Sunday, March 4, 2018

Pantangan Makanan Gondongan Yang Harus Dihindari

Gondongan adalah pembengkakan pada kelenjar parotis yang disebabkan oleh infeksi virus golongan paramyxovirus. Penyakit ini banyak diderita oleh anak-anak, yang ditandai dengan membesarnya area wajah bagian bawah, di sekitaran telinga. Gondongan merupakan penyakit yang dapat menular.

Pantangan Makanan Gondongan Yang Harus Dihindari

Cara penularan penyakit ini melalui ludah, jadi orang sehat yang terkena ludah penderita gondongan kemungkinan besar bisa tertular. Ludah bisa mengenai orang lain melalui batuk, bersin, atau bertukar alat makan. Penyebaran penyakit ini sangat cepat, hanya beberapa hari saja. Untuk itu agar tidak tertular diharapkan untuk menghindari kontak dengan anak yang terkena gondongan.

Gejala Gondongan


Orang yang terkena gondongan ditandai dengan adanya pembengkakan pada kelenjar parotis, sehingga wajah bagian bawah tampak bengkak, selain itu penderita juga akan mengalami nyeri saat mengunyah dan menelan makanan. Gejala lain yang muncul juga adalah demam, sakit kepala, nyeri perut, lelah, dan tidak nafsu makan.

Bila anak yang mengalami gejala seperti di atas diharapkan untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan diagnosa dan terapi yang tepat. Walaupun bukan merupakan penyakit yang serius, dan dapat sembuh dengan sendirinya, memeriksakan diri ke dokter dapat memastikan apakah anak benar-benar menderita gondongan, bagaimana jika menderita penyakit lain?

Pengobatan Gondongan


Tidak ada obat yang secara spesifik dapat menyembuhkan gondongan, penyakit ini dapat sembuh sendiri dengan bekerjanya sistem kekebalan tubuh. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala seperti menghindari makanan asam, banyak minum air putih serta mengkompres bagian yang bengkak dengan air hangat.

Untuk mengurangi gejala seperti demam dan nyeri bisa diberikan obat anti nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Dianjurkan kepada anak agar lebih banyak beristirahat.

Makanan yang harus dihindari


Bagi penderita gondongan, ada beberapa makanan yang harus dihindari, seperti disebutkan diatas penderita gondongan dilarang mengkonsumsi makanan yang mengandung asam dikarenakan akan memperparah peradangan yang terjadi pada kelenjar parotis. Makanan asam banyak sekali, seperti cuka, asam, serta buah buahan yang masih muda. Penderita gondongan juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan tekstur keras, karena akan menambah nyeri ketika proses mengunyah, untuk itu makanan lunak sangat disarankan bagi penderita penyakit ini.

Makanan yang dianjurkan


Untuk mempercepat proses penyembuhan, anak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, hal ini akan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Cukup mengkonsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi ketika terjadi demam.
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti buah dan sayur, buah yang banyak mengandung vitamin C antaralain jeruk, kiwi, tomat, apel, jambu.
  • Penderita gondongan juga dianjurkan untuk memperbanyak aktivitas mengunyah agar mempercepat proses penyembuhan misal dengan mengonsumsi permen karet. 

Pencegahan gondongan


Agar tidak terkena penyakit gondongan, banyak pencegahan yang bisa dilakukan. Tentu saja melakukan pencegahan akan lebih baik dari pada mengobati. Berikut ini cara pencegahan penyakit gondongan.
  • Memberikan imunisasi MMR pada anak-anak, diberikan pada saat anak berusia usia 1 dan harus diulang sekali lagi pada usia 5 tahun.
  • Selalu menjaga kebersihan tangan, mencuci tangan setelah BAB dan BAK, serta sebelum makan.
  • Tidak berbagi peralatan mandi atau peralatan makan dengan orang lain.
  • Bagi penderita, harus menggunakan kertas tisu ketika bersin atau batuk agar bisa langsung dibuang, dan memakai masker.
  • Bagi penderita gondongan, dianjurkan untuk tidak beraktivitas dulu di luar rumah untuk mencegah penularan penyakit ke orang lain.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon