Tuesday, December 26, 2017

Pengalaman Jual Pulsa Online Lewat HP


Berjualan pulsa itu sangat mudah sekali, namun banyak orang yang tidak mengetahuinya. Prospek jualan pulsa juga sangat menjanjikan, hampir setiap orang memiliki hp dimana hp tersebut membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi, entah itu pulsa biasa atau pulsa internet. Minimal setiap bulan orang yang menggunakan hp membeli pulsa, jadi market jualan pulsa sangat luas dan besar.

Melihat peluang yang besar tersebut saya juga tergiur untuk berjualan pulsa. Saya berselancar di dunia maya mencari agen-agen penjual pulsa. Saya baca webnya satu persatu untuk mendapatkan harga termurah dan terpercaya. Saya pun menemukan agen yang saya anggap murah dan terpercaya, namun saya tetap khawatir karena agen tersebut jaraknya jauh dari saya, sehingga saya hanya menyetor deposit dalam jumlah yang kecil, sekitar 200 ribuan. Itu untuk jaga-jaga siapa tau agen tersebut adalah penipu.

Saya melakukan penjualan pulsa tersebut di tahun 2015, pada saat itu mencari agen pulsa online harus pilih-pilih. Namun di tahun 2017 ini sudah banyak agen-agen pulsa terpercaya, sitemnya pun sangat canggih, jadi mencari agen pulsa sudah bukan masalah lagi. Kita bisa langsung pilih di playstore aplikasi untuk jualan pulsa, disana banyak agen pulsa yang terpercaya, kita tinggal pilih aja. Beberapa agen yang bisa kita pilih antara lain, bukalapak, tokopedia, kudo, dan payfaz. Kita juga bisa menggunakan agen laku pandai untuk jualan pulsa.

Perkembangan teknologi yang semakin maju memudahkan untuk melakukan berbagai transaksi dimana saja. Aplikasi penjualan pulsa tidak hanya memiliki fitur jualan pulsa, tetapi aplikasi tersebut bisa untuk membayar bpjs, asuransi, tv berbayar, transfer uang, belanja online, dan pulsa listrik. Jadi di jaman sekarang ini untuk berjualan pulsa sangat mudah sekali.

Sekarang saatnya saya menceritakan seluk beluk berjualan pulsa. Pada waktu itu saya berjualan pulsa untuk menambah penghasilan atau bisa dibilang hanya kerja sampingan.

Apakah jualan pulsa untung?


Tentu saja untung, menurut saya cukup lumayan untungnya. Setiap transaksi kita bisa untung 1000-2000 rupiah, kecil sih tetapi jika banyak transaksi lumayan juga, misalnya 10 kali transaksi sehari. Tetapi jangan sekali-kali menjual pulsa dengan cara utang, ini pasti akan merugikan diri sendiri. Keuntungan yang kecil tidak sesuai dengan resiko yang diterima jika pulsa dijual dengan cara utang. Yang pertama adalah risiko modal habis, dan yang kedua adalah jika kita tidak mencatat dengan rapi utang-utang tersebut kita akan lupa apakah utang tersebut sudah dibayar atau belum.

Sebagai contoh jika ada yang beli pulsa 50.000 dengan cara utang, dan kita tidak mencatat utang tersebut kemudian lupa, dan pembeli juga tidak mau membayar karena tidak ditagih. Jadi uang 50.000 tersebut ilang sia-sia, padahal dari penjualan tersebut kita hanya dapet untung sekitar 2000 rupiah. Untuk menutupi kerugian tersebut dibutuhkan sekitar 40 transaksi. Oleh karena itu jika anda mau jualan pulsa jangan pernah memberi utang.

Saya sendiri pernah mengalami hal seperti diatas, waktu itu saya tidak mencatat pembeli yang berhutang. Ketika saya tagih utang tersebut, dia mengatakan sudah membayar, tapi saya juga tidak terlalu yakin apakah sudah membayar utang atau belum. Sedangkan saya sendiri tidak mempunyai catatan orang-orang yang berhutang, dalam hati saya berka "wah.. bisa rugi kalau kayak gini". Semenjak itu saya tidak memberikan utang, kalau pun utang besok lusanya harus bayar. Menurut saya kendala jualan pulsa untuk saat ini adalah pembeli yang utang.

Untuk mendapatkan untung yang banyak berjualan pulsa harus mempunyai pelanggan yang banyak, oleh karena itu penjual harus mempromosikan diri bahwa ia berjualan pulsa. Bisa memberitahukan secara langsung kepada teman, tetangga, atau saudara bahwa bisa juga melalui media sosial bisa juga dengan membuat kaos atau topi yang bertuliskan jualan pulsa.

Kalau hanya berjualan pulsa sampingan kita tidak memerlukan tempat atau atribut promosi, cukup dengan smartphone saja. Modalnya pun sangat sedikit, dengan 50 ribu sudah bisa memulai jualan pulsa, tapi dari pengalaman saya, modal lebih banyak lebih bagus, sekitar 500 ribu, itu semua adalah modal saldo. Kalau modal hanya 50 ribu cepat abis, kecuali transaksi pulsanya hanya nominal 5000.

Itulah sekilas tentang jualan pulsa, untuk lebih jelasnya saya akan memberikan poin-poinnya.
  • Kalau mau jualan pulsa, silahkan, peluangnya sangat besar, lumayan bisa buat tambahan uang jajan.
  • Aplikasi jualan pulsa banyak di playstore, tinggal pilih saja.
  • Keuntungan jualan pulsa sekitar 1000-2000 rupiah pertransaksi.
  • Jangan pernah memberi utang kepada pembeli

Selamat berjualan pulsa.

Artikel Terkait

Seorang perawat, blogger dan penikmat kopi

2 komentar

Dibanding alphapay.id gimana. lebih murah / untung ?

Saya belum pernah coba, jadi belum tau. Tapi dari pengalaman saya membeli pulsa dari bermacam2 bandar pulsa, harga relatif sama. Mungkin yang perlu diperhatikan selain keuntungan adalah kecepatan transaksi, sering gangguan atau tidak, kemudahan transaks/isi saldo.


EmoticonEmoticon