Minggu, 22 Maret 2020

Jangan Jadi Masalah. Pisahkan Dirimu dari Masalah


ydhartono.com - Apa pun yang Anda pikirkan tentang diri sendiri, Anda tetap lebih kuat dari yang Anda bayangkan. Anda memiliki potensi tak terbatas yang dianugerahkan Allah kepada kita.

Lihat Kelebihannya


Akal manusia memiliki 150 miliar sel lebih. Study di Universitas harvard menegaskan bahwa untuk menghitung jumlah sel otak dibutuhkan waktu lebih dari lima ribu tahun. Akal manusia lebih cepat dari pada cahaya. Ia mempunyai kemampuan menyimpan lebih dari 2.000.000 informasi dalam satu detik.

Mata Anda memiliki kemampuan untuk membedakan lebih dari 10.000.000 warna dengan cepat. Penciuman Anda memiliki kemampuan mengenal lebih dari 50.000 jenis bau-bauan dalam tempo yang singkat. Indra pengecap Anda memiliki kemampuan mengenali lebih banyak benda yang dingin, hangat, manis, pahit, dan berbagai rasa lainnya.

Kerja jantung Anda sangat mengagumkan. Meski tidak pernah Anda hitung, ia berdegup lebih dari 100.000 kali setiap hari. Jika energi Anda dialirkan ke satu negara maka dapat menghasilkan listrik selama satu minggu. Bayangkan! 

Semua potensi tersebut ada dalam diri Anda, dan diri setiap orang di bumi ini. Apakah Anda meyakini semua itu sebagai masalah? Apakah semua itu hambatan? Tentu tidak.

Masalah hanya salah satu kondisi aktivitas hidup yang harus dihadapi secara wajar dan disikapi dengan tenang hingga kita menemukan solusinya. Karena itu berhati-hatilah. Kuasailah masalah dan jangan sampai masalah yang menguasai Anda. Pisahkan Anda dari masalah.

Baca juga: Telah Ditemukan Mobil Tanpa BBM dan Cas Baterai

Tetap Positif


Berhati-hatilah akan ucapan Anda pada diri sendiri atau pada orang lain setelah kata "aku". Karena kata "aku" meliputi segalanya di setiap tempat, waktu serta pada setiap materi dan energi. Ketika Anda mengatakan, "aku gagal" berarti kegagalan itu berlaku pada setiap tempat, setiap waktu, setiap pikiran, bahasa, dan potensi. Sebaiknya katakan sesuatu yang mendukung dan menguatkan Anda, seperti "aku percaya diri", "Aku mampu mengatasi masalah ini". Dengan demikian, Anda menyuapi otak Anda dengan gizi positif. 

Isilah otak Anda dengan pikiran positif. Pikirkan kelebihan-kelebihan yang dianugerahkan Tuhan kepada Anda. Amati dan rasakan kelebihan itu, tanamkan rasa syukur di dalamnya, dan diskusikan kelebihan-kelebihan Anda dengan diri Anda sendiri. Anda akan tersadar bahwa Anda ternyata lebih besar, lebih kuat, dan lebih indah dari sekedar menjadi masalah. Dengan begitu Anda bisa memisahkan diri Anda dari masalah.

Jangan jadi masalah, pisahkan diri kita dari masalah mengajarkan kita untuk fokus pada solusi dari masalah yang dihadapi. Misalkan ada orang yang tidak memiliki pekerjaan, daripada mengeluh dan menyalahkan orang lain bahkan Pemerintah karena sulitnya mencari kerja, lebih baik jika ia melakukan apa saja yang bisa dilakukan dan berusaha meningkatkan keahlian di bidangnya sehingga peluang kerja terbuka lebar. Jangan jadi masalah, jadilah solusi atas setiap keadaan.


EmoticonEmoticon