Monday, June 10, 2019

Ciri-Ciri Orang Dengan Kepribadian Positif, Anda Punya?

Memiliki kepribadian positif pasti disukai banyak orang, berbeda dengan kepribadian negatif yang malah dijauhi orang. Untuk itu sangat penting bagi kita memiliki kepribadian yang positif. Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa kita atau seseorang memiliki kepribadian yang positif, caranya dengan memperhatikan ciri-cirinya yang akan di jelaskan di bawah ini.


Ciri Kepribadian Positif


#1 Beriman dan bertawakal kepada Allah


Orang dengan kepribadian positif selalu beriman dan bertawakal kepada Allah serta meminta pertolongannya di setiap waktu. Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah, "Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad maka tawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tawakal kepada-Nya." (QS. Ali 'Imran: 159)

#2 Nilai-nilai luhur


Pribadi sukses hidup dengan nilai-nilai luhur, apa pun yang terjadi ia akan selalu menjauh dari perilaku negatif, seperti memfitnah, mengeluh, berbohong, curang, menggunjing, merokok, mengkonsumsi alkohol serta hal-hal negatif lainnya yang merusak kesehatan serta menjauhkan diri dari Allah.

Pribadi yang sukses memiliki sifat jujur, menyukai kebaikan, murah hati, bergantung kepada Allah, meneladani Rasulullah dan orang-orang yang soleh.

#3 Cara pandang yang jelas


Orang dengan kepribadian positif tahu betul apa yang diinginkan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Ia juga tahu alasan menginginkan sesuatu, kapan menginginkannya, dan bagaimana cara mendapatkannya. Ia mengerahkan seluruh potensi dan tenaga untuk mencapainya. Ia selalu merencanakan aktivitasnya dengan fleksibel.

#4 Keyakinan dan proyeksi positif


Pribadi positif mengerti akan adanya kekuatan hukum keyakinan dan prediksi. Ia menyadari sepenuhnya bahwa segala sesuatu yang diyakini dan diproyeksikan mewujud sesuai dengan keyakinan dan proyeksi itu. Hal ini terkait erat dengan iman kepada Allah dan dengan pengetahuan bahwa Allah tidak menyiakan pahala bagi orang yang berbuat baik.

#5 Mencari solusi atas setiap masalah


Pribadi positif tahu betul kekuatan hukum konsentrasi dan cara mengesampingkan hal-hal lain agar tetap fokus pada sesuatu yang akan dicapainya. Karena itu, ia menyiapkan konsentrasi pada berbagai kemungkinan jalan keluar.

Ia tahu bahwa dalam setiap masalah terdapat solusi, ia mengetahui bahwa setiap masalah ada solusi spiritual. Ia menghadapi masalah dengan tenang yang dipahami secara positif.

#6 Belajar dari masalah


Pribadi positif tidak hanya fokus pada pemecahan masalah, namun ia juga belajar dari setiap masalah yang ada. Pelajaran itu akan digunakan untuk merencanakan masa depan, ia mengolah masalah menjadi keahlian, keterampilan, dan pengalaman yang dapat diandalkan.

#7 Tidak membiarkan masalah dan kesulitan mempengaruhi kehidupannya


Ada 7  aspek kehidupan yang utama, yaitu spiritual, kesehatan, individual, keluarga, sosial, karir, dan finansial. Ketika menghadapi masalah keuangan atau karir, orang dengan kepribadian positif tidak akan rela membiarkan masalah tersebut mempengaruhi aspek kehidupan yang lain.

Ia menyikapi segala masalah dengan wajar dan tidak berlebihan. Oleh karena itu, orang dengan kepribadian positif hidupnya menyenangkan dan selalu dapat menemukan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi.

#8 Percaya diri, menyukai perubahan, dan berani menghadapi tantangan


Pribadi yang positif tahu betul bahwa perubahan adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari. Karena tahu tujuan yang diinginkan, pribadi positif menyusun rencana berdasarkan segala kemungkinan, kemudian direalisasikan dalam tindakan nyata. Ia juga melakukan evaluasi dan memperbaiki apa yang telah dilakukan.

#9 Hidup dengan cita-cita, perjuangan, dan kesabaran


Pribadi positif mengetahui bahwa hidup tanpa cita-cita pasti akan terasa sempit. Tanpa cita0cita kita akan hilang ditelan gelombang kesulitan, masalah, perasaan dan pikiran negatif, serta berbagai penyakit fisik dan jiwa.

Pribadi positif tahu bahwa cita-cita adalah pondasi  kemajuan. Tanpa cita-cita segala sesuatu akan terhenti. Tanpa perjuangan dan perbuatan, kesuksesan tidak akan pernah terjadi. Oleh karena itu pribadi positif selalu berusaha keras dalam mengejar cita-cita dan menghadapi tantangan kehidupan.

#10 Pandai bergaul dan suka membantu orang lain


Pribadi positif suka bergaul dengan siapa saja dan ia disukai oleh banyak orang. Pribadi positif menyukai cara-cara positif, seperti menghormati orang lain sehingga mudah diterima, dan juga tidak pernah menguasai orang lain. Ia menyukai orang lain serta membantunya. Tangannya ringan bergerak untuk membantu siapa saja, bantuan materi, waktu dan ilmu.

Sejatinya masih banyak sifat-sifat lainnya yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian positif. Tentu saja sifat-sifat itu membantu dan memiliki peranan yang penting untuk mendukung kemajuan dan kesuksesan dalam setiap aspek kehidupan. Mari kita berusaha menjadi pribadi yang positif, yang akan memudahkan jalan dalam mencapai kebahagiaan dan kesuksesan. (Artikel ini disarikan dari "Terapi Berpikir Positif")

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon