Jumat, 20 Maret 2020

Hidup Tak Semudah Motivasi Dan Tak Seindah Kata Mutiara


ydhartono.com - Pernahkah Anda mendengar kata-kata seperti judul di atas, ungkapan seperti itu banyak kita temui di media sosial dan forum online. Memang benar hidup tak semudah motivasi dan tak seindah kata mutiara.

Apakah Anda mau hidup hanya bergantung pada motivasi dan kata mutiara?

Motivasi dan kata mutiara hanya sebagian kecil referensi yang bisa anda gunakan, bahkan tak akan berpengaruh terhadap hidup Anda. Hidup Anda tergantung pada diri Anda sendiri.

Sebagai orang yang beragama kita selalu berpedoman pada kitab suci yang kebenarannya tidak diragukan lagi. Apakah dengan kitab suci hidup semua orang menjadi mudah dan indah, harusnya seperti itu. Kenyataan yang ada banyak orang-orang beragama yang masih mengeluhkan hidupnya.

Mengapa itu bisa terjadi?

Karena mereka tidak melakukan apa yang ada dalam kitab suci mereka. Kitab suci itu sangat penting, tapi yang Anda lakukan lebih penting. Begitu juga dengan motivasi dan kata mutiara.

Baca juga: 100+ Kata Mutiara Kehidupan Penuh Makna dan Inspirasi

Motivasi dan kata mutiara tidak akan merubah Anda, tetapi dapat digunakan sebagai referensi terhadap apa yang akan Anda lakukan. Memang sekarang banyak motivator-motivator dan pelatihan yang hanya memberikan kata-kata manis, sebenarnya mereka menjual kata-kata dan hanya menginginkan uang Anda.

Mereka menjadikan bisnis yang menipu. Tidak menjadi persoalan bila kita harus membayar sejumlah uang yang besar, misal 50 juta untuk sebuah seminar atau pelatihan. Tetapi Anda harus mendapatkan manfaat yang sepadan.

Bagus kita mengikuti seminar dan pelatihan, tapi Anda harus pilih-pilih. Kebanyakan pelatihan dan seminar hanya mengutip kata-kata pelatih profesional lalu diubah dengan  versi mereka sendiri dan di tambah marketing yang bombastis. Yang kemudian menjadi masalah adalah nilai dari seminar dan pelatihan tidak sepadan dengan nilai uang yang dikeluarkan.

Walaupun banyak seminar atau pelatihan yang buruk, mengikuti seminar dan pelatihan adalah sangat penting untuk Anda. Untuk itu kita harus mencari informasi yang jelas sebelumnya. Carilah seminar dan pelatihan yang memberikan langkah-langkah konkret yang bisa dilakukan dalam kehidupan Anda. Langkah yang spesifik bukan hanya anjuran atau saran. Membaca buku-buku untuk mengembangkan diri juga tidak kalah penting. Mempunyai banyak referensi sangat membantu kehidupan Anda.

Banyak motivator di luar sana memberikan motivasi dan Anda pun termotivasi, tapi carilah motivasi kehidupan Anda versi anda sendiri dan jadilah motivator terbaik untuk diri Anda sendiri. Sejatinya kehidupan ini tentang diri kita sendiri.

Tuhan menciptakan setiap orang sebagai pemimpin atas dirinya sendiri dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Bila kehidupan tak mudah dan indah itu tanggung jawab Anda, jangan mengkambing hitamkan motivasi apalagi kata mutiara.

Apa yang Anda lakukan dari pelajaran motivasi dan kata mutiara itulah  yang dapat merubah kehidupan Anda. Motivasi dan kata mutiara juga tak selamanya benar, karena hanya ucapan manusia. Maka kita harus belajar dan belajar.


EmoticonEmoticon