Senin, 31 Desember 2018

Investasi Reksa Dana, Semua Orang Bisa Melakukannya

Investasi Reksa Dana, Semua Orang Bisa Melakukannya
gambar: pixabay.com

Investasi bagi beberapa orang adalah hal yang asing, padahal investasi juga merupakan kebutuhan. Dari 10 teman yang saya tanyai mengenai investasi, hanya 1 orang yang tertarik dan mengetahui apa itu investasi. Sedangkan 9 teman saya yang lainnya tidak mengetahui apa itu investasi, dengan alasan investasi adalah sesuatu yang sulit dan tidak mungkin dilakukan.

Bagi kebanyakan orang, mereka berpikir bahwa investasi itu sulit. Investasi hanya untuk orang kaya, pebisnis, atau orang-orang kalangan atas. Padahal investasi dapat dilakukan oleh siapa saja, apakah Anda kayawan, buruh, mahasiswa, petani, PNS, dan pengusaha, siapa pun Anda bisa berinvestasi.

Apa itu investasi?


Berdasarkan materi Sekolah pasar Modal yang pernah saya ikuti, investasi adalah suatu aset yang dapat memberikan hasil investasi di kemudian hari. Tujuan investasi adalah untuk memperoleh keuntungan dari aset yang menjadi objek investasi.

Contoh:
  • Misalkan Anda berinvestasi properti dengan membeli rumah dengan harga 100 juta, kemudian 3 tahun kemudian Anda menjual rumah tersebut, dengan harga 150 juta. Jadi untung 50 juta dalam 3 tahun, kenaikan 50 juta inilah yang menjadi tujuan investasi.  

Itu adalah contoh investasi di bidang property. Bagi Anda yang hanya memiliki penghasilan pas-pasan, mungkin hanya bisa menyisihkan 500 ribu setiap bulannya, sangat sulit untuk berinvestasi di property, lalu jenis investasi apa yang bisa Anda lakukan? Apakah lebih baik ditabung di bank? Adakah investasi yang dimulai dari ratusan ribu rupiah?

Perbedaan investasi dan Menabung


Sebelumnya saya akan menjelaskan, bahwa menabung itu bukan investasi. Menabung hanya menyimpan uang di bank, dan tidak akan bertambah nilainya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah perbedaan antara Investasi dan Menabung.
INVESTASI
MENABUNG
Tujuan Memperoleh untung Menyimpan
Potensi Risiko Ada risiko Relatif tidak ada risiko
Jenis Transaksi Jual-beli Simpan-pinjam
Tempat Transaksi Pasar modal Perbankan

Dari tabel di atas sudah jelas bahwa menabung bukanlah sebuah investasi, menabung hanya menyimpan uang, tanpa memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan, serta menabung bisa dikatakan tidak memiliki risiko. Berbeda dengan investasi dimana tujuan utamanya adalah untuk memperoleh keuntungan, karena merupakan proses jual beli, bisa saja apa yang diinvestasikan menimbulkan kerugian.

Investasi Modal Ratusan Ribu


Jika Anda mengira untuk investasi membutuhkan modal puluhan hingga ratusan juta, itu tidaklah benar. Karena dengan ratusan ribu Anda sudah bisa berinvestasi, seperti investasi reksa dana.

Bukalapak merupakan situs jual beli online terbesar di Indonesia, saat ini telah memiliki layanan investasi reksa dana yang bernama BukaReksa. Jadi hanya dengan uang ratusan ribu, Anda sudah bisa melakukan investasi di BukaReksa. Transaksi di BukaReksa juga mudah dipahami, informasi lengkap yang disertai dengan grafik.

Untuk investasi reksa dana di BukaReksa, Anda harus terlebih dahulu mendaftar di Bukalapak. Setelah terdaftar di bukalapak, selanjutnya buka menu BukaReksa dan lengkapi data pribadi agar bisa bertransaksi.

Dengan investasi Reksa Dana Anda bisa mencapai berbagai tujuan, seperti menyiapkan uang sekolah anak, dana untuk menikah, dana untuk pensiun, atau untuk membeli barang impian Anda.

Misalkan Anda akan menyiapkan dana sekolah anak, dari pada di simpan di bank, lebih baik diinvestasikan di reksadana. Jika menyimpan di bank, uang Anda tidak akan bertambah, bahkan bisa terkena inflasi. Jika di investasikan di reksadana, jumlah uang akan bertambah sesuai dengan perkembangan reksadana tersebut.

Walaupun investasi reksa dana sangat mudah, namun Anda juga harus membekali dengan ilmu bagaimana cara berinvestasi yang benar, agar memperoleh keuntungan. Untuk mempelajari tentang investasi reksa dana Anda bisa mengunjungi BukaReview.


EmoticonEmoticon