Friday, March 16, 2018

Cara Belanja dan Konfirmasi Pembayaran di JD.ID

Perkembangan teknologi memudahkan kita untuk membeli barang secara online, selain mudah kita juga bisa mendapatkan harga yang murah. Salah satu tempat untuk berbelanja online yang cukup terkenal adalah JD.ID. Cara belanja di JD.ID sebenarnya sama saja dengan belanja di marketplace lain seperti Tokopedia, Lazada, atau Shopee.

Namun setiap marketplace mempunyai kelebihan masing-masing, seperti JD.ID yang hanya menjual barang original. Jadi tidak perlu takut lagi tertipu dengan membeli barang palsu. Bagi Anda yang pertama kali berbelanja di JD.ID dapat mengikuti tutorial bagaimana cara berbelanja di JD.ID berikut ini (tutorial menggunakan smartphone). Untuk itu sebaiknya mendownload dulu aplikasi JD.ID di playstore.

Daftar akun


Pendaftaran melalui dua cara yaitu menggunakan nomor handphone ataupun alamat Email, pada tutorial berikut ini saya menggunakan nomor handphone, karena lebih praktis.

Pendaftaran Menggunakan Nomor Handphone

1. Buka aplikasi JD.ID lalu klik "Daftar"


2. Isi Nama Akun, Password dan Nomor Handphone, pastikan nomor handphone belum pernah digunakan untuk mendaftar di JD.ID.
3. Klik tombol “Kirim Kode SMS”
4. JD.id akan mengirimkan SMS, berisi kode yang perlu dimasukkan di kolom “Kode SMS”
5. Klik “Daftar Sekarang”, dan Mulai Belanja.

Berbelanja


1. Sebelum berbelanja masukkan alamat pengiriman. 


Buka menu "Akun Saya", lalu klik "Pengaturan Alamat". Isi alamat dengan jelas dan lengkap agar mudah ditemukan ketika pengiriman barang.

 2. Pilih produk


Pilih produk yang anda cari, lalu klik "Beli Sekarang"

3. Pembayaran


Pada tahap ini Anda harus memilih pembayaran yang ada, Kalau tidak mau repot pilih saja pembayaran melalui "Virtual Account" karena tidak memerlukan lagi konfirmasi pembayaran. Bila menggunakan "Bank Transfer" harus melakukan konfirmasi pembayaran.

4. Konfirmasi pembayaran

Konfirmasi pembayaran dapat dilakukan melalui email dengan cara mengirim email ke cs@jd.id dengan isi email sebagai berikut.


Keterangan
  • Bank diisi dengan bank yang Anda gunakan untuk mentransfer.
  • Atas nama diisi dengan nama pemilik rekening untuk mengirim
  • Order id diisi dengan nomer order barang yang kita pesan
  • Kirim ke diisi dengan tujuan transfer.

Pada dasarnya berbelanja di JD.ID sama saja dengan berbelanja di marketplace lainnya, hanya saja yang menjadi kelemahan adalah tidak banyaknya pilihan Bank Virtual Account, sedangkan bila menggunakan transfer bank, harus melakukan konfirmasi pembayaran.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon