Wednesday, August 29, 2018

Pengalaman Saya Belanja Online di JD.ID (Gratis Ongkir)

Pengalaman Saya Belanja Online di JD.ID (Gratis Ongkir)

Hallooo apa kabar..! Semoga dalam keadaan sehat selalu.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika berbelanja online di JD.ID yang konon katanya barangnya pasti original. Memang benar! Saya tertarik berbelanja online di JD.ID adalah jaminan barang original. Menurut saya ini adalah jaminan paling masuk akal bagi orang yang berbelanja online.

Jaminan barang original, atau barang asli membuat saya tidak perlu memilih penjual terpercaya alias penjual online bukan penipu. Keaslian barang menjadi momok tersendiri bagi para pembeli, sebagai contoh ketika membeli jam tangan G-shock secara online melalui market place seperti bukalapak, lazada, shopee dan marketplace lainnya. Di sana kita akan menemukan banyak penjual jam G-shock dengan harga yang sangat bervariasi. 

Tugas pembeli di sini adalah memilih penjual terpercaya sehingga ketika membeli jam tersebut tidak tertipu. Bayangkan jika membeli jam G-shock KW/palsu dengan harga jam G-shock asli, tentu saja hal ini akan menimbulkan penyesalan yang mendalam.

Oleh karena itu. Bagi saya, hal pertama yang harus diperhatikan ketika berbelanja online adalah kejujuran penjual, artinya jika barang yang dijual KW atau tiruan, ya.. bilang saja itu barang KW/palsu, jika barang original bilang saja original. 

Dengan jaminan barang asli atau original, JD.ID telah memberikan kenyamanan pembeli dalam berbelanja online. Itulah yang saya rasakan ketika berbelanja online di JD.ID. Karena semua barangnya original saya tidak perlu khawatir lagi tentang keasliannya, saya tinggal memilih produk yang sesuai dengan keinginan saya, mencari produk dengan harga paling murah.

Selain barangnya yang dijamin original, pengiriman barangnya pun gratis sampai tujuan. Benar-benar gratis alias tanpa ongkos kirim. Ini juga yang menjadi pertimbangan saya berbelanja online di JD.ID.

Dengan pertimbangan di atas akhirnya saya melakukan transaksi pertama saya. Dan waktu itu ada promo kaos polos dengan harga Rp 10.000 untuk 1 kaos dengan biaya pengiriman gratis. Karena harga yang murah dan gratis ongkir akhirnya saya memesan 2 buah kaos polos (Niat saya mau coba belanja di JD.ID, apakah barang bagus apa tidak? apakah barang sampai apa tidak?)

Niat awal cuma coba-coba saja, 20 ribu dapet 2 kaos polos. Ngetes apakah barang bagus apa tidak, dan ternyata lumayan bagus untuk kaos harga 10 ribuan. Bagaimana dengan pengririmannya? Untuk ongkos saya sangat suka sekali, karena gratis-tis, tanpa biaya sepeserpun. Namun waktu pengiriman cukup lama, jika belanja di Lazada atau Shopee 2-3 hari barang sudah sampai, di JD.ID membutuhkan waktu paling cepat 1 minggu bahkan bisa lebih.

Tetapi saya tidak terlalu mempermasalahkan waktu pengiriman, bagi saya gratis ongkos kirim lebih penting. Lama gak papa, asalkan sampai di tujuan. Kalau JD.ID bisa melakukan pengiriman gratis dan pengiriman yang cepat, kemungkinan besar JD.ID akan menjadi salah satu pembeli online di Indonesia.

Selain kelebihan di atas, saya juga menemukan beberapa kekurangan, seperti barang yang tidak bervariasi jenisnya, harga tidak murah (tetapi tidak mahal juga, padahal salah satu alasan mengapa orang berbelanja online adalah harganya yang lebih murah). Transaksi pembayaran kurang praktis, karena harus konfirmasi pembayaran (ada yang otomatis terkonfirmasi tetapi hanya beberapa Bank).

Bagaimana sobat, apakah tertarik berbelanja di JD.ID. Jika Anda mau mencoba gunakan saja pembayaran dengan otomatis terkonfirmasi. Karena pembayaran secara manual bagi orang yang pemula berbelanja online sangat membingungkan.

Selamat berbelanja.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon