Minggu, 22 Maret 2020

6 Cara Sederhana untuk Menambah Gairah Hidup


ydhartono.com - Pernahkah Anda merasa jenuh, pikiran rasanya mampet, bosan dengan rutinitas sehari-hari yang begitu-begitu saja. Lakukanlah enam aktivitas sederhana ini untuk membuat hidup Anda lebih bergairah.

1. Liburan 90 Hari


Setiap 90 hari rencanakan liburan pribadi untuk diri Anda bersama pasangan atau orang-orang yang tersayang. Tak perlu ke Raja Ampat atau Lombok, tujuannya bukanlah seberapa jauh Anda berjalan tetapi seberapa jauh Anda berlibur. Perbedaan yang diukur bukanlah jumlah kilometer yang Anda tempuh, melainkan seberapa jauh Anda secara mental bisa mematahkan monotonnya rutinitas demi bisa bersantai dan menyegarkan diri.

2. Tur Restoran atau Tempat Makan


Jadikan malam-malam kencan Anda sebagai perjalanan ke restoran baru sekali dalam seminggu. Kalau perlu cari menu makanan yang tidak biasa Anda nikmati. Coba menu-menu baru dan tempat baru. Tujuan tur tempat makan ini adalah untuk mendapatkan pengalaman bersantap yang baru.

3. Pengalaman Menonton Pertunjukkan atau Pertandingan Olah Raga


Apa yang ada di kota Anda akhir pekan ini? Apakah ada pertunjukkan atau pementasan yang bisa Anda lihat? Apakah ada pameran atau pagelaran baru? Terlepas dari fakta bahwa banyak dari kita suka menonton film di bioskop, pertandingan olah raga, atau pertunjukkan teater, sebagian besar dari kita jarang melakukannya. Biasakan diri mencari hal-hal yang bisa Anda saksikan dan puji.

4. Petualangan Perjalanan


Apakah Anda memiliki daftar lima puluh tujuan teratas yang ingin Anda datangi dalam kehidupan? Apakah Anda secara aktif menjalani daftar itu atau setidaknya salah satunya per tahun? Jika tidak, lakukanlah. Berjalan-jalan adalah salah satu cara terpasti untuk memperkenalkan kebaruan, keterlibatan, dan gairah yang sehat ke dalam kehidupan. Usahakan menabung uang dan mengalokasikan waktu libur supaya Anda mampu mewujudkan petualangan-petualangan itu. Aturan utama adalah mengamati ketika mengunjungi tempat-tempat baru: melakukan hal baru. Jangan sekedar tinggal di penginapan atau hotel, keluarlah dan bergeraklah dan carilah petualangan.

5. Memperluas Lingkaran Teman Anda


Berteman sangatlah penting bagi kita di kala muda, tapi seiring bertambahnya usia kita terlalu sibuk urusan pribadi dan pekerjaan. Namun, persahabatan dan lingkungan teman Anda adalah pengaruh eksternal terpenting dalam menentukan kebahagiaan (selain hubungan dekat Anda). Seriuslah dalam memperluas lingkaran teman Anda dengan pergi ke penggalangan dana, komunitas olah raga, dan acara-acara lainnya. 

6. Pengembangan Keterampilan


Sepuluh keterampilan apa yang harus Anda kembangkan tahun ini? Seberapa aktif Anda saat ini dalam mengejar dan mengupayakan penguasaan terhadap sesuatu, seperti menulis, berbicara, menyanyi, memasak, programming, memimpin, bermain bola, atau keterampilan artristik, atletik, atau profesional lain? Carilah hal baru untuk dipelajari, nikmatilah proses belajarnya.

Semua itu hanya sedikit ide yang bisa dilakukan. Tapi sudah cukup untuk membuat hidup Anda lebih bergairah.


EmoticonEmoticon