Tuesday, March 6, 2018

Makanan Yang Dijual di Nggruput Pringsewu

Bagi warga pringsewu acara Nggruput pada minggu pagi bisa menjadi aktifitas untuk melepas penat setelah seminggu bekerja. Nggruput menjadi wisata baru di Pringsewu dengan biaya sangat murah meriah, bahkan gratis kalau gak bayar parkir dan jajan, heee.

Suasana di Nggruput Pringsewu selalu ramai, banyak pengunjung yang datang untuk senam dan mencari jajanan yang murah dan tentunya enak. Di sana bisa ditemukan beraneka ragam makanan dan jajanan tradisional, ada juga jajanan yang modern seperti sosis bakar dan eskrim.

Jajanan tradisonal menjadi daya tarik tersendiri, banyak sekali makanan yang susah ditemukan bisa dibeli disini. Diharapkan penjual makanan di Nggruput Pringsewu lebih banyak lagi dengan beraneka ragam makanan tradisional. Berikut ini makanan atau jajanan yang ada di Ngruput Pringsewu.

1. Nasi Rawon
Nasi Rawon Mbak Ita
Rp 10.000,-
Hp. 081272095548


Nasi rawon adalah masakan khas Indonesia berupa sup daging dengan kuah hitam sebagai ciri khasnya yang dibuat dari kluwek. Masakan ini berasal dari daerah Jawa Timur, namun masakan in juga terkenal di daerah Jawa tengah bagian timur. Di dalam rawon terdapat daging sapi yang dipotong kecil-kecil, disajikan dengan tauge, krupuk dan sambal.

2. Es Cendol Beras
Es Cendol Beras Moro Sareng
Rp 5.000,-


Es Cendol adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari Sunda. Es ini dibuat dari tepung beras yang dicetak dengan saringan khusus sehingga berbentuk buliran,  kemudian disajikan dengan gula merah cair, santan dan di tambah es. Rasanya manis dan gurih, sangat nikmat sekali diminum ketika udara panas.

3. Tahu Gejrot
Tahu Gejrot "Mbak Ning" Khas Cirebon
Rp 5.000,-


Tahu gejrot merupakan makanan khas Cirebon. Makanan ini terdiri dari tahu goreng yang dipotong kecil lalu dimakan dengan kuah yang dibuat dari cabe, bawang merah, bawang putih dan gula. Makan tahu genjrot akan merasakan sensasi yang khas, sehingga banyak digemari dari berbagai kalangn, dari anak-anak hingga orang dewasa.

4. Nasi Kucing, Sate Telur Puyuh, Bacem Tahu Tempe
Lapak Mbak Juju


Nasi kucing Rp 2.000,- Sate telor puyuh Rp 2.000,- Bacem tahu tempe Rp 500,-
Nasi kucing adalah makanan berupa nasi dengan ukuran kecil dan lauk sederhana berupa sambel teri atau tongkol. Disebut nasi kucing karena jumlahnya sedikit seperti nasi untuk memberi makan kucing.
Kalau sate telor dan bacem tempe tahu pasti sudah banyak yang tahu, makanan tersebut merupakan makanan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia.

5. Pancong Beras
Kue Pancong Beras
Rp 1.000,-


Jajanan ini berasal dari Jakarta, bentuknya setengah lingkaran yang dibuat dari tepung beras, santan, kelapa dan garam. Rasa kue pancong sangat gurih, sangat cocok untuk menemani minum kopi atau camilan di pagi hari.

6. Keron Goreng dan Tape Ketan
Ibu Lukman
Keron goreng Rp 5.000,-/bks Tape ketan Rp 5.000,-/pack


Keron goreng adalah jajanan yang dibuat dari kerak nasi kemudian di goreng, rasanya gurih seperti kerupuk. Bisa dimakan dengan sambal atau bersama nasi sebagai pengganti kerupuk. Keron jaman dulu mudah sekali ditemukan karena masih banyak orang memasak menggunakan priuk sehingga menghasilkan kerak nasi. Jaman sekarang memasak nasi sudah menggunakan rice cooker, jadi tidak ada keraknya.
Tape ketan adalah makanan yang dibuat dari ketan yang dikukus kemudian diberi ragi, makanan ini banyak dihidangkan ketika lebaran.

7. Klepon, Bubur dan Dadar Gulung
Umi Mus
Klepon Rp 5.000,- Aneka bubur Rp 5.000,- Dadar gulung Rp 1.000,-


Klepon adalah makanan tradisional yang juga merupakan jajanan pasar, dibuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bola kecil dan di dalamnya diisi gula merah kemudian direbus dalam air mendidih. Biasanya makanan ini dijasikan dalam wadah dari daun pisang.

8. Kembang Tahu dan Nasi Rempah
Kembang tahu Rp 5.000,- Nasi rempah Rp 10.000,-


Kembang tahu adalah produk sampingan dari proses perebusan kedelai kemudian diambil endapan yang terkumpul dipermukaan air perebusan kedelai tersebut.
Nasi rempah adalah makanan berupa nasi yang disajikan dengan lauk dari rempah-rempah. Untuk mencoba keduanya silahkan berkunjung ke Ngruput Pringsewu.

9. Tekwan
Mbak Evi
Rp 5.000,-


Tekwan adalah makanan yang berasal dari Palembang, dibuat dari campuran daging ikan dan tepung tapioka kemudian dibentuk menjadi ukuran bulat kecil, disajikan bersama mie, jamur dan kuah udang. Tekwan memiliki rasa yang khas dengan rasa ikan yang menonjol.

10. Es Tung-Tung
Rp 2.000,- s/d Rp 5.000,-


Es tung-tung adalah jajanan es yang sudah terkenal sejak jaman dulu, rasa es tung-tung sangat enak, sehingga hampir semua orang menyukai jajanan es ini.

11. Cenil dan Meniran
Mbak Muji
Rp.-


Cenil adalah makanan makanan yang dibuat dari pati singkong, di bentukbulat kecil ada juga yang lonjong dan diberi warna kemudian direbus. Makanan ini disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir ada juga yang menggunakan gula merah yang di cairkan.
Meniran adalah makanan yang dibuat dari menir atau beras patah yang diolah bersama santan, kelapa parut, garam dan daun pandan.

12. Combro, Getas, dan Kumbu
Rp 1.000,-


Combro adalah makanan gorengan khas Jawa Barat yang dibuat dari parutan singkong yang dibentuk lonjong atau bulat yang diisi dengan sambal oncom kemudian di goreng.
Getas adalah jajanan yang dibuat dari tepung ketan, tepung beras, parutan kelapa, garam, dan santan, kemudian disajikan dengan salut gula putih.
Kumbu adalah makanan yang dibuat dari campuran kacang hijau dan gula di tambah sedikit garam, kumbu memiliki rasa manis dan gurih, sangat nikmat sekali.

13. Dan Masih Banyak Lagi


Selain makanan di atas, di Nggruput Pringsewu masih banyak jajanan tradisional yang dijual, seperti nasi uduk, pecel keprok, lupis, geblek singkong, sawut singkong, ketan kelapa, gemblong, gatot, manggleng, opak, tahu walik, risoles isi bakso dan ayam, kue timpan Aceh, putu Aceh, sego patuk, lendut nongko, kolak biji salak ungu, nasi jagung, onde-onde, putu mayang, grontol, gethuk lindri, lapis singkong, mata sapi, sego tiwul, ciwel, sate chenil, gudek, sate padang, sate kere, sate bandeng.

Masih banyak jajanan yang belum tercatat di sini, untuk itu langsung saja ke Nggruput Pringsewu dan nikmati aneka ragam jajanan tradisionalnya. Nggruput Pringsewu wisata kuliner yang wajib di coba.
Salam Nggruput...

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi

8 komentar

Wah... menarik nih kuliner nya mas, jajanan tradisional banget, buka hari apa saja ya?

Wah mupeng abis murah-murah banget ya jajannya kapan bisa mampir hehe

Kalau dekat bisa ajak anak-anak ya maen ke sana. Murah-murah sih

Yang ada bakal tambah gemuk abang klo tinggal disana, secara makanannya enak2 hahaha

Setiap minggu pagi mas, lokasinya di kompleks Pemda Pringsewu. Murah-murah jajanannya

Harus pagi mbak, kalau mau menikmati jajanan di Nggruput Pringsewu, kalau siang dh pada abis, paling tinggal jajanan yang gak enak. hee

Wisata kuliner murah meriah, kalau saya beli nasi kucing buat sarapan mbak, haa

Seminggu sekali gak papa Bang, heee


EmoticonEmoticon