Friday, November 23, 2018

Menciptakan Penghasilan Tambahan Dari Blog [Siapa Pun Anda]


Sebuah Pilihan Membuat Blog


Apakah sobat suka menulis? Apakah sobat mau menghabiskan sebagian waktu luang untuk menulis tentang hal-hal yang disukai? Jika jawabannya "iya", membangun blog adalah pilihan tepat untuk sobat.

Saat memulai sebuah blog, tidak masalah untuk memulainya dengan sebuah blog yang sederhana. Namun jika sobat ingin serius membangun blog yang sukses tidak direkomendasikan menggunakan layanan blog gratis seperti blogger.com atau wordpress.com atau layanan gratis lainnya.

Jika menggunakan layanan gratis seperti di atas, sobat tidak leluasa mengontrol blog sobat. Alih-alih melakukan hal tersebut, pilihlah penyedia layanan rendah biaya yang mengijinkan sobat untuk mengontrol sepenuhnya blog sobat. Salah satu yang terbaik yang sobat bisa pilih adalah layanan web hosting dari Hostinger.

Hostinger adalah salah satu layanan web terbaik di Indonesia dengan fitur unlimited serta free domain! Hosting Indonesia murah untuk membuat website dengan Disk Space & Bandwidth Unlimited serta Support 24/7.

Paket Web Hosting Hostinger
Gambar: hostinger.co.id

Dengan support maksimal dan harga yang terjangkau, Hostinger adalah pilihan terbaik untuk membuat blog yang sukses.

Blog Sebagai Penghasilan Tambahan


Banyak orang membuat blog dengan tujuan yang berbeda-beda, mulai hanya untuk berbagi ide dan pengalaman pribadi sampai dengan untuk mendapatkan penghasilan, bahkan sudah banyak orang yang menggantungkan pendapatannya dari blog.

Karena judul blog ini membahas tentang pendapatan dari blog, maka dalam saya lebih fokus pada hal tersebut. Fokus bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan uang tambahan bagi sobat.

Sebagai karyawan atau pekerja lainnya biasanya waktu kerja mulai dari jam 08.00-17.00 WIB, setelah itu adalah waktu luang yang dapat diisi dengan berbagai hal. Salah satu alternatif yang dapat dipilih adalah membuat sebuah blog.

Disela jam istirahat, misalnya malam hari jam 20.00-10.00 sobat bisa membuat artikel. Dengan kerja keras membangun blog yang berkualitas hingga dapat mendapatkan pengunjung yang banyak, maka blog sobat akan mendatangkan pundi-pundi rupiah, yang menambah penghasilan bahkan bisa dijadikan penghasilan utama sobat.

Bagaimana Alur Menciptakan Sebuah Blog


#1 Putuskan Anda ingin membuat blog
Dengan berbagai pertimbangan, blog bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghasilkan tambahan uang. Apalagi jika sobat adalah orang yang suka menulis, modal utama membuat blog sudah dimiliki. Tidak ada salahnya sobat membuat blog, karena tidak membutuhkan biaya besar, dan mengelola blog bisa dilakukan pada waktu senggang.

#2 Pilih topik/tema
Setelah memutuskan untuk membuat blog, sobat harus menentukan tema/topik blog. Hal ini sangat penting, jika sobat memilih topik yang sobat sukai dan kuasai, aktivitas ngeblog menjadi menyenangkan dan juga dapat menghasilkan konten berkualitas.

#3 Menentukan merk
Membuat merk akan membuat blog sobat bertahan lama, dan sangat baik untuk jangka panjang. Pencitraan merk menciptakan kehadiran yang unik bagi blog sobat dan membantu membedakan dari blog-blog lainnya. Merk yang tepat akan membuat pengunjung datang selalu ingat dengan blog sobat, yang pada akhirnya akan menjadi pembaca setia.

#4 Pilih penyedia dan perangkat lunak blog
Sebaiknya menggunakan wordpress.org karena sudah terbukti dan banyak digunakan oleh blogger profesional untuk mengelola blognya.

#5 Pilih domain dengan tepat
Perhatikan hal berikut ini untuk memilih domain yang tepat:
  • Pilih domain sesuai dengan Nama atau bisnis sobat
  • Pilih domain yang mudah diingat
  • Menggunakan Top Level Domain (TLD)
  • Hindari penambahan karakter
  • Beli domain di Registrar terpercaya

#6 Buat situs blog
Buat situs blog yang nyaman bagi pengunjung, mudah diakses dan kecepatan loading yang cepat. Jika sobat tidak mahir dalam hal ini, tidak masalah. Daripada sobat menghabiskan banyak waktu dan uang sobat bisa menggunakan jasa desain blog. Jadi sobat tinggal fokus membuat konten yang berkualitas.

#7 Monetisasi blog
Banyak hal yang dapat sobat lakukan untuk monetasi blog, berikut ini daftarnya:
  • Program Afiliasi, yaitu kita bekerja sama dengan sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk mereka baik berupa barang atau jasa dan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi.
  • Iklan Kontekstual, yaitu iklan yang tayang di blog kita, salah satu yang sangat populer adalah Google Adsense.
  • Menjual Produk, sobat bisa menggunakan blog untuk menawarkan produk sobat.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan


Jika sobat ingin menghasilkan uang dari blog, sangat penting untuk mengikuti petunjuk di bawah ini.

1. Membuat konten yang bernilai
Ini sangat penting sekali, sobat harus memiliki sesuatu untuk disampaikan kepada pembaca. Agar blog sobat dapat menarik perhatian dan jumlah pengunjung yang banyak, sobat harus memberikan sesuatu yang bernilai kepada pengunjung tersebut.

Saat ini jumlah website atau blog sudah banyak sekali, bisa jadi topik yang sobat tulis sudah banyak beredar di internet. Jika sobat membuat konten yang biasa-biasa saja, akan sulit bertahan dan mendapatkan pengunjung.

2. Berikan sesuatu yang unik
Agar blog sobat sukses, sebaiknya sobat menulis tentang sesuatu yang dikuasai dan disukai dan juga sesuatu yang tidak populer di dunia maya. Jika sobat menyukai topik gosip para artis, jika sobat tidak mempunyai akses kepada para artis, kemungkinan tulisan yang sobat buat tidak menawarkan sesuatu yang berbeda dari blog-blog lainnya.

Untuk itu, topik boleh sama tetapi sobat harus memberikan sesuatu yang unik, atau memberikan sudut pandang berbeda dari blog-blog lainnya sehingga blog sobat akan memiliki penggemar sendiri.

3. Pilih topik yang banyak dicari orang
Mungkin sobat memiliki kemampuan dan juga suka dengan "membuat baju dari kantong plastik" sehingga sobat memilih hal tersebut sebagai topik blog. Itu bukanlah hal yang salah, namun perlu diperhatikan apakah topik tersebut banyak dicari orang atau tidak. Jika tidak, tentu saja konten blog yang sobat buat tidak akan mendatangkan banyak pengunjung, dan pada akhirnya blog sobat tidak mendapatkan penghasilan.

Membahas tentang blog tidak cukup dengan hanya satu atau dua postingan saja, karena banyak hal yang harus dipelajari dan diketahui oleh sobat jika ingin sukses di dunia blog. Seperti membuat tampilan blog yang nyaman, loading yang cepat, artikel yang SEO, dan masih banyak lagi.

Namun saya rasa postingan ini dapat memberikan gambaran bagi sobat bahwa membangun blog yang sukses sangat bisa dilakukan. Memang menulis blog bukan pilihan yang tepat untuk semua orang, tetapi jika Sobat menyukainya, coba lakukan saja. Sobat tidak akan kehilangan apa-apa dan bisa mendapatkan banyak hal.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon