Monday, June 11, 2018

Apa Saja Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak ?

Apa Saja Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak ?

Mengasuh anak bukan hanya tugas seorang Ibu, Ayah juga memiliki peranan penting dalam urusan ini. Masa anak-anak adalah masa yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di masa depannya, terutama pembentukkan karakter anak.

Seorang anak seperti lembaran kertas yang masih baru, belum ada coretan apapun. Di sini peran orang tua sangat besar dalam menentukan anak untuk mengisi lembaran kosong tersebut. Jangan sampai anak mengisi lembaran tersebut dengan sesuatu yang buruk, yang akan diingatnya hingga tumbuh dewasa.

Anak belum bisa berpikir seperti orang dewasa, untuk itu sebagai orang tua harus membimbingnya. Saat ini, kebanyakan tugas mengasuh anak diserahkan kepada ibu, padahal seorang Ayah juga memiliki peranan penting dalam mengasuh anak.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pengasuhan bersama antara Ayah dan Ibu dapat meningkatkan kepercayaan diri, kepuasan hidup, dan kesehatan mental anak, baik anak Iaki-laki maupun perempuan.

Peran ayah dalam mengasuh anak


Kedekatan Ayah dengan anak juga membuat anak lebih bahagia, tidak hanya di saat anak kecil, tetapi berlangsung hingga anak tumbuh dewasa kelak. Begitu besar peranan seorang Ayah untuk anaknya sudah seharusnya untuk ikut dalam mengasuh anak. Secara lebih jelas peranan Ayah dalam mengasuh anak diuraikan di bawah ini.

Teladan

Menjadi teladan dalam segala hal dan pembiasaan perilaku baik tentu menjadi peran Ayah dalam pengasuhan. Ayah dan Ibu bersama-sama menjadi panutan dan contoh bagi anak. Ayah dan Ibu menjadi teladan dalam pelaksanaan dan pemahaman makna beribadah, bersikap jujur, saling menghargai, senang belajar, dan perilaku baik lainnya.

Tanggung Jawab

Diartikan sebagai kewajiban menanggung segala sesuatu untuk menjamin kesejahteraan anak. Secara umum, peran tanggung jawab inilah yang dilihat sebagai peran utama Ayah, yaitu mencari nafkah.

Terlibat

Anak membutuhkan orang tua yang bekerja sama mengasuh dirinya. Kerja sama Ayah dan Ibu dalam merawat, bermain, mengobrol dan dalam aktivitas anak lainnya akan menjadi menjadi pengalaman baik dan contoh penting untuk anak.

Hadir

Kehadiran Ayah secara fisik dan psikologis penting untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak. Hal ini dapat dilakukan di antaranya dengan datang ke sekolah mengambil rapor anak, sering berbincang dan bercanda dengan anak, atau melakukan aktivitas bersama yang diminati anak.

Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon