Wednesday, December 5, 2018

Kekurangan HP Xiaomi Paling Fatal [Pengalaman Pribadi]

Alasan Saya Membeli HP Xiaomi


Xiaomi adalah perusahaan Teknologi dari China, tidak hanya memproduksi ponsel, Xiaomi juga menjual berbagai produk lain seperti TV, laptop, tas, dan masih banyak yang lainnya. Saya sudah cukup lama mengetahui bahwa Xiaomi adalah produsen HP dengan harga yang murah, namun saya baru membeli HP Xiaomi pada tahun 2018, yaitu Xiaomi Redmi Note 5A.

Saya membeli HP tersebut karena pada waktu itu Xiaomi Redmi Note 5A adalah produk yang menurut saya murah, karena dengan harga sekitar 1,5 juta sudah mendapatkan HP layar 5,5 inches, Chipset Qualcomm Snapdragon 425, RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Selain itu saya membeli Redmi Note 5A karena desainnya yang menurut saya sudah keren dengan harga segitu.

Jadi alasan utama saya membeli HP Xiaomi adalah spesifikasi lumayan dengan harga yang murah jika dibandingkan dengan merk lainnya. Spesifikasi yang menjadi pertimbangan saya adalah yang memberikan kinerja optimal. Saya tidak terlalu memikirkan kualitas kamera.

Ketika pertama kali menggunakan Redmi Note 5A saya sangat puas, ya.. artinya lumayan lah. Dengan harga segitu sudah mendapatkan HP yang bisa mengakomodasi browsing, game ringan, dan maen media sosial.

Kekurangan HP Xiaomi Paling Fatal


Setiap HP memiliki kelebihan dan kekurangan, apa lagi jika harganya murah. Sangat wajar jika memiliki kekurangan. Yang paling penting adalah apakah kekurangan itu adalah sesuatu yang besar atau hanya hal sepele, misalnya body yang licin dan mudah nempel sidik jari.

Kalau untuk melihat apa saja kekurangan suatu merk, itu tidak mudah untuk dijelaskan karena mereka memiliki banyak sekali produk, dimana produk tersebut memiliki fokus yang berbeda-beda. Misalnya kamera biasa, namun kinerjanya cepat, ada juga kinerjanya bagus, kameranya apa adanya. Itu masih dalam satu merk Smartphone lho...

Intinya ada harga, ada kualitas. Namun ini tidak selamanya benar, ada juga harga mahal kualitas buruk. Untuk itu harus pandai-pandai memilih merk smartphone. Tapi sebagian besar merk besar sudah memiliki kualitas yang bagus, tentu saja ini disesuaikan dengan harganya.

Oleh karena itu wajar saja jika saya membeli Xiaomi Redmi Note 5A memiliki banyak kekurangan seperti kamera yang biasa saja, serta kualitas body juga biasa. Ini sangat wajar toh harganya terjangkau. Dan saya pun sangat nyaman menggunakan HP tersebut karena lancar-lancar saja.   

Namun belakangan ini saya kok merasa kurang srek sama HP Xiaomi, ternyata dalam HP Xiaomi ada iklannya. Wahhh.. kok gini amat ya.. apalagi iklan muncul di aplikasi yang saya pikir sangat penting. seperti file manager, dan aplikasi pembersih, dan juga pemutar musik.

Bagi saya munculnya iklan dalam HP Xiaomi adalah kesalahan fatal, banyak orang yang tidak suka dengan adanya iklan-iklan seperti itu, yang pada akhirnya ganti Hp dengan merk lain.

Saya tidak sadar kapan HP Xiaomi mulai ada iklannya, apakah mulai dari pertama kali saya beli atau baru-baru ini saja. Apakah iklan-iklan tersebut mengganggu kinerja HP saya tidak mengerti, yang pasti adanya iklan dalam HP Xiaomi sangat mengganggu saya ketika menggunakannya.

Ada dimana saja iklan di HP Xiaomi Bermunculan


1. File Manager

Aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat penting bagi sebuah smartphone, menurut saya semua smartphone wajib memiliki aplikasi manager file. Aplikasi ini banyak sekali di playstore, namun dari kebanyakan dari aplikasi tersebut menampilkan iklan. Itu wajar saja karena pembuat aplikasi tersebut ingin mendapatkan keuntungan dari tayangan iklan. Ada juga yang tidak menampilkan iklan, tetapi harus membeli aplikasi tersebut agar bisa dipakai.


Tapi sebenarnya kita tidak perlu menambah atau mendownload lagi aplikasi File Manager karena hampir setiap smartphone sudah menyediakannya. Hal ini juga dilakukan oleh Xiaomi yang sudah menanamkan aplikasi File Manager di android ciptaannya.

Aplikasi File Manager bawaan Xiaomi menurut saya cukup bagus, lengkap dan mudah dipakai. Namun cukup disayangkan, aplikasi tersebut menampilkan iklan yang mengganggu sehingga membuat aplikasi tersebut tidak nyaman lagi digunakan.

2. Musik

Setiap HP wajib memiliki aplikasi pemutar musik, hp bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi, tetapi sudah menjadi media hiburan yang lengkap seperti musik dan video. Oleh karena itu tersedianya aplikasi pemutar musik yang bagus adalah hal penting bagi sebuah smartphone.


Sayang, Xiaomi memasang iklan pada aplikasi pemutar musiknya. Saya sendiri sering mendengarkan musik lewat hp ketika menunggu atau perjalanan jauh sebelum menggunakan Redmi Note 5A. Mendengarkan musik lewat HP lebih praktis, karena tidak perlu membawa MP3 player.

Namun sayang seribu kali sayang, sejak ada iklan pada pemutar musik di hp Xiaomi yang saya pakai. Pengalaman yang menyenangkan mendengarkan musik lewat HP langsung hilang, yang ada malahan "jengkel".

Saya gak habis pikir, kenapa Xiaomi mencari keuntungan dengan mengganggu kenyamanan ketika menggunakan produknya. Bukannya semua merk hp berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang nyaman dipakai, tapi Xiaomi malah melakukan yang sebaliknya, yaitu mengganggu kenyamanan pengguna.

3. Aplikasi Pintasan di Home Screen

Ini adalah menu khas dari OS MIUI, menu ini sangat bagus dan membantu sekali untuk mengakses beberapa aplikasi yang dibutuhkan dengan cepat. Aplikasi yang sering kita pakai bisa kita taruh di menu ini, sehingga ketika menggunakannya tidak perlu repot-repot mencarinya.


Tapi, lagi-lagi sayang seribu kali sayang. Menu yang bagus ini dan merupakan salah satu kelebihan dari MIUI dicemari dengan adanya iklan. Saya sendiri jadi ill feel kalau sudah melihat iklannya.

4. Browser

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi penting bagi sebuah smartphone. Browser digunakan untuk menjelajahi dunia maya, atau melakukan aktivitas internetan lainnya. Pada hp Xiaomi, sudah ada browser bawaan. Namun cukup disayangkan, browser tersebut banyak menampilkan iklan.


Kalau iklan di browser saya tidak terlalu mempermasalahkan. Karena saya tidak suka dengan browser bawaan Xiaomi tersebut. Saya lebih suka menggunakan browser Chrome dari Google.
Kelebihan Google Chrome adalah tampilan yang sederhana dan mudah cara menggunakannya.

Itulah 4 bagian dari Hp Xiaomi yang menampilkan iklan, untuk iklan di bagian lainnya saya belum mengetahuinya. Jika Anda mengetahuinya silahkan komen dibawah ini.

Catatan:


Katanya iklan-iklan tersebut dapat dihilangkan, dengan melakukan sedikit settingan pada aplikasi yang menampilkan iklan tersebut. Namun saya sudah melakukan setting agar aplikasi tidak menampilkan iklan, dan itu berhasil.

Tetapi kadang-kadang iklan tersebut muncul lagi. Entah iklan itu bisa dihilangkan atau tidak, yang pasti Xiaomi telah melakukan kesalahan besar dengan menampilkan iklan pada Smartphone ciptaannya. Iklan-iklan tersebut sangat mengganggu kenyamanan, yah.. pokoknya gak banget deh, aplikasi bawaan ponsel di kasih tampilan iklan.

Sebaiknya Xiaomi harus menghilangkan iklan-iklan tersebut jika tidak mau ditinggal penggemarnya. Jika mengandalkan harga murah spek tinggi, saat ini pun sudah banyak merk hp yang mengeluarkan harga murah tapi spek tinggi, seperti Huawei, Meizu, dan Asus.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon