Wednesday, April 4, 2018

Tips Membeli HP Sesuai Dengan Fungsi dan Isi Kantong


Sekarang membeli HP bukanlah sesuatu yang 'WOW' seperti era tahun 2000-an, dimana saat itu memiliki HP itu seperti orang kaya dan penting. Namun saat ini HP merupakan kebutuhan yang wajar untuk dimiliki semua orang, harga dan spesifikasinya pun semakin beragam, mulai dari bisa sms sama telpon doang sampai yang bisa buat remote TV dan video chat.

Berbagai merk dan spesifikasi memberikan pilihan kepada konsumen untuk mendapatkan HP yang tepat sesuai dengan tujuan dan isi kantong. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pilih Feature Phone atau Smartphone ?


Feature Phone adalah hp yang hanya memiliki fungsi dasar untuk menelpon dan SMS ditambah fungsi lainnya seperti kalkulator, radio, dan masih banyk lagi. Kegunaan paling utama HP ini hanya SMS dan telpon, jadi fungsi lainnya boleh ada juga boleh tidak.

Jika membeli HP hanya untuk SMS atau telpon, membeli Feature Phone adalah pilihan tepat. Berikut ini adalah alasannya:
  • Harga lebih murah dari Smartphone
  • Tidak mudah rusak
  • Baterai lebih tahan lama
  • Mudah cara penggunaannya

Smartphone adalah HP yang mempunyai kemampuan dengan penggunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Smartphone bisa digunakan untuk banyak hal, seperti merekam, mengirim email, membuat dokumen, blogging, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk mengakses informasi saat orang sudah jarang menggunakan komputer, mereka lebih sering menggunakan Smartphone.

Jika membeli HP untuk bekerja dan mengakses internet, Smartphone adalah pilihan yang tepat. Saat ini orang bisa bekerja dari mana saja menggunakan Smartphone. Kelebihan smartphone antara lain:
  • Memiliki banyak fungsi.
  • Bisa melakukan pekerjaan dimana saja.
  • Menggantikan komputer.

Memilih Feature Phone atau Smartphone ditentukan dengan tujuannya. Membeli HP yang tepat akan menghemat biaya dan kegunaan yang lebih optimal.

Merk apa yang bagus ?


Merk adalah identitas sebuah produk, bukan hanya slogan semata. Membeli barang bermerk harus disesuaikan dengan tujuan dan fungsinya.

Bagi saya merk dari Jepang tetap lebih baik dari merk China, dan merk global lebih bagus dari merk lokal. Namun harus hati-hati memilih HP berdasarkan merk-nya, karena ada beberapa merk harganya mahal namun kualitasnya murahan.

Mengenai merk, lebih baik pilih merk kelas atas seperti Samsung, Sony, LG, Iphone, Nokia, Motorola jika dana bukanlah masalah. Namun jika dana terbatas sebaiknya pilih merk China dengan pasar global seperti Xiaomi, Huawei, ZTE. Untuk merk Aldo dan kawan-kawan saya tidak merekomendasikan.

Spesifikasi seperti apa yang bagus ?


Jika dikaitkan spesifikasi dengan fungsi dan isi kantong, maka mengatahui dengan jelas spesifikasi HP sangat penting.

Jika dana terbatas, untuk membeli Smartphone yang layak pakai harus menyediakan dana 1,3 juta ke atas. Dengan dana di atas sudah bisa mendapatkan minimal HP dengan spesifikasi layar 5", prosesor quad-core, RAM 2GB, ROM 16, dan kamera 12MP. Spesifikasi ini sudah cukup untuk menemani aktifitas sehari-hari.

Jika mempunyai dana lebih, yang paling pertama adalah memilih merk, baru spesifikasi. Jangan termakan iklan-iklan, tetapi lihatlah review mengenai HP yang akan di beli.

Perlu diperhatikan juga tujuan membeli HP, rata-rata HP kelas bawah mempunyai kelebihan tertentu, misalnya baterai besar tetapi kamera jelek, kamera bagus tetapi RAM hanya 1GB. Untuk itu jika membeli HP kelas bawah harus mengetahui spesifikasi secara detail.

HP baru atau bekas ?


Membeli HP bekas memang murah, dulu membeli HP bekas bisa menjadi alternatif, namun untuk saat ini sepertinya membeli HP baru lebih masuk akal. Di pasaran HP baru dan bekas hanya selisih sedikit, antara 200-500 ribu.

Dari pada membeli yang bekas lebih baik mencari HP baru yang diskon, carilah di marketplace seperti shopee, lazada, jd.id, bukalapak, atau tokopedia.

Kesimpulan


Jika dana terbatas belilah HP merk Cina yang global, dengan spesifikasi minimal RAM 2GB dan prosesor quadcore. Jika bisa mendapatkan spesifikasi yang lebih tinggi lebih bagus.

Jika dana tidak terbatas, belilah merk terkenal yang sudah teruji kualitasnya seperti samsung, iphone, atau sony.

Lebih baik beli HP baru dari pada bekas.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon