Widget HTML #1

3 Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi Dengan Mudah dan Benar

Ydhartono.com - Xiaomi adalah salah satu jenis merek HP yang marak digunakan karena harganya yang murah. Meski demikian, permasalahan masih sering terjadi di HP ini. Salah satu masalahnya adalah kerusakan pada baterai. Untuk meminimalisir hal ini, maka harus tahu juga cara cek kesehatan baterai Xiaomi untuk tahu apakah ada masalah.

Jika sudah tahu cara mengeceknya, maka akan mudah mengetahui permasalahan dan solusi yang dibutuhkan.

Untuk mengecek kesehatan baterai ini, ada tiga metode yang bisa diaplikasikan. Setiap cara yang akan dijelaskan di bawah ini bisa dipilih sesuai dengan kenyamanan penggunaan. Berikut ulasan lengkapnya:

Panduan Lengkap Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

1. Cek Menggunakan Menu Pengaturan

Cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang pertama adalah dengan menggunakan menu "Pengaturan". Metode ini adalah yang paling mudah diaplikasikan untuk semua jenis Xiaomi. Selain itu, tidak perlu aplikasi tambahan untuk melakukan cara ini. Berikut ini adalah urutan langkah yang bisa dipraktekkan secara langsung:

a. Buka Menu Pengaturan

Pertama, buka menu "Pengaturan" di ponsel masing-masing untuk melakukan cara ini. Setelah itu, pilih menu "Tentang Ponsel" yang ada di jajaran menunya. Karena yang digunakan adalah Android, maka pencet tombol "Versi Android" yang ada di dalam menu tersebut. Dalam menu ini akan diinformasikan tentang semua kinerja HP.

b. Lakukan Tes

Jika sudah masuk ke menu sesuai dengan langkah pada poin pertama, maka selanjutnya adalah melakukan tes single item. Dengan melakukan tes ini, nantinya akan diketahui semua informasi yang dibutuhkan dengan berbagai tes lainnya. Tunggu tes tersebut sampai selesai untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

c. Tes Kinerja Baterai

Setelah proses tes single item selesai, maka bisa dilanjutkan dengan mengetes baterainya. Pencet tombol yang dikhususkan untuk melakukan tes tersebut. Tunggu sampai selesai, lalu lihat hasilnya di layar HP secara mendetail. Semua informasi mengenai kondisi baterai HP akan diberikan secara lengkap agar segera bisa menemukan solusinya.

2. Cek Menggunakan Kode Khusus

Selain cara diatas, cara cek kesehatan baterai Xiaomi kedua adalah dengan memanfaatkan kode khusus. Cara ini tidak bisa digunakan untuk semua jenis HP Xiaomi. Namun hanya bisa digunakan di Miui 11. Meski demikian, langkah-langkahnya tergolong sangat mudah untuk diaplikasikan. Simak urutan langkahnya:

a. Ketik Kode Khususnya

Pertama, ketik kode khusus di fitur panggilan. Kode tersebut berupa kombinasi angka dan simbol, yaitu *#*#4636#*#*. Urutan kode ini tidak boleh diubah-ubah atau dikombinasikan ulang. Karena jika diubah, maka tidak akan bisa mengecek kondisi baterainya. Setelah mengetik kode tersebut, pencet tombol panggil untuk melanjutkan proses yang harus dilakukan.

b. Pilih Menu "Info Baterai"

Setelah melakukan panggilan di kode tersebut, maka akan diberikan beberapa menu pilihan yang bisa dimanfaatkan. Salah satu menunya adalah "Info Baterai". Biasanya, letaknya ada di urutan ketiga dari atas. Pencet saja menu tersebut untuk mengetahui kondisi baterai di Hp Xiaomi secara lengkap dan mendetail.

c. Lihat Hasilnya

Langkah terakhir adalah membaca informasi mengenai kondisi baterainya. Setelah membuka menu yang disebutkan di langkah kedua tadi, maka hasilnya akan muncul. Setiap detail informasi mengenai kondisi baterai akan ditampilan. Baca setiap detailnya agar tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan jika baterai hampir rusak.

3. Cek Menggunakan Aplikasi Tambahan

Metode terakhir adalah menggunakan aplikasi tambahan. Cara satu ini bisa digunakan untuk Xiaomi jenis Mi 12. Karena menggunakan aplikasi tambahan, jadi caranya juga tidak terlalu rumit dengan banyak langkah. Namun, pastikan memiliki akses internet untuk mengaplikasikan cara ini. Berikut adalah uraiannya:

a. Unduh Aplikasinya

Pertama, lakukan pengunduhan aplikasi Activity Launcher di tempat pengunduhan aplikasi. Meski memiliki fungsi yang baik, namun aplikasi ini memiliki ukuran yang minimal dan tidak besar. Agar prosesnya cepat selesai, maka pastikan memiliki akses internet yang cukup baik agar tidak terhambat. Jika tidak, maka akan lama pada proses unduh dan pemasangan aplikasinya.

b. Buka Aplikasinya

Setelah berhasil terunduh, maka buka saja aplikasinya di perangkat yang sedang digunakan. Dalam aplikasi ini, akan ada kotak pencarian yang bisa digunakan untuk mencari berbagai info. Salah satunya adalah untuk mengetahui info dan kondisi baterai terbaru. Karena akan melihat kondisi baterai, maka ketik saja "Battery Info" di kotak pencarian dalam aplikasinya.

c. Lihat Hasil yang Muncul

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah membaca setiap detail informasi yang muncul. Setiap kondisi baterai akan diinformasikan dalam aplikasi ini. Jika terjadi kerusakan, maka aplikasi juga akan memberitahukan. Dengan demikian akan mudah untuk mencari solusi yang diperlukan di setiap permasalahan baterai.

Itulah tiga metode atau cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang bisa diaplikasikan. Setiap metode memiliki langkah-langkah berbeda. 

Jika ingin mengecek kondisi baterai, pilih salah satu cara yang nyaman untuk digunakan. Selain itu, pastikan untuk menyesuaikan dengan jenis Hp Xiaomi yang digunakan. Asal diikuti dengan benar, maka tidak akan ada kendala.

Posting Komentar untuk "3 Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi Dengan Mudah dan Benar"