Kamis, 26 Maret 2020

10 Hal Terburuk Dalam Penggunaan Waktu


ydhartono.com - Dalam hidup kita selalu berdampingan dengan waktu, waktu bisa juga didefinisikan sebagai kehidupan. Setiap manusia memiliki jatah waktu yang setiap harinya terus berkurang. Alangkah baiknya waktu yang tersisa kita gunakan untuk hal yang baik, bukan hal-hal buruk.

Namun tanpa disadari, sebagian besar orang menghabiskan waktunya untuk hal yang buruk dan semua itu dilakukan tanpa disadarinya. Padahal jika dipikir lebih dalam, kita hanya memiliki satu waktu, dan jika waktu itu tidak diisi dengan hal yang baik, berarti diisi dengan hal yang buruk.

Berikut ini adalah contoh penggunaan waktu yang buruk dikutip dari "Career Succes Withaout a Real Job", karya Erni J. Zelinski. Mungkin saja kita melakukannya!

  1. Melakukan apa yang dilakukan orang lain.
  2. Mengeluh kondisi kehidupan dan memperdebatkan mengapa kita menjadi korban.
  3. Mengkritik orang lain, khususnya mereka yang kaya dan sukses.
  4. Menonton televisi
  5. Bergosip dan mengobrol di telepon
  6. Melakukan hal-hal yang diminta orang lain, tetapi tidak ingin Anda lakukan.
  7. Menyesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan.
  8. Berbelanja dan membeli hal-hal yang tidak mampu Anda biayai.
  9. Mengerjakan hal-hal yang tidak Anda sukai atau tidak mahir Anda lakukan.
  10. Bekerja pada pekerjaan yang buruk.

Apakah kita melakukan aktivitas penggunaan waktu yang buruk di atas. Jika "Ya" sebaiknya kita mengganti aktivitas tersebut dengan hal lain yang lebih bermanfaat.

Saya sebagai penulis artikel ini pun tercengang, bahwa banyak hal buruk yang saya lakukan. Salah satunya adalah pada point 8, saya sering berbelanja hal-hal yang tidak saya butuhkan, atau uang saya tidak saya alokasikan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dan lebih saya butuhkan.

Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini, kita dapat mengintrospeksi diri sehingga dapat menggunakan waktu lebih baik lagi.


EmoticonEmoticon