Monday, November 26, 2018

Cara Belanja di Shopee Via Indomaret [Pengalaman Pribadi]


Mengapa Saya Membayar Melalui Indomaret


Sebelumnya saya tidak mengetahui jika belanja di Shopee bisa melakukan pembayaran dengan Indomaret. Ketika saya berbelanja di Indomaret kemudian melakukan pembayaran di kasir, saya melihat ada orang belanja di Shopee dengan pembayaran via Indomaret, dari situlah saya tau bahwa di Shopee bisa berbelanja via Indomaret.

Belum lama ini saya membeli HP Xiaomi di Shopee, saya membelinya pada hari Minggu, biasanya saya melakukan dengan SMS Banking BNI dengan Virtual Account. Karena saldo tidak cukup, sedangkan kalau transfer langsung dari Bank, hari Minggu kan tutup.

Kemudian saya bertanya pada diri sendiri, "Bagaimana ya,, cara bayarnya?" Seketika saya ingat dengan orang yang belanja di Shopee menggunakan Indomaret. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pembayaran via Indomaret, bagaimana prosesnya? Berikut ini ulasannya.

Cara Bayar Belanja di Shopee Menggunakan Indomaret


#1 Cara transaksi di Shopee

Belanja di Shopee menggunakan Indomaret pada dasarnya sama dengan belanja menggunakan transfer Bank. Yang berbeda hanya pada proses pembayarannya saja, untuk pilihlah barang seperti biasanya kemudian pada metode pembayaran pilih Indomaret.

cara pembayaran shope pake indomaret

  1. Pilih barang yang akan dibeli
  2. Checkout
  3. Metode Pembayaran
  4. Pilih Indomaret
  5. Pilih Konfirmasi

kode pembayaran shopee via indomaret

Setelah melakukan langkah di atas, kemudian muncul kode pembayaran seperti gambar di atas, untuk lebih mudah screen shot aja (bagi saya). Nah kode tersebut yang akan kita tunjukkan ke kasir Indomaret untuk melakukan pembayaran.

#2 Cara pembayaran di Indomaret

Sebelum meluncur ke Indomaret sebaiknya persiapkan "kode pembayaran" dan juga uangnya. Menurut saya ini sangat penting, walaupun terlihat sepele mempersiapkan hal di atas dapat meminimalisir kesalahan transaksi, seperti jumlah uang yang kurang atau salah penyebutan kode pembayaran.

Ketika membayar di Indomaret bisa saja terjadi antrian di kasir, hal ini bisa membuat kita dan petugas Indomaret tidak konsentrasi. Untuk itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang saya lakukan ketika membayar di Indomaret.
  • Screen Shot kode pembayaran
  • Siapkan jumlah uang yang akan dibayarkan
  • Datang ke kasir Indomaret, bilang mau bayar Shopee dan tunjukkan screen shot kode pembayaran.
  • Petugas Indomaret mengkonfirmasi "nama" dan "jumlah transaksi".
  • Bila benar, lakukan pembayaran 
  • Jangan lupa minta struk pembayaran dan simpan.
  • Pesanan akan terverifikasi secara otomatis 

Tidak perlu menunggu lama (1-2 menit) pembayaran saya sudah masuk, dapat di cek di aplikasi Shopee.

Catatan: "Selalu simpan struk pembayaran sampai barang diterima, hal ini untuk jaga-jaga jika ada transaksi yang tidak benar, sehingga kita bisa komplain menggunakan struk tersebut atau jika pihak Shopee membutuhkan verifikasi lebih lanjut"

Kelebihan Membayar Pake Indomaret


Bagi saya, belanja online di Shopee dan membayar lewat indomaret lebih mudah dan aman daripada menggunakan transaksi lainnya. Lebih mudah karena transaksinya sederhana dan tidak perlu konfirmasi pembayaran. Selain itu banyak Indomaret di sekitar kita, jadi tidak perlu antri seperti membayar di Bank.

Membayar di Shopee lebih aman karena transaksinya mudah, tinggal tunjukkan kode dan lakukan pembayaran. Tidak seperti membayar lewat Bank atau ATM yang harus memasukkan no. rekening, dan jumlah pembayaran.

Selain itu, kelebihan utama belanja pake Indomaret adalah tidak memerlukan akun Bank atau akun keuangan lainnya, yang dibutuhkan hanya uang cash. Kita tahu bahwa tidak semua orang memiliki akun Bank, dengan adanya pembayaran lewat Indomaret lebih banyak orang bisa berbelanja online dengan mudah.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon