Jumat, 20 Maret 2020

Cara Menjadi Orang yang Lebih Baik Hari Esok


ydhartono.com - Dengan mengembangkan diri kita sendiri, dunia menjadi lebih baik. Jangan takut tumbuh terlalu terlambat. Kita hanya boleh takut apabila berdiri diam tanpa gerak.

Lupakan semua kesalahan, tetapi ingat apa yang diajarkan oleh kesalahan tersebut. Jadi, bagaimana cara kita untuk menjadi lebih baik esok? Dengan menjadi orang yang lebih baik hari ini.

Rahasia dari kesuksesan dapat ditemukan dalam agenda harian. Berikut beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk tetap tumbuh. 

Pelajari Keahlian Anda Hari Ini 


Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 25 tahun yang lalu. Waktu terbaik kedua adalah hari ini. Tidak ada waktu selain hari ini untuk menjadi seorang pakar di bidang keahlian Anda. Mungkin Anda berharap andai saja Anda telah memulai jauh hari sebelumnya. Atau mungkin Anda berharap andai saja menemukan guru atau pembimbing yang lebih baik bertahun-tahun yang lalu.

Tidak ada satu pun dari hal itu yang penting. Menengok ke belakang dan menyesali diri tidak akan membantu Anda maju ke depan. Saat ini, Anda mungkin tidak berada di tempat Anda seharusnya berada.

Anda mungkin bukan orang yang seharusnya Anda inginkan. Anda tidak harus menjadi seseorang yang seperti biasanya. Anda pun tidak harus sampai. Anda hanya perlu belajar untuk menjadi yang sebaik yang mungkin saat ini.

Seperti dikatakan Napoleon Hill, “Anda tidak dapat mengubah tempat Anda memulai, tetapi Anda dapat mengubah arah yang Anda tuju. Yang penting bukan apa yang akan Anda lakukan, melainkan apa yang sedang Anda lakukan”. 

Bicarakan Keahlian Anda Hari Ini 


Begitu anda mencapai tingkat kecakapan tertentu dalam keahlian Anda, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda sendiri adalah membicarakan keahlian Anda itu dengan orang lain di tingkat sama atau yang lebih tinggi daripada Anda.

Banyak orang yang melakukan hal ini secara alamiah. Pemain gitar berbicara tentang gitar. Orang tua berbicara tentang membesarkan anak. Mereka melakukannya karena hal itu menyenangkan, membakar hasrat mereka, mengajarkan keterampilan dan wawasan baru kepada mereka, dan mempersiapkan mereka untuk mengambil tindakan baru.

Berbicara kepada orang-orang sebanding adalah sesuatu yang menyenangkan, tetapi jika Anda mengerahkan upaya untuk membicarakan keahlian Anda secara strategis dengan mereka yang berada di depan Anda dalam hal pengalaman dan keterampilan, maka Anda benar-benar kehilangan kesempatan untuk belajar. 

Praktikkan keahlian Anda hari ini 


Satu-satunya cara untuk berkembang adalah mempraktikkan keahlian Anda hingga mengenalnya luar dalam. Pertama-tama, Anda tahu apa yang menurut Anda harus dilakukan. Semakin banyak Anda mempraktikkan keahlian Anda, semakin banyak yang Anda ketahui.

Namun, setelah Anda melakukan lebih banyak hal, Anda juga akan menemukan lebih banyak tentang apa yang seharusnya Anda lakukan dengan cara berbeda.

Pada saat itu, Anda harus membuat keputusan! Apakah Anda akan melakukan apa yang seharusnya selalu Anda lakukan, atau apakah Anda akan berupaya untuk melakukan lebih banyak daripada yang menurut Anda harus Anda lakukan? Satu-satunya cara bagi Anda untuk berkembang adalah keluar dari zona kenyamanan Anda dan mencoba hal baru.

Tetapi ingat, keluar zona nyaman bukan berarti Anda harus berhenti bekerja dan melakukan hal-hal baru atau pekerjaan baru. Hidup ini butuh makan, dan keperluannya lainnya, jangan sampai alih-alih ingin keluar zona nyaman tapi malah tidak menghasilkan apa pun. Tetap realistik.


EmoticonEmoticon