Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Kompetensi Diri dalam Hidup, Wajib Tau..!


YDHARTONO.COM - Siapapun kita selalu dituntut memiliki kompetensi atas apa yang kita lakukan. Kurangnya kompetensi dalam bidang apapun bisa secara serius merugikan masa depan. Berikut pentingnya kompetensi dalam hidup.

1. Tingkat kompetensi Anda menentukan apa yang menjadi perhatian Anda

Saat merasa tidak kompeten, Anda cenderung tidak memberikan perhatian pada masalah, konflik, atau tantangan dan peluang yang lebih besar, karena Anda merasa tak bisa menangani itu semua. Dengan begitu, kurangnya kompetensi mengakibatkan penundaan dan sikap bermalas-malasan.

2. Tingkat kompetensi Anda menentukan pilihan tugas dan kegiatan Anda

Saat merasa mampu dan yakin bisa memahami, menunjukkan kinerja, serta menguasai dunia Anda, Anda akan bersedia menggarap tugas yang lebih sulit. Hal itu tentu saja secara umum mengakibatkan lebih banyak pembelajaran dan kesuksesan di tempat kerja. Jika merasa tidak mampu, Anda berfokus pada tugas yang lebih mudah dan segera menjadi budak rasa aman. 

3. Tingkat kompetensi Anda menentukan tingkat upaya Anda

Para pekerja keras meyakini mereka bisa menciptakan hasil positif dengan upaya mereka sehingga berusaha lebih keras. Hal ini terkesan terlalu sederhana, tapi studi-studi kinerja dari para pakar berulang kali menunjukkan bahwa jika meyakini Anda mampu, Anda akan bekerja lebih keras dan juga lebih cerdas. 

4. Tingkat kompetensi Anda menentukan seberapa ulet dan bisa menyesuaikan  diri

Hal itu memiliki dampak mengejutkan bagi seberapa sukses Anda nantinya di tempat kerja dan kehidupan. Orang-orang meyakini kemampuan mereka untuk memahami, menunjukkan  kinerja, dan menguasai dunia akan lebih rela untuk menyesuaikan arah perjalanan jika sesuatu tidak berjalan sebagaimana mestinya. Mereka bangkit lebih cepat ketika terpukul jatuh karena menganggap kejatuhan mereka itu sebagai pelajaran, bukannya kekalahan. 

5. Tingkat kompetensi Anda menentukan apakah Anda akan menjadi pemimpin atau pengikut

Bisakah Anda membayangkan keterampilan yang lebih banyak dibutuhkan hari ini selain kepemimpinan? Namun, siapakah orang yang berkuasa di tempat kerja dan kehidupan? Itulah orang-orang yang yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka. Mereka merasa kompeten mengatasi tantangan, bahkan jika tantangan itu berat.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Kompetensi Diri dalam Hidup, Wajib Tau..!"