Sabtu, 21 Maret 2020

5 Cara Memelihara Sikap Ceria dan Optimis


Menjalani kehidupan ini kita harus selalu ceria dan optimis, namun kenyataannya cobaan datang silih berganti sehingga rasa ceria dan optimis itu hilang digantikan dengan pikiran negatif seperti murung dan pesimis. Untuk itu, penting menjaga perasaan ceria dan optimis dalam kondisi apapun. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan.

1. Beri diri Anda kata-kata yang merangsang semangat

Siapa yang memberikan motivasi kepada Anda? Anda sendiri! Anda harus mengilhami diri sendiri dan menjadi pendorong diri sendiri. Jika Anda memerlukan orang lain untuk memberi Anda semangat yang membuat jiwa Anda terisi dengan api yang berkobar-kobar, antusiasme, dan dorongan maka tidak akan bisa menjadi orang besar. Berilah diri Anda sendiri motivasi, Anda adalah motivator terbaik untuk Anda.

2. Bergaullah dengan orang yang antusias dan optimis

Sebagian dari antusiasme mereka akan menulari Anda. Dimana pun Anda, bergaullah dengan orang-orang yang antusias dan optimis, dan hindari bergaul dengan para penyedot semangat yang selalu mengeluhkan kehidupannya. Para penyedot semangat akan sangat senang mempunyai teman seperti mereka, maka hindarilah penyedot semangat.

3. Bacalah buku dan informasi tentang berpikir positif untuk mengobarkan antusiasme Anda

Pada zaman sekarang sulit sekali berpikir positif ketika surat kabar, media online, dan berita TV penuh dengan laporan tentang kejahatan, pencemaran, pembunuhan, pemfitnahan, dan kemiskinan. Tetapi Anda bisa menggunakan sebagian dari waktu yang senggang Anda untuk membaca buku dan informasi  mengenai berpikir positif, berpikir maju, dan membantu diri sendiri, yang menunjukkan kepada Anda bagaimana cara meningkatkan diri sendiri dan mendapatkan yang lebih banyak dari kehidupan.

4. Bersikaplah antusias tentang pekerjaan Anda

Nikmatilah pekerjaan dan tingkatkan kompetensi Anda. Walaupun anda tidak bekerja di bidang yang hebat, lakukanlah pekerjaan Anda dengan hebat.

5. Berikanlah yang terbaik untuk semua orang di sekitar Anda.

Sikap kontribusi membuat kita merasa ceria dan bahagia. Jangan mengharap sikap ceria dan bahagia dari orang lain, tetapi Andalah yang harus menciptakannya. Dengan sikap ceria dan optimis yang Anda berikan ke semua orang. Anda akan selalu merasa lebih ceria dan optimis, apa yang Anda berikan pada dunia akan kembali pada Anda.

Disarikan dari James K, Van Fleet, "21 Days to Unlimited Power with people"


EmoticonEmoticon