Rabu, 06 Maret 2019

Usaha Cocok Untuk Mahasiswa Buat Nambah Uang Jajan


Sebagian besar mahasiswa mempunyai uang dari pemberian orangtua, sebenarnya ini bukanlah masalah. Wajar saja bagi mahasiswa mendapatkan uang dari orang tua, baik itu untuk jajan maupun untuk kuliah.

Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua orangtua adalah orang yang mampu, mungkin saja mereka hanya mampu untuk membayar kuliah saja tanpa memberi uang jajan, atau uang kos. Bagi mahasiswa yang sungguh-sungguh ingin kuliah, tidak adanya uang dari orang tua bukanlah masalah, ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari jalan-jalan yang lain, seperti mendapatkan beasiswa, membuka usaha atau kerja sampingan.

Ada mahasiswa yang mendapatkan uang saku banyak dari orangtuanya tetapi mereka tetap mencari uang sendiri, entah untuk sekedar menambah uang jajan, atau memang mencari uang sangat menyenangkan bagi mereka.

Untuk mencari uang ketika masih kuliah memang membutuhkan tenaga ekstra, karena selain fokus belajar mahasiswa juga harus memikirkan dan mengerjakan usahanya atau bekerja. Berikut ini adalah jenis usaha atau pekerjaan yang cocok bagi mahasiswa.

Bisnis Online

Bisnis online sangat cocok bagi mahasiswa, terbukti sudah banyak mahasiswa yang mampu menambah uang jajan bahkan membiayai kuliahnya sendiri dari berjualan online. Mahasiswa dapat jualan online di Bukalapak, Tokopedia, Lazada, atau OLX.

Mengapa jualan online sangat cocok bagi mahasiswa? Karena jualan online tidak membutuhkan uang banyak, selain itu waktunya juga fleksibel. Untuk memulainya bisa menjadi reseller atau dropshipper. Bisa juga menjual buku-buku bekas yang masih bernilai secara online, misalnya menjual di Bukalapak.

Jualan Pulsa

Ini juga sangat cocok untuk mahasiswa, karena pulsa saat ini banyak sekali orang yang membutuhkan, terus jualan pulsa gak butuh sewa tempat, modal pun sangat minimal, hanya dengan 100 ribu sudah bisa jualan pulsa.

Untung jualan pulsa memang kecil yaitu 1000-2000 rupiah setiap transaksi. Walaupaun kecil jika transaksinya banyak lumayan juga, misalnya mampu transaksi 10 kali sehari. Berarti untung kurang lebih 15 ribu/hari atau 450 ribu  sebulan. Lumayan kan..!

Jualan Barang Langsung

Untuk yang satu ini harus jeli melihat peluang, apakah memang barang yang dijual memang dibutuhkan atau diinginkan banyak orang. Jika menyetok barang, sangat beresiko jika barang tidak laku bagaimana? Hal ini bisa saja terjadi, karena sebagai mahasiswa fokus utama adalah belajar bukan jualan. Untuk meminimalkan resiko, bisa menawarkan terlebih dahulu barang yang akan dijual, kalau ada yang pesan baru beli barang tersebut.

Jika ada barang yang tidak terpakai baik milik sendiri atau milik teman bisa dijual. Lumayan daripada mangkrak gak kepakai.

Menjual Keahlian 

Sebagai mahasiswa tentunya memiliki keahlian yang bisa dijual. Misalnya mereka yang kuliah jurusan komputer bisa menawarkan jasa pengetikan, print, atau cetak foto. Kuliah jurusan desain bisa menjual jasa desain logo, desain rumah dan masih banyak lagi.

Menjual keahlian tidak perlu sesuai jurusan, karena banyak orang yang memiliki keahlian diluar jurusan kuliah yang diambil. Misalnya kuliah jurusan hukum, tetapi jago menulis, bisa menjual jasa menulis artikel.

Menjual keahlian sangat minim modal, juga resiko bangkrut. Modal utama adalah rasa percaya diri, percaya bahwa memiliki kemampuan yang memadai untuk dijual. Coba saja,, siapa tau apa yang diusahakan bisa menjadi bekal kesuksesan ketika lulus kuliah.

Membuka Usaha 

Ini membutuhkan modal dan waktu yang ekstra, membuka usaha memerlukan beberapa uang untuk memulainya. Misalnya ingin buka usaha pecel lele, perlu modal lokasi, tenda atau ruko, belum lagi modal bahan makanan dan bumbu-bumbu. Usaha seperti ini juga membutuhkan waktu karena tidak fleksibel seperti jualan online.

Bekerja Sampingan

Jika mempunyai waktu luang lebih, atau jam kuliah yang longgar, menjadi karyawan bisa jadi pilihan. Namun cukup sulit untuk mendapatkan pekerjaan ketika masih kuliah, karena kebanyakan perusahaan jarang yang mau mempekerjakan mahasiswa. Namun jangan khawatir, jika berusaha pasti ada peluang, seperti bekerja menjaga toko, atau jaga konter.

Itu adalah beberapa jenis usaha atau pekerjaan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang ketika kuliah. Salah hal yang terpenting adalah jangan sampai usaha anda ketika mencari uang membuat Anda mengesampingkan kuliah. Belajar adalah fokus utama.


EmoticonEmoticon