Friday, May 25, 2018

Cara Membuat 4G Only Dengan Mudah di Semua Android

Berselancar di dunia maya menggunakan jaringan 4G memang lebih cepat, tetapi masalahnya tidak semua lokasi bisa mendapatkan sinyal 4G, oleh karena itu pada HP android secara umum pemilihan jaringan diatur secara otomatis, menyesuaikan dengan jaringan yang tersedia di lokasi tersebut.

Namun ada juga wilayah yang mendapatkan sinyal 4G penuh atau kuat. Oleh karena itu beberapa orang ingin mengatur jaringan pada HP Android yang mereka pakai hanya menangkap sinyal 4G saja.

Cara membuat 4G only pada smartphone android sangat mudah, cara ini bisa digunakan di berbagai merk android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus, Lenovo, Huawei, dan Advan. Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Membuat 4G Only di Android


Cara Membuat 4G Only

1. Ketik kode ini *#*#4636#*#* pada dial pad pada ponsel anda

Cara Membuat 4G Only

2. Secara otomatis diarahkan ke menu "Pengujian"
3. Selanjutnya pilih "Informasi telepon1"


Cara Membuat 4G Only

4. Cari "Set preferred network type/Setel Jenis Jaringan yang Disukai"

Cara Membuat 4G Only

5. Kemudian pilih "LTE only"
6. Kembali atau tutup menu tersebut, sudah selesai membuat 4G only.

Note:
Tutorial menggunakan Xiaomi Redmi Note 5A, SIM 1 pakai '3', SIM 2 pakai 'Simpati'

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi masalah dikemudian hari, karena ada beberapa orang yang mengganti jaringan menjadi 4G only tetapi malah koneksi internetnya bermasalah. Dan ketika ingin mengembalikan ke pengaturan awal, orang tersebut tidak bisa. Kemungkinan ia memilih jaringan yang salah, untuk itu sebelum mengganti ke 4G only sebaiknya lakukan screenshot jaringan yang dipakai sebelumnya, untuk menjaga jika terjadi masalah kita bisa mengembalikan ke pengaturan jaringan sebelumnya.

Untuk mengembalikan jaringan ke pengaturan semula caranya sama dengan "Cara Membuat 4G Only di Android", tetapi jaringan yang dipilih adalah jaringan yang semula kita pakai (untuk itu screenshot jaringan awal sebelum ganti 4G only).

Perhatian
  • Jika anda mengaktifkan 4G LTE only, handphone tidak bisa di telpon.
  • Jaringan tetap 4G only walaupun handphone di matikan dan di hidupkan kembali.

Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon