Wednesday, March 7, 2018

5 Tanda Kehamilan Pada Remaja

Alat reproduksi pada remaja secara fisik telah siap sehingga bisa terjadi kehamilan, namun secara mental dan sosial remaja belum siap untuk melaksanakan tugas sebagai orangtua. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya remaja putri yang menggugurkan kandungan, serta ada juga remaja yang melahirkan dan membuang bayinya. Jika dinilai secara akal sehat, mana ada ibu yang mau menggugurkan kandungan apa lagi membuang anaknya, namun itu semua bisa terjadi karena mental dan sosial pada remaja belum siap untuk melaksanakan peras sebagai orang tua.

5 Tanda Kehamilan Pada Remaja

Semakin hari semakin banyak saja remaja yang hamil sebelum menikah, sangat mengkhawatirkan sekali. Walaupun alat reproduksi pada remaja  sudah siap untuk melakukan fungsi reproduksi, namun pertumbuhan tulang panggul belum sempurna. Oleh karena itu remaja yang hamil pada usia dibawah 20 tahun akan mengalami kesulitan persalinan sampai 3 kali lipat lebih sering dibandingkan dengan perempuan di atas 20 tahun. 

Tanda-tanda kehamilan pada remaja


Seorang remaja yang melakukan hubungan suami istri di luar nikah sangat berisiko terjadi kehamilan, sudah dijelaskan di atas bahwa organ reproduksi pada remaja sudah siap untuk melakukan fungsi reproduksi. Lalu apa tanda seorang remaja yang telah hamil? berikut ini tanda-tandanya:

1. Haid terhenti
Remaja yang hamil tidak akan mengalami haid, hal ini karena sel telur yang telah dibuahi bersarang pada dinding rahim yang dapat dipertahankan karena pengaruh hormon agar tidak hancur seperti yang terjadi pada haid.Jadi apabila remaja melakukan hubungan intim dan setelah itu mengalami terhentinya haid kemungkinan besar remaja tersebut telah hamil.

2. Mual, muntah, pusing, dan mengantuk
Hal ini biasa terjadi pada pada masa awal kehamilan, pada remaja yang hamil akan terjadi proses prubahan hormonal sehingga akan mengalami mual, muntah, dan pusing. Selain itu orang yang hamil juga sering merasa ngantuk.

3. Payudara membesar
Seseorang yang hamil akan mengalami perubahan hormon yang membuat aliran darah meningkat sehingga payudara menjadi besar, selain itu biasanya akan terasa nyeri, geli dan sensitif bila disentuh.

4. Puting susu menonjol dan berwarna lebih gelap
Perubahan ini juga dipengaruhi oleh terjadinya prubahan hormonal pada ibu hamil.

5. Perut membesar
Kalau tanda kehamilan yang ini hampir semua orang tahu, orang hamil perutnya akan membesar, semakin lama semakin bertambah besar sesuai dengan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Bagi remaja usia di bawah 20 tahun sebaiknya jangan hamil karena meskipun organ reproduksi sudah mampu untuk melakukan fungsi reproduksi namun secara keseluruhan remaja putri belum siap untuk hamil. Remaja putri usia di bawah 20 tahun tulang panggul belum sempurna, dan secara mental maupun sosial belum mampu untuk melaksanakan peran orangtua.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi


EmoticonEmoticon