Sunday, September 2, 2018

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi Caesar

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi Caesar

Setiap orang pasti ingin melahirkan secara normal, namun karena suatu keadaan, maka seorang ibu tidak bisa melahirkan normal, dan alternatif yang dipilih adalah operasi caesar. Hal ini juga yang terjadi kepada istri saya yang ingin melahirkan secara normal, tetapi karena air ketuban tinggal sedikit, akhirnya dilakukan operasi caesar.

Alhamdulillah operasi caesar istri saya berjalan dengan baik, karena berjalan dengan lancar pada hari ke-3 setelah operasi istri saya diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Sebelum pulang kami diberikan informasi mengenai makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi setelah operasi caesar. Berdasarkan informasi tersebut, berikut ini adalah makanan yang baik dan yang kurang baik dikonsumsi setelah operasi caesar.

Makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi caesar


Berikut ini daftar makanan yang baik untuk dimakan setelah operasi caesar:
  • Makanan dalam bentuk lunak
  • Bubur nasi, oatmil, sereal, kentang rebus/pure kentang.
  • Daging merah, daging ayam, ikan, hati, susu, kedelai, kacang hijau, kacang mede, kacang tanah.
  • Sayur dan buah yang tidak mengandung gas, sayur berwarna hijau tua lebih utama (katuk, daun pepaya, bayam) 

Makanan yang kurang baik dikonsumsi setelah operasi caesar


Berikut ini adalah daftar makanan yang kurang baik dimakan setelah operasi caesar:
  • Makanan berbumbu tajam.
  • makanan dengan santan kental.
  • Minuman soda
  • Teh kental, kopi kental yang diminum bersama dengan obat.
  • Brokoli, kembang kol, daun singkong.
  • Buah durian, nangka, sawo.

Itulah daftar makanan yang baik dan yang kurang baik untuk dikonsumsi setelah operasi caesar. Jika ada yang tidak jelas atau kurang paham lebih baik berkonsultasi ke dokter karena saat ini banyak orang yang tidak tau tetapi merasa tau bahwa itu makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi setelah operasi caesar. Tentu saja jika Anda mendapatkan informasi yang salah, luka operasi bukannya cepat sembuh tetapi malah akan susah sembuh.

Sumber: Leaflet Diit Post Operasi RS. Surya Asih

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi

11 komentar

manarik ya. selain itu agar bekas jahitan cepat pulih dan sembuh menkonsumsi tripang emas. kandungan nya protein tinggi membuat kulit lebih cepat merekat dan ga sakit. istri saya pernah merasakan. abis operasi mengkonsumsi tripang emas.

info penting ini agar badan jadi segar dan bugar ya

Terima kasih infonya Jadi tahu Makanan apa aja yang diperbolehkan dan yang dilarang untuk dikonsumsi bagi yang menjalani Cesar,

Pengalaman waktu istri Caesar lebih banyak mengkonsumsi ikan gabus jadi luka bekas sesar nya cepat kering tanpa menggunakan obat.

Yah daun singkong dan santan ngga boleh ya. Padahal enak banget tuh santan daun singkong, ikan asin pake nasi anget pulen. Ehmm

Wah sama yaa. Aku juga post op sesar dua kali. Hehe. Betul betul betul diitnya. Tapi aku dulu termasuk yg gak berpantang. 😅

Info menarik mas, kalau istriku makan putih telur sama ekstra ikan gabus untuk mempercepat penyembuhan luka. Alhamdulillah luka cepet sembuh mas

Kalau istri saya dikombinasi mas, pake obat juga plus mengkonsumsi ikan gabus + ekstra ikan gabus + putih telur.

Saya lebih setuju yang seperti ini, gak pantang-pantang, yang penting makanan sehat langsung lahap saja. heee


EmoticonEmoticon